GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Kulit Berkerut? Perhatikan 7 Kebiasaan yang Memicu Keriput di Usia Muda

Ditinjau oleh: dr. Flora F.-13 Agt 2022
Atasi Keriput Usia Muda Diri Care

Biasanya orang-orang mulai mengalami kulit keriput setelah memasuki usia paruh baya sebagai salah satu tanda-tanda penuaan. Namun, siapa sangka ternyata banyak juga yang mengalami kulit keriput di usia muda. Bagaimana bisa? Nah, untuk mengetahui penyebab kemunculan keriput yang lebih dini, mari simak artikel berikut ini sampai habis.


Penyebab Kulit Keriput yang Muncul Terlalu Dini

Meskipun kulit keriput kerap terjadi pada orang yang sudah berusia paruh baya dan usia lanjut karena proses regenerasi kulit yang melambat dan berkurangnya produksi kolagen alami dari dalam tubuh, tetapi segelintir anak muda juga mengalami masalah kulit keriput lebih awal dari yang seharusnya.


Penyebab munculnya keriput pada kulit ternyata bukan hanya karena usia saja. Namun, ada beberapa faktor eksternal maupun internal yang bisa mendorong keriput timbul lebih cepat di usia muda. Apa saja?


1. Stres

Stres tidak hanya terbatas pada orang dewasa saja, tetapi remaja dan anak muda juga bisa mengalami stres akibat tekanan lingkungan ataupun memiliki masalah di sekolah. Perasaan stres tersebut bisa memancing tubuh memproduksi hormon kortisol lebih banyak.


Tubuh yang mengeluarkan terlalu banyak hormon kortisol ditandai dengan tampilan kulit yang kusam, terlalu berminyak, atau terlalu kering. Kulit yang terlalu kering inilah yang menyebabkan keriput bisa muncul meski usia masih muda.


2. Mengonsumsi Terlalu Banyak Gula

Makanan atau minuman memberikan pengaruh besar pada kesehatan organ tubuh manusia, termasuk kulit. Menurut penelitian oleh National Library of Medicine di tahun 2009, mengonsumsi terlalu banyak makanan atau minuman yang tinggi gula bisa membuat kulit mengalami penuaan lebih cepat.


Mengapa? Sebab, saat mengonsumsi makanan manis, tubuh akan mengalami glikasi atau reaksi kimia yang terjadi ketika gula bertemu dengan protein atau lipid. Proses glikasi ini mempengaruhi fungsi lipid dalam tubuh, membuat elastisitas kulit berkurang sehingga keriput muncul lebih cepat.


3. Terkena Sinar Matahari

Sinar matahari memang berguna sebagai sumber vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang. Namun, jika terkena paparan sinar matahari berlebihan justru akan memperburuk kondisi kesehatan kulit.


Sinar UV menjadi penyebab utama munculnya keriput karena memiliki kemampuan merusak jaringan sehat pada kulit. Apalagi anak muda kerap melakukan kegiatan di luar ruangan. Kulit mereka jadi rentan rusak akibat terkena sinar matahari berlebih sehingga keriput pun muncul.


4. Merokok

Kebiasaan merokok memang sangat buruk bagi kesehatan organ. Selain merusak jaringan paru-paru, rokok nyatanya juga merusak jaringan kulit.


Kandungan zat kimia berbahaya yang ada di dalam rokok bisa mempercepat penuaan kulit, karena secara alami mengurangi produksi kolagen pada tubuh. Mengakibatkan para perokok aktif maupun perokok pasif akan lebih cepat mengalami penuaan dini.


5. Kurang Tidur

Anak muda memiliki rangkaian kegiatan yang padat, sehingga banyak dari mereka mengorbankan jam tidur atau sering begadang. Menurut penelitian oleh National Library of Medicine, kurang tidur bisa berpengaruh pada kesehatan kulit.


Tubuh yang kurang istirahat bisa memperlambat proses regenerasi kulit dan produksi kolagen. Selain itu, tubuh yang lelah dan kurang tidur bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Ketiga faktor itulah yang jadi penyebab utama kulit anak muda mudah keriput.


6. Polusi Udara

Polusi udara mengandung banyak zat-zat kimia berbahaya seperti timbal yang bisa meracuni tubuh dan merusak paru-paru. Kulit juga menjadi sasaran empuk dari serangan polusi udara. Sel-sel, kolagen, dan elastin pada kulit akan rusak apabila terkena paparan polusi udara yang parah.


Anak muda sedang berada di usia emas karena tubuh mereka masih sehat dan bugar untuk beraktivitas di luar ruangan, sehingga ketika mereka kerap berkontak dengan polusi di jalanan, kulit mereka akan mudah muncul keriput.


7. Mengonsumsi Alkohol

Sebagian anak muda memang memiliki gaya hidup yang tidak terlalu sehat, salah satunya sering mengonsumsi minuman beralkohol. Minuman yang ada kandungan alkohol di dalamnya bisa menyebabkan permukaan kulit jadi kering, sebab alkohol bersifat diuretik atau mengurangi hidrasi tubuh.


Maka dari itu, anak muda yang memiliki kebiasaan minum alkohol akan mengalami tanda-tanda penuaan yang lebih cepat.


