GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

10 Kegunaan Acne Patch dan Cara Pakainya yang Benar

Ditinjau oleh dr. Intan-04 Des 2023
Cara menggunakan acne patch

Munculnya jerawat di wajah pastinya akan sangat mengganggu penampilan. Salah satu cara yang cukup populer digunakan untuk menghilangkan jerawat adalah dengan menggunakan acne patch. Penggunaan acne patch atau pimple patch ini diyakini dapat mengobati jerawat dengan cepat dan dapat mengurangi peradangan akibat jerawat.


Acne patch juga terbilang mudah dan sangat praktis untuk digunakan. Produk ini juga memiliki banyak varian, seperti berbentuk bulat, kotak, hingga bentuk lucu lainnya. Tapi, sebenarnya apa saja sih kegunaan dari acne patch? Yuk, kita bahas sekaligus cara pakainya yang benar berikut ini.


Kegunaan Acne Patch

Apa saja sih kegunaan atau manfaat utama dari acne patch? Yuk, simak berikut ini.


1. Menarik Nanah dari Jerawat

Acne patch dirancang dengan lapisan yang menyerap nanah dan kelebihan minyak dari jerawat yang sudah matang. Hal ini bisa membantu menjaga area jerawat tetap bersih dan mencegah infeksi lebih lanjut. Dengan mengurangi nanah, jerawat dapat lebih cepat mengering dan penyembuhan menjadi lebih efisien.


2. Melindungi Jerawat dari Kuman dan Kontaminasi

Jerawat yang terbuka rentan terhadap kuman dan bakteri yang dapat memperburuk peradangan. Acne patch berfungsi sebagai penghalang fisik yang melindungi jerawat dari kontaminasi lingkungan sehingga memungkinkan penyembuhan yang lebih baik dan mengurangi risiko penyebaran infeksi.


3. Mengurangi Peradangan

Banyak acne patch yang memiliki kandungan hidrokoloid, bahan yang dapat mengurangi peradangan. Mereka meredakan peradangan dengan cara menciptakan lingkungan yang lembab di sekitar jerawat, yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan.


4. Menutup Jerawat dengan Rapi

Beberapa patch jerawat memiliki tampilan yang hampir transparan atau warna kulit, sehingga mereka bisa sangat tidak terlihat saat digunakan. Nah, dengan menggunakannya bisa memudahkan kamu untuk menyembunyikan jerawat saat beraktivitas sehari-hari, bekerja, atau berdandan tanpa membuat jerawat semakin mencolok.


5. Meminimalkan Risiko Pembentukan Bekas Luka

Dengan membantu mengurangi peradangan dan menjaga jerawat tetap bersih, acne patch dapat membantu mencegah bekas luka jerawat yang sering terjadi setelah jerawat sembuh. Ini adalah manfaat penting karena bekas luka jerawat dapat memerlukan waktu lama untuk sembuh dan seringkali sulit dihilangkan.


6. Praktis dan Mudah Digunakan

Acne patch sangat mudah digunakan. Kamu hanya perlu membersihkan kulit di sekitar jerawat, tempelkan patch di atasnya, dan biarkan patch bekerja selama beberapa jam atau semalam. Mereka tidak memerlukan campuran atau perawatan yang rumit, sehingga sangat praktis untuk digunakan.


7. Cocok untuk Semua Jenis Kulit

Kebanyakan acne patch dirancang untuk cocok dengan semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Mereka cenderung bebas dari bahan yang dapat menyebabkan iritasi, sehingga bisa digunakan oleh banyak orang tanpa khawatir akan efek samping.


8. Memantau Proses Penyembuhan

Dengan menggunakan Acne patch, kamu bisa melihat proses jerawat sembuh seiring waktu. Kamu dapat memantau perkembangan jerawat dan mengganti patch sesuai kebutuhan. Hal ini membantu kamu dalam mengukur efektivitas produk dan menentukan kapan jerawat sudah cukup matang.


