GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

8 Manfaat Alpukat untuk Kulit Cantik, Bantu Mencerahkan Hingga Halau Jerawat

Ditinjau oleh dr. Intan-20 Mar 2023
manfaat alpukat untuk kulit

Dalam kehidupan sehari-hari, alpukat populer dimanfaatkan sebagai hidangan di atas meja makan. Tetapi selain itu, alpukat juga berkhasiat untuk menjaga kecantikan kulit. Tidak hanya kulit tubuh, tetapi manfaat alpukat untuk kulit wajah juga familiar. Sudahkah kamu tahu apa saja yang bisa diperbaiki dengan buah yang habitat aslinya dari Meksiko ini? Yuk kenali kandungan di dalamnya serta manfaat bagi kulit.


Kandungan berkhasiat dalam alpukat

Kandungan baik yang terdapat dalam buah kaya protein ini memberi banyak manfaat untuk kulit wajah. Alpukat sarat akan asam lemak omega-3, vitamin A, D, dan E. Selain itu, alpukat yang kerap diolah menjadi minyak esensial ini mengandung multivitamin, seperti vitamin C, K, asam folat, vitamin B6 dan niasin.


Tanaman alpukat sendiri bisa tumbuh di berbagai daerah, termasuk di Indonesia. Meski rasanya tak manis atau asam seperti stroberi, tetapi alpukat diklasifikasikan sebagai buah beri besar dengan biji berukuran besar. Karena mengandung nutrisi baik, alpukat masuk dalam daftar menu makanan sehat. Di dalam satu buah alpukat, lebih kaya kandungan lemak daripada karbohidrat. Sehingga untuk menu diet, buah ini sangatlah direkomendasikan.


Manfaat alpukat untuk kulit paling tinggi ada pada buah yang sudah matang. Ketika membeli, pilih kulit yang berwarna hijau tua atau hampir hitam. Kalau warnanya masih hijau muda, maka berarti masih mentah. Minyak alpukat yang umum dipakai produsen skincare, berasal dari daging buah alpukat. Daging buah yang diekstraksi akan menghasilkan minyak. Tidak hanya untuk skincare, minyak alpukat juga dimanfaatkan untuk memasak. Bahkan, manfaat minyak alpukat setara dengan minyak zaitun karena sama-sama mengandung asam lemak dan asam oleat.


Manfaat alpukat untuk kulit

Alpukat untuk kulit, kerap diolah menjadi krim, losion, dan pelembap. Dalam berbagai bentuk produk skincare, minyak alpukat memiliki khasiat seperti berikut di bawah ini.


1. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Tanda penuaan tidak selalu muncul pada kulit seseorang dengan usia tua. Karena banyak faktor, tanda-tanda penuaan bisa muncul lebih dini. Tandanya, antara lain, muncul garis-garis halus, keriput, hingga kulit tak lagi kenyal.


Menurut sejumlah penelitian, lemak sehat dalam alpukat dapat membantu kulit menjadi elastis dan kenyal. Tetapi manfaat alpukat yang pertama ini, baru dibuktikan dengan pemakaian alpukat secara oral atau dikonsumsi. Untuk pemakaian topikal atau dengan skincare bentuk tertentu, belum dibuktikan secara mendalam tentang efeknya pada mengurangi tanda penuaan dini.


2. Meminimalisir efek terbakar sinar matahari

Alpukat disebut sebagai buah yang bersifat antioksidan, terutama ketika telah diproses menjadi minyak esensial. Antioksidan dapat membantu meringankan gejala sengatan matahari. Menurut penelitian tahun 2011, vitamin E, beta karoten, vitamin D, protein, lesitin, dan asam lemak dalam minyak alpukat dapat menyembuhkan serta menenangkan kulit.


Penelitian lain menunjukkan bahwa mengkonsumsi alpukat dapat membantu melindungi kulit dari radiasi sinar UV yang berbahaya. Ini berarti, alpukat dapat membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit efek dari paparan sinar matahari.


