GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

7 Manfaat Centella Asiatica untuk Wajah, Bantu Melembapkan dan Menyembuhkan Luka

Ditinjau oleh dr. Elita M-08 Des 2022
manfaat centella asiatica

Beberapa tanaman herbal telah digunakan sejak ratusan tahun lalu untuk penyembuhan. Termasuk salah satunya tanaman pegagan atau dikenal dengan Centella Asiatica. Tanaman ini banyak tumbuh di Asia dan digunakan untuk pengobatan di Asia Tenggara. Menurut penelitian yang dilakukan tahun 2020 oleh peneliti dari Beijing, Cina, pegagan atau juga disebut gotu kola, dikaitkan dengan penyembuhan penyakit saraf, endokrin, dan kulit. Lantas, apa manfaat Centella Asiatica untuk wajah?


Manfaat Centella Asiatica

Daun pegagan menurut pengobatan Tiongkok dan Ayurveda, dimanfaatkan dalam ‘ramuan umur panjang’. Praktisi pengobatan tradisional juga mengklaim bahwa tanaman ini baik untuk kesehatan. Para peneliti dan ilmuwan pun juga membuktikan manfaatnya untuk mengatasi berbagai keluhan, tak hanya kesehatan tetapi juga memperbaiki jaringan epidermis kulit setelah terluka. Secara lebih terperinci, berikut manfaat Centella Asiatica untuk wajah dan masalah pada kulit.


Membantu mengurangi stretch mark

Dalam daun pegagan mengandung terpenoid, yang menurut penelitian dikaitkan dengan peningkatan produksi kolagen dalam tubuh. Terpenoid diperkirakan dapat membantu mencegah dan memudarkan stretch mark. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menggunakan krim topikal yang mengandung 1 persen ekstrak pegagan. 


Tetapi perlu Anda lakukan pengujian terlebih dahulu. Agar tak berisiko mengalami iritasi, maka uji tempel perlu dilakukan. Caranya, gosokkan pada kulit lengan seukuran diameter 2 sentimeter. Diamkan selama 24 jam, jika tak mengalami iritasi atau pembengkakan, artinya aman digunakan untuk tipe kulit Anda.


Menyembuhkan luka dan memudarkan jaringan parut

Percobaan di laboratorium pada tahun 2015 melakukan uji keampuhan pembalut luka yang mengandung pegagan. Pengujian ini dilakukan pada tikus, dan menemukan bahwa pegagan ampuh dalam menyembuhkan luka. Termasuk luka oleh benda tajam, robekan kulit yang tidak teratur oleh benda tumpul, dan jaringan yang terinfeksi. Meski penelitian ini menunjukkan potensi positif, penelitian lebih lanjut diperlukan guna mengonfirmasi hasil temuan.


Untuk menyembuhkan luka dan memudarkan jaringan parut, bisa dengan mengoleskan salep yang mengandung ekstrak daun pegagan 1 persen. Oleskan ke area yang terluka beberapa kali sehari. Nah, apabila mengalami luka, paling bijak memeriksakan diri ke dokter supaya mendapatkan penanganan yang tepat. Atau sebelum menggunakan salep daun pegagan, Anda perlu konsultasi terlebih dahulu pada dokter.


Mengurangi peradangan jerawat

Jerawat merupakan masalah paling umum dialami oleh setiap orang. Terdapat berbagai jenis jerawat, tetapi hampir semua jenis jerawat disebabkan pori-pori tersumbat dan produksi sebum berlebih. Tak sedikit orang yang mengeluhkan jerawat meradang dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Nah, salah satu penelitian menunjukkan bahwa Centella Asiatica bermanfaat dalam mengatasi peradangan pada jerawat. Salah satu senyawa dalam daun pegagan ini, dikaitkan dengan respons peradangan dengan mengaktivasi sel endotel vascular.


Berpotensi membantu meratakan warna kulit

Stres oksidatif berkontribusi dalam pembentukan warna kulit yang tak merata. Dalam penelitian menunjukkan kasus vitiligo yang berpotensi dapat menggunakan khasiat Centella Asiatica untuk meratakan warna kulit. Vitiligo adalah kondisi yang mana pigmen kulit memudar, salah satunya karena stress oksidatif.