9. Mencegah Keinginan Memencet Jerawat

Siapa nih yang suka tergoda untuk memencet jerawat? Kebiasaan memencet jerawat bisa memperparah jerawat di wajah. Karena, memencet jerawat justru bisa memicu lebih banyak peradangan. Nah, acne patch ini bisa mencegah kamu untuk memencet jerawat, sebab acne patch menutup area jerawat dan mencegah kamu untuk sering menyentuhnya.


10. Menjaga Area Kulit Berjerawat Tetap Lembap

Saat jerawat muncul, beberapa orang cenderung memilih untuk menggunakan obat totol jerawat yang terkenal dapat membuat jerawat cepat mengering. Namun, penggunaan obat totol ini bisa membuat area kulit di sekitar jerawat juga ikut mengering. Untuk mengantisipasinya, penggunaan acne patch dapat menjadi alternatif. Acne patch berfungsi sama seperti obat totol jerawat, namun tidak membuat kulit menjadi kering dan menjaga kelembapan kulit selama menggunakannya.


Cara Memakai Acne Patch

Cara menggunakan acne patch yang benar dapat berbeda sedikit tergantung pada merek dan jenis patch yang kamu gunakan. Di bawah ini adalah panduan umum tentang cara memakai acne patch dengan benar.


1. Persiapkan Kulit

Pastikan kulit di sekitar jerawat sudah bersih dan kering. Cuci wajah dengan lembut menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Jangan mengoleskan krim atau obat jerawat sebelum memasang patch.


2. Pilih Patch yang Tepat

Pilih acne patch yang sesuai dengan ukuran dan jenis jerawat. Beberapa patch tersedia dalam berbagai ukuran untuk menyesuaikan dengan berbagai ukuran jerawat.


3. Tempelkan Patch

Gunakan tangan bersih atau aplikator khusus (jika disertakan dalam kemasan) untuk mengambil patch dari wadahnya. Tempelkan patch dengan hati-hati pada jerawat yang sudah matang atau berisi nanah. Pastikan untuk menekannya dengan lembut sehingga patch melekat dengan baik pada kulit. Hindari menyentuh bagian dalam patch dengan jari untuk menjaga kebersihannya.


4. Biarkan Patch Bekerja

Biarkan patch tetap menempel selama beberapa jam atau semalaman, sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan produk. Beberapa patch dapat digunakan sepanjang hari dan dilepas saat kamu mencuci wajah atau mandi.


5. Lepas Patch dengan Hati-Hati

Ketika kamu siap untuk melepas patch, lepaskan dengan lembut dari kulit. Lakukan dengan hati-hati untuk menghindari merusak kulit atau menimbulkan rasa sakit.


6. Buang Patch yang Digunakan

Setelah patch digunakan, jangan mencoba untuk menggunakannya kembali pada kulit atau menggunakannya lagi karena dapat menjadi tidak efektif dan kurang higienis.


7. Lanjutkan dengan Perawatan Kulit Rutin

Setelah melepas patch, kamu dapat melanjutkan dengan perawatan kulit harian seperti biasa, seperti pembersih wajah, pelembap, dan produk perawatan kulit lain yang sesuai dengan jenis kulit.


8. Gunakan Sesuai Kebutuhan

Gunakan acne patch sesuai kebutuhan, terutama pada jerawat yang sudah matang atau berisi nanah. Jika jerawat belum matang, patch mungkin tidak akan berfungsi terlalu efektif.

Nah, acne patch bisa jadi salah satu solusi untuk menyembuhkan jerawat dengan bersih dan higienis. Kalau masalah jerawat kamu tak kunjung membaik, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter ahli di Klinik Diri.


Sumber:

https://www.beautynesia.id/beauty/5-manfaat-acne-patch-yang-perlu-kamu-ketahui/b-264206

https://www.haibunda.com/moms-life/20221202155631-72-291486/manfaat-acne-patch-dan-cara-menggunakannya-dengan-benar/2

https://www.klikdokter.com/info-sehat/kulit/serba-serbi-acne-patch-untuk-mengobati-jerawat



Tag:
jerawat
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.