GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Bikin Wajah Jadi Bersih, Berikut Manfaat Cuci Muka dengan Air Hangat

Ditinjau oleh dr. Flora-22 Des 2022
maanfaat-cuci-muka-dengan-air hangat

Cuci muka bisa membuat wajah bersih dan bebas dari jerawat. Konon pori-pori juga bisa bersih maksimal jika kamu cuci muka menggunakan air hangat yang masih suam-suam kuku. Apakah benar air hangat bisa membantu kulit lebih bersih dan sehat? Yuk, cari tahu apa saja manfaat air hangat untuk wajah pada artikel ini.



Pentingnya Cuci Muka agar Wajah Tetap Glowing

Cuci muka jadi skincare routine paling mudah dan paling dasar. Jika kamu mendambakan wajah yang mulus dan glowing tanpa cela, hal dasar yang wajib kamu lakukan adalah mencuci muka.

Berbagai macam kotoran penyebab jerawat, seperti sebum, debu, polusi, dan bakteri bisa hilang dengan mencuci muka.


Selain menjaga kebersihan pori-pori, mencuci muka juga berguna untuk mempertahankan pH kulit wajah tetap stabil. Dengan pH yang stabil, kulit wajah pun jadi lebih sehat karena selalu terhidrasi.


Meski cuci muka memberikan banyak manfaat untuk kecantikan kulit, tapi cuci muka tidak bisa dilakukan sering-sering. Para ahli berpendapat idealnya cuci muka cukup dua kali sehari.

Sebab, jika cuci muka terlalu sering, malah akan mengganggu pH kulit dan menghilangkan sebum alami dari kulit. Memicu kelenjar sebum memproduksi minyak yang lebih banyak. Bisa-bisa wajah yang semula sehat dan bersih jadi mudah berminyak, kusam, hingga tumbuh banyak jerawat.


Sebaliknya, bila kamu jarang mencuci muka, berimbas pada kulit yang kotor, pori-pori tersumbat, timbul komedo, jadi terlalu berminyak atau terlalu kering, kulit gatal-gatal, kusam, dehidrasi, sampai terjadi inflamasi yang menyebabkan jerawat.


Mana yang Lebih Baik untuk Cuci Muka, Air Hangat atau Air Dingin?

Meski terkesan sepele, tetapi suhu air yang digunakan saat cuci muka juga bisa berpengaruh pada kondisi kulit. Lantas manakah yang lebih baik untuk kulit? Mencuci wajah dengan air dingin atau air hangat?


Banyak yang berpendapat kalau air hangat tidak terlalu bagus untuk mencuci muka, karena dapat membuat kulit jadi kering, kemudian mengaktifkan kelenjar sebaceous.

Kelenjar sebaceous ini akan memproduksi lebih banyak sebum agar kulit tetap terhidrasi. Sayangnya bila kelenjar ini terlalu aktif malah membuat kulit jadi kusam dan berminyak. Apabila kondisi kulit sudah berminyak, kulit pun akan rawan ditumbuhi jerawat.  


Akan tetapi, seorang dermatologis bernama Dr. Smriti Naswa berpendapat jika cuci muka dengan air hangat mendatangkan banyak manfaat. Sebab air hangat bisa membuka pori-pori, sehingga kotoran yang terperangkap jadi lebih mudah dibersihkan. Dengan kata lain, cuci muka dengan air hangat dapat memberikan hasil yang maksimal karena dapat membersihkan sampai ke dalam pori-pori.


Menurut Dr. Smriti Naswa, kulit memang bisa jadi kering, lebih sensitif, iritasi, dan kemerahan bila air yang digunakan untuk cuci muka bersuhu panas. Oleh karena itu, ia menyarankan agar cuci muka menggunakan air bersuhu suam-suam kuku.


Air hangat suam-suam kuku sudah cukup untuk membuka pori-pori, membilas kotoran, dan menghilangkan sebum di wajah. Orang yang bertipe kulit berminyak dan mudah berjerawat sangat disarankan untuk menggunakan air hangat saat cuci muka supaya bersih maksimal. Namun, pemilik tipe kulit kering dan normal pun tetap bisa mencuci wajah dengan air hangat.


Lalu saat cuci muka, kapan sebaiknya menggunakan air hangat untuk wajah? Sebaiknya cuci muka dengan air hangat di malam hari menjelang tidur. Selain bisa membersihkan kulit, air hangat juga dapat merilekskan tubuh setelah lelah beraktivitas seharian. Tetapi jika kamu ingin cuci muka di pagi hari dengan air hangat pun tidak masalah.


Manfaat Cuci Muka dengan Air Hangat

Mencuci wajah pakai air hangat tentunya menyimpan banyak manfaat, karena cukup banyak ahli dermatologis yang merekomendasikan penggunaan air hangat untuk membilas wajah. Kira-kira apa saja manfaatnya?


Melembutkan Kulit

Pernahkah kamu mengalami permukaan kulit jadi kaku dan seperti menebal? Kondisi tersebut bisa terjadi akibat infeksi bakteri atau adanya bekas luka. Mencuci wajah dengan air hangat bermanfaat untuk melembutkan kulit, sehingga saat dipegang kulit terasa lebih kenyal dan lembut.


Membuka Pori-Pori

Pori-pori otomatis akan terbuka ketika terpapar oleh air bersuhu hangat. Jadi, kotoran, minyak, dan debu yang terperangkap di dalam pori bisa disingkirkan dengan mudah kalau kamu mencuci wajah dengan air hangat. Maka dari itu, salah satu upaya agar wajah cepat bersih dari jerawat adalah membilas wajah pakai air hangat.


Melembabkan Wajah

Air hangat bermanfaat untuk membuat wajah tetap lembab. Menurut Dr. Smriti Naswa, efektivitas moisturizer meningkat ketika dioleskan di kulit yang sedikit basah karena air hangat. Krim pelembab akan membentuk lapisan, kemudian menyerap air yang tersisa di kulit, sehingga meninggalkan kelembaban yang tahan lama.


Mempercepat Penyerapan Produk Skincare

Produk skincare akan menyerap lebih cepat di suhu hangat karena pori-pori terbuka lebar. Maka dari itu, cuci muka dengan air hangat dapat membantu proses penyerapan produk skincare jadi lebih cepat dan produk yang kamu pakai bisa bekerja maksimal di kulit.


Itu dia ulasan singkat terkait manfaat air hangat untuk wajah. Jangan pernah lupa untuk cuci wajah maksimal dua kali sehari agar wajah senantiasa bersih dan terawat. Tapi kalau kamu punya masalah kulit yang tidak cukup disembuhkan hanya dengan basic skincare, sebaiknya konsultasikan ke dokter berpengalaman di Diricare. Mulai konsultasi gratis, lalu dapatkan rekomendasi produk dari dokter yang tentunya aman dan terjangkau.




Sumber:

https://www.ndtv.com/health/skincare-tips-warm-water-for-skin-hair-moisturise-your-skin-and-hair-with-this-simple-remedy-2102978

https://www.westlakedermatology.com/blog/skin-cleansing-101-why-washing-your-face-is-important/

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/wash-face-with-cold-water#cold-vs-hot


banner-artikel
Tag:
tips
solusi
peremajaan kulit
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.