Melindungi sel kulit dari kerusakan

Sel kulit yang rusak karena luka, atau pada wajah karena jerawat terbuka dan pecah, bisa diatasi dengan cara-cara tertentu. Termasuk menggunakan Centella Asiatica yang dapat meningkatkan aktivasi autophagy sel. Sehingga melindungi sel kulit dari kerusakan baik karena penuaan fisiologis dan patologis.


Dermatitis atopic

Selanjutnya, manfaat Centella Asiatica untuk wajah, adalah mengatasi kulit ruam dan gatal-gatal atau dikenal dengan dermatitis atopik. Dermatitis atopik cukup membuat tak nyaman. Seseorang yang mengalami gejalanya, bahkan perlu selektif dalam memilih skincare.


Menurut penelitian, daun pegagan berpotensi dalam mengatasi gejala dermatitis atopik. Tetapi dalam penelitian tersebut tidak dijelaskan secara terperinci bagaimana cara memanfaatkannya. Hanya menunjukkan bahwa ekstrak Centella Asiatica berpotensi dalam penyembuhan dermatitis atopik.


Melembapkan kulit

Centella Asiatica juga dapat meningkatkan hidrasi pada kulit. Lebih menariknya lagi, khasiat anti penuaan juga dibuktikan dalam penggunaan daun pegagan. Beberapa produsen juga memasukkan ramuan dengan ekstrak Centella Asiatica untuk mengatasi kulit kering dan sensitif.


Itulah manfaat Centella Asiatica untuk wajah dan kulit secara keseluruhan. Dalam daunnya, dibuktikan mengandung triterpenoid, flavonoid, dan asam fenolik. Dari kandungannya tersebut, menurut penelitian pegagan memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan. Bahkan, tanaman cantik ini juga bersifat anti karsinogenik karena asam asiatik yang dikandungnya.


Apakah Centella Asiatica aman digunakan pada kulit?

Karena potensinya dalam mengatasi berbagai keluhan pada kulit, Centella Asiatica banyak diteliti secara klinis. Menyoal keamanannya, sebuah penelitian yang dilakukan dua dekade lalu membuktikan bahwa tanaman ini tidak beracun. Tetapi tidak boleh dipakai dengan dosis tinggi karena berisiko, baik berisiko pada kesehatan secara keseluruhan maupun pada kulit.


Meskipun manfaat Centella Asiatica untuk wajah sangat potensial. Tetapi beberapa orang yang menggunakannya, baik secara topikal dan oral, bisa mengalami pusing, sakit kepala, mual, sakit perut, dan iritasi kulit. Peneliti juga menambahkan bahwa mengonsumsi ramuan daun pegagan dengan dosis tinggi, dapat mengalami kantuk yang ekstrem. Rekomendasi dari penelitian, Centella Asiatica tidak akan berisiko kalau dipakai setidaknya 2 minggu. Menggunakan Centella Asiatica lebih dari 6 minggu dapat berefek tidak baik pada kesehatan secara keseluruhan dan kulit.


Selain durasi waktu yang perlu dipertimbangkan, beberapa orang dengan kondisi tertentu juga perlu menghindari penggunaan ramuan. Untuk ramuan oral, ibu hamil dan menyusui harus menghindarinya. Untuk penggunaan secara topikal, misalnya untuk pelembap dan produk kosmetik lainnya, Anda juga perlu mengkonfirmasi komposisinya secara klinis agar tetap aman dipakai.

Setelah mengetahui manfaat Centella Asiatica untuk wajah, kulit, dan kesehatan secara keseluruhan, tertarik memakainya? Rekomendasi perawatan kulit paling terpercaya, perlu Anda dapatkan dari tim klinis dan dokter berpengalaman. Sebelum mendapatkannya, terlepas mengandung ekstrak Centella Asiatica atau tidak, pertimbangkan betul apa yang dibutuhkan kulit Anda. Mau rencana perawatan kulit yang terpercaya dan berkesinambungan, konsul gratis di klinik Diri.

 

 


 

Sumber:

https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fphar.2020.568032/full

https://www.medicalnewstoday.com/articles/centella-asiatica-for-skin#benefits

https://www.healthline.com/health/gotu-kola-benefits

banner-artikel
Tag:
tips
solusi
peremajaan kulit
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.