GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Serba-Serbi Aloe Vera, Tanaman Herbal dengan Sejuta Manfaat

Ditinjau oleh: dr. Deviana H.-15 Feb 2023
Serba-Serbi Aloe Vera Diricare

Sejak zaman dahulu aloe vera atau lidah buaya sudah terkenal sebagai salah satu tanaman apotek hidup untuk mengurangi berbagai keluhan pada tubuh, terutama pencernaan. Tidak hanya dikonsumsi langsung, aloe vera juga bisa dipakai secara topikal dalam bentuk gel yang sangat bagus untuk merawat kulit dan rambut. Nah, apa sajakah manfaat aloe vera gel? Yuk, cari jawabannya melalui artikel berikut ini.



Awal Mula Penggunaan Aloe Vera sebagai Obat Herbal

Aloe vera termasuk ke dalam tanaman jenis sukulen, sehingga banyak tumbuh di daerah yang hangat hingga tropis, seperti Afrika Utara, Eropa Selatan, dan Kepulauan Canaria di Samudera Atlantik.


Pemanfaatan lidah buaya sebagai obat herbal ini ternyata sudah berlangsung sejak berabad-abad yang lalu pada zaman Mesir kuno.


Karena sangat terkenal sebagai tumbuhan kaya manfaat, negara-negara tropis lainnya ikut membudidayakan aloe vera. Seiring berjalannya waktu, orang-orang dari berbagai penjuru dunia bisa merasakan manfaat dari aloe vera dan mengembangkannya menjadi produk-produk baru.


Salah satunya adalah aloe vera gel yang termasuk inovasi baru dalam produk pengolahan lidah buaya dan banyak orang menyukainya.


Manfaat Aloe Vera Gel untuk Kesehatan

Dalam setiap pelepah aloe vera di dalamnya mengandung banyak vitamin, meliputi vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B12, vitamin C, vitamin E, Choline, Folic Acid, Inositol.


Lalu, terdapat juga mineral yang baik untuk tubuh, yaitu kalsium, magnesium, zat besi, zinc, potassium, dan kromium. Selain itu, di dalam lidah buaya ada beberapa enzim yang berguna mengobati masalah pencernaan, yakni katalase, selulosa, amilase, carboxypepilase, carboxyhelulose, dan bradykinase.


Karena mengandung berbagai nutrisi, tidak heran aloe vera menjadi tanaman kaya manfaat. Berguna untuk mengobati berbagai penyakit serta menjaga kesehatan rambut dan kulit. Berikut ulasan lebih lanjut tentang manfaat aloe vera gel untuk wajah dan rambut.


1. Mengobati Penyakit Kulit

Penyakit kulit seperti eczema dan psoriasis menyebabkan permukaan kulit gatal, memerah, dan tak jarang sampai mengelupas. Kamu bisa mengobati penyakit kulit ini dengan mengoleskan aloe vera gel secukupnya di permukaan kulit yang meradang.


Aloe vera gel bisa meredakan iritasi serta mengurangi rasa sakit dan kemerahan pada kulit. Di samping itu juga dapat melembabkan kulit, sehingga kulit yang sempat terkelupas bisa lembab kembali.


2. Meredakan Jerawat

Aloe vera ternyata juga bisa mengobati jerawat yang sedang merah dan meradang, sebab di dalamnya terdapat kandungan anti-radang. Cocok untuk mengobati jerawat jenis nodul dan jerawat pustula.


Cara memakainya sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan cotton bud dan aloe vera gel. Lalu, ambil sedikit aloe vera gel menggunakan cotton bud dan oleskan pelan-pelan di bagian jerawat yang meradang. Pakai sehari tiga kali saat wajah dalam keadaan bersih untuk hasil yang maksimal.


3. Kulit Terbakar

Ketika kulit mengalami kecelakaan kecil seperti luka bakar minor, aloe vera gel bisa menjadi pertolongan pertama. Aloe vera akan memberikan efek dingin pada kulit.


Kulit yang terkena luka bakar pun jadi tidak terlalu perih. Selain itu, peradangan bisa cepat teratasi karena secara alami lidah buaya mengandung zat anti-radang.


4. Terbakar Matahari

Jika kulit terlalu lama terkena paparan sinar matahari tanpa adanya perlindungan, lapisan terluar kulit jadi memerