GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

5 Lulur Alami untuk Memutihkan Kulit yang Bisa Diracik di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Deviana H.-20 Jun 2023
Lulur Alami untuk Memutihkan Kulit Diricare

Merawat kulit untuk memutihkan dan membuatnya tampak glowing perlu dilakukan secara rutin. Perawatan tersebut bisa dilakukan di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang berkhasiat. Kalau kamu tertarik membuat lulur alami untuk memutihkan kulit, berikut adalah beberapa bahan lulur alami yang dapat Anda racik dengan mudah.


1. Lulur alami untuk memutihkan kulit dengan kopi

Meracik lulur sendiri di rumah membuatmu enggak perlu menghabiskan banyak biaya. Bahkan kamu bisa menghindari kandungan pengawet dari produk alami yang dijual di bebas. Menurut dermatologis Ava Shamban, MD., bagian terbaik dari lulur dan scrub do-it-yourself ialah bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Misalnya, ketika kulit kasar maka membutuhkan eksfoliasi. Sedangkan jika kulit kering membutuhkan hidrasi.


Kulit yang kusam dan tidak cerah, bisa disebabkan tumpukan sel kulit mati. Untuk membuatnya lebih cerah, kamu bisa meracik lulur terbaik, yaitu campuran antara kopi dan madu. Kopi dan madu jika disatukan bisa membantu menghaluskan, mengencangkan, dan menjaga kelembapan.  


Cara membuat lulur alami untuk membuat kulit glowing, siapkan 3 sendok bubuk kopi dan 5 sendok makan madu. Campurkan hingga merata atau bertekstur pasta. Kemudian oleskan pada kulit yang lembap dan pijat secara lembut selama satu menit. Terakhir, bilas hingga bersih dengan air hangat dan keringkan dengan handuk yang seratnya lembut.


2. Lulur oatmeal yang mencerahkan

Kulit yang cerah bisa diperoleh dengan mudah. Kamu bisa memanfaatkan oatmeal, susu, madu, dan gula merah dalam satu campuran lulur yang bermanfaat mengelupas sel kulit mati dan mencerahkan. Racikan ini cocok buat kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan. Untuk mengubah kulit kusam karena terpapar matahari dan menenangkan serta melembutkan, campurkan setengah cangkir oatmeal matang, seperempat cangkir susu, setengah sendok makan gula merah, dan seperempat cangkir madu.


Campurkan semua bahannya dan aduk hingga mencapai tekstur yang kental. Racikan lulur homemade tersebut bisa kamu aplikasikan pada kulit dua hingga tiga kali seminggu. Untuk melengkapi perawatanmu, tentu tak cukup hanya memakai lulur bukan? Nah, untuk membuat kulit wajah kusam menjadi cerah dan glowing, kamu bisa mendapatkan skincare yang teruji secara klinis di DiriCare.


Mulai dari Custom Face Serum yang bisa digunakan untuk berbagai tipe kulit, Custom Toner dengan kandungan AHA yang membantu mengangkat sel kulit mati sehingga kulitmu lebih cerah, hingga Custom Moisturizer yang mengandung hyaluronic acid untuk kulit lebih kenyal, cerah, dan bercahaya. Cari tahu apa yang dibutuhkan kulitmu, dan kamu bisa konsultasi pada ahlinya di sini.


3. Lulur kunyit untuk memutihkan badan

Kunyit merupakan salah satu bahan alami yang paling sering dipakai untuk lulur. Umumnya, orang Asia menggunakan bahan ini untuk mendapatkan semua manfaat kecantikan. Kunyit, memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang berkhasiat. Lulur kunyit juga dapat membuat kulitmu tampak bercahaya alami dan teksturnya lembut.


Cara membuat lulur kunyit untuk memutihkan badan, siapkan satu sendok takar gula putih, satu sendok minyak kelapa, dan dua sendok makan bubuk kunyit. Campurkan bahan tersebut hingga merata dan aplikasikan pada kulit ketika masih basah. Pijat lembut dan diamkan selama dua menit. Terakhir, bilas dengan air hangat dan tepuk-tepuk dengan handuk lembut untuk mengeringkan.


4. Apel dan madu

Buah-buahan juga bisa diolah di rumah menjadi masker alami untuk badan. Salah satu buah yang bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan kulit ialah buah apel. Di dalam buah apel mengandung asam dan enzim buah alami yang dapat membantu mengelupas sel-sel kulit mati. Ketika asam buah dikombinasikan dengan madu yang bersifat antibakteri, maka bisa dipakai untuk kulit berminyak dan berjerawat. Fungsinya untuk membuat kulit mendapatkan nutrisi dengan baik, mengurangi risiko breakout, dan kulit terlihat lebih glowing.


Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat lulur alami ini, daging buah dari satu buah apel, setengah sendok makan madu, dan setengah sendok teh minyak jojoba. Cara mengolahnya, haluskan buah apel saring airnya. Campur apel dengan semua bahan dalam mangkuk dan aplikasikan pada kulit. Oleskan dengan gerakan melingkar ke kulit yang telah dibersihkan. Lakukan gerakan ini selama satu menit. Kemudian, diamkan selama lima menit dan bilas menggunakan air hangat.


5. Lulur alami dari beras

Dalam Ayurveda, beras dipercaya dan dibuktikan bermanfaat. Tidak hanya bagi kesehatan tubuh, tetapi juga untuk perawatan kulit. Kulit yang sehat bisa didapat dengan, salah satunya, memakai rutin lulur beras. Beberapa produk lulur pun juga memformulasikan beras sebagai bahan yang berkhasiat untuk menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.


Menurut dokter Brahmanand Nayak, beras putih bermanfaat untuk mengurangi pigmentasi pada kulit wajah, leher, ketiak, maupun lutut. Selain itu, scrub dari beras putih juga bisa mengangkat sel kulit mati dan cepat mencerahkan kulit karena mengandung asam amino, para-aminobenzoic acid, ferulic acid, dan allantation. Keempat kandungan tersebut mampu membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV, sebagai anti-oksidan, anti-inflamasi, dan mengeksfoliasi.


Cara membuat lulur beras, siapkan satu cangkir beras yang dihaluskan dan setengah cangkir susu. Campurkan kedua bahan tersebut, dan aplikasikan pada kulit dengan gerakan memutar. Pakai secara merata dari wajah hingga leher. Masker beras ini juga bisa dipakai di bagian tubuh area yang menghitam. Kemudian diamkan selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. Jangan lupa mengeringkan secara lembut menggunakan handuk berbahan lembut.


Disamping mencampurkan beras yang dihaluskan dengan susu, kamu juga bisa membuat variasi masker beras lainnya. Seperti dengan mencampurkan bersama jus mentimun atau air perasan lemon. Kemudian aduk merata menjadi bertekstur pasta dan bisa diaplikasikan ke semua bagian kulit, termasuk kulit wajah.


Itulah racikan lulur alami untuk memutihkan kulit dan bisa dibuat di rumah. Rekomendasi dermatologis, satu racikan tertentu perlu diaplikasikan secara rutin. Namun tak boleh terlalu sering, karena memakai lulur dan scrub terlalu sering justru tak membuat bekerja secara optimal. Nah, agar perawatan kulit bekerja secara efektif, pertimbangkan juga untuk melakukan jenis perawatan lainnya. Apabila kamu membutuhkan referensi dan rekomendasi sesuai dengan kebutuhan kulitmu, konsultasikan pada dokter berpengalaman di DiriCare GRATIS.  

 

Referensi:

https://www.healthline.com/health/homemade-facial-scrub#facial-scrub-recipes

https://www.marieclaire.com/beauty/a18667704/diy-body-scrub/

https://www.goodhousekeeping.com/beauty/anti-aging/g32711085/diy-face-scrubs/

https://www.drbrahma.com/diy-rice-scrub-for-skincare/#:~:text=Conclusion,away%20the%20signs%20of%20ageing

banner-artikel
Tag:
lulur
tips
alami
cerah
kusam
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.