Langkah Mengatasi Kulit Keriput di Usia Belia

Setelah mengetahui berbagai faktor pemicu kemunculan keriput di usia yang terbilang masih muda, berikut cara mengatasi kulit keriput dan cara merawat kulit supaya tetap sehat dan cemerlang di usia muda.


1. Pakai Pelindung Kulit

Cara jitu menjaga kulit agar tidak muncul keriput akibat paparan sinar UV adalah dengan memproteksinya. Cara paling mudah untuk melindungi kulit adalah dengan memakai baju lengan panjang dan topi sewaktu beraktivitas di luar ruangan untuk waktu yang lama.


Selanjutnya, untuk proteksi ekstra aplikasikan tabir surya pada permukaan kulit. Gunanya memperlambat proses penuaan dan menjaga jaringan sehat kulit supaya tidak rusak.


2. Menggunakan Bahan Retinoid

Kalau kulit sudah terlanjur keriput, pakailah produk perawatan kulit yang mengandung bahan retinoid. Zat retinoid merupakan turunan dari vitamin A, zat ini bisa mempercantik tampilan kulit.


Penggunaan retinoid yang tepat bisa meningkatkan produksi kolagen, mempercepat proses regenerasi kulit, melancarkan peredaran darah, dan membuat permukaan kulit lebih halus. Sayangnya tak semua kulit cocok dengan kandungan retinoid, sebagai gantinya bisa menggunakan skincare berbahan vitamin C. 


3. Sering Aplikasikan Pelembap

Kunci agar kulit tidak mudah keriput adalah sering-sering mengoleskan pelembap. Fungsi dari pelembap ini seperti memberikan air minum untuk kulit secara topikal. Sebab, kulit yang kebutuhan airnya terpenuhi akan terasa lembap, lembut, dan cerah.


Selain terlihat sehat, kulit yang terhidrasi baik juga akan membuat tampilan kulit lebih muda karena tidak mudah keriput.


4. Minum Banyak Air

Selain memberi asupan hidrasi kulit dari luar melalui krim pelembab, jangan lupa penuhi hidrasi kulit dari dalam dengan minum banyak air. Minimal penuhi kebutuhan air harian sebanyak delapan gelas sehari atau setara dua liter.

Kulit yang lembap dari dalam tidak akan mudah kering, keriput, dan pecah-pecah. Di samping itu, jika kebutuhan air harian terpenuhi, organ tubuh lainnya juga bisa bekerja dengan baik.


5. Konsumsi Vitamin

Kandungan vitamin yang ada di dalam makanan bisa berpengaruh besar pada kondisi kulit. Sebuah publikasi penelitian di Belanda pada tahun 2019 membuktikan kalau orang yang mengonsumsi makanan tidak sehat lebih mudah berkeriput.


Sementara itu, orang yang menjaga makanannya dan mengonsumsi makanan sehat, berserat, dan kaya vitamin, kondisi kulitnya lebih sehat dan tidak mudah berkeriput. Contoh makanan kaya serat dan vitamin yang baik untuk kesehatan kulit adalah kacang-kacangan, salmon, teh hijau, buah-buahan, dan sebagainya.


6. Menjaga Pola Tidur

Pola tidur yang teratur dan jam tidur yang cukup nyatanya memberikan dampak yang besar pada kesehatan kulit. Menjadikan kulit lebih bercahaya dan sehat, karena produksi kolagen dan proses regenerasi tak terganggu.


Supaya lebih maksimal, gunakan sarung bantal berbahan lembut seperti kain sutera agar tak merusak permukaan kulit dan menjaga kulit tetap lembut tanpa keriput.


7. Hindari Rokok

Pada paparan di atas, rokok memberikan dampak buruk pada kesehatan kulit dan menjadi salah satu penyebab munculnya keriput di usia muda. Oleh karena itu, hentikan kebiasaan merokok serta hindari asap rokok demi kesehatan kulit dan paru-paru.


Di sisi lain, rokok juga menyebabkan aliran darah terhambat, sehingga kulit tak mendapatkan cukup oksigen yang mengalirkan banyak nutrisi dan vitamin. Tentunya akan berakibat buruk pada proses metabolisme.


Demikian ulasan tentang penyebab dan cara mengatasi kulit keriput di usia muda. Bila kamu punya kebiasaan-kebiasaan buruk di atas, segera ganti kebiasaanmu agar kulit tak mengalami penuaan dini.


Menjaga dan merawat agar kulit tetap sehat harus menjadi kebiasaan sebagai bentuk self love. Jika kamu juga mengalami tanda-tanda penuaan dini, segera konsultasikan di sini secara gratis. Hanya dengan tiga langkah mudah, dokter berpengalaman akan menyarankan produk skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu.


Referensi:

https://www.momjunction.com/articles/teenage-wrinkles-at-young-age-causes-prevention_00709200/#causes-of-teenage-wrinkles

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-wrinkles

https://www.healthline.com/health/skin/how-to-prevent-wrinkles#wrinkle-prevention

Tag:
penuaan dini
penuaan
skincare
solusi
keriput
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.