3. Menutrisi kulit

Manfaat alpukat untuk kulit yang ketiga adalah membantu efektivitas penyerapan nutrisi dan menutrisi. Epidermis atau lapisan terluar kulit dapat dengan mudah menyerap nutrisi setelah memakai alpukat secara rutin. Selain itu, alpukat juga membantu pembentukan kulit baru yang lebih lembap dan halus.


4. Melembapkan kulit wajah

Kelembapan kulit wajah perlu dijaga tetap seimbang untuk memperoleh kulit yang kencang dan bercahaya. Manfaat alpukat untuk kulit wajah yang keempat ini bisa diperoleh dengan menggunakan daging buah alpukat untuk masker. Caranya adalah haluskan daging buah dan campurkan dengan madu. Oleskan campuran tersebut sambil pijat lembut kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.


Selain menggunakan alpukat untuk masker, kamu juga bisa memanfaatkan minyak alpukat untuk sabun mandi. Caranya adalah campurkan minyak alpukat dengan sabun mandi sehari-hari. Kemudian kamu bisa memakainya untuk rutinitas mandi. Hasil optimal bisa didapatkan kalau kamu memakainya secara rutin.


5. Meredakan gejala psoriasis dan eksim

Antioksidan dan vitamin dalam minyak alpukat membantu menyembuhkan kulit kering, iritasi, dan bersisik karena eksim atau psoriasis. Untuk memastikan tidak memperburuk efek pemakaian topikal minyak alpukat, kamu perlu cek tempel terlebih dahulu. Caranya adalah oleskan pada satu bagian kecil pada kulit. Apabila dalam 24 jam tidak menimbulkan kemerahan, ruam, dan radang pada kulit, maka minyak alpukat aman dipakai untuk meredakan gejala psoriasis dan eksim.


6. Mencegah dan mengobati jerawat

Residu dari kulit berminyak dan kotoran yang menempel dapat menyebabkan jerawat. Membersihkan wajah menggunakan alpukat atau minyak alpukat dapat menjaga kulit cukup terhidrasi tanpa menyebabkan jerawat. Selain itu, alpukat bersifat anti inflamasi sehingga dapat meredakan peradangan kulit akibat jerawat.


7. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat alpukat untuk kulit bisa membantu mempercepat penyembuhan luka baik luka karena jerawat atau jaringan parut yang dibuktikan pada penelitian tahun 2013. Penelitian ini menemukan bahwa asam lemak esensial dan asam oleat dalam alpukat dapat meningkatkan sintesis kolagen untuk pembentukan jaringan ikat baru. Di samping itu, luka kerap menyebabkan radang yang bisa disembuhkan dengan mengoleskan minyak alpukat pada area kulit yang terluka.


8. Meningkatkan kesehatan kulit kepala

Tidak hanya kulit wajah, manfaat alpukat untuk kulit kepala juga dapat diperoleh. Caranya, kamu cukup mengoleskan minyak alpukat ke kulit kepala sebagai masker. Cara ini bisa membantu mengurangi ketombe dan gejala dermatitis seboroik. Lapisan putih kekuningan pada kulit terluar akan kering dan mengelupas setelah memakai minyak alpukat secara rutin.


Setelah mengetahui manfaat alpukat untuk kulit yang dijelaskan di atas, apakah kamu tertarik merawat diri dengan bahan alami ini? Perlu kamu ketahui, bahan alami memang bermanfaat untuk perawatan diri, tetapi karena tidak di bawah pantauan ahli, maka hasilnya bisa saja tidak terukur. Untuk mendapatkan perawatan diri yang optimal, kamu bisa berkonsultasi pada tim klinis dan dokter ahli di klinik Diri.

 

Sumber:

https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/avocados/

https://www.byrdie.com/avocado-oil-for-skin-4846442

https://www.medicalnewstoday.com/articles/321543


banner-artikel
Tag:
tips
solusi
peremajaan kulit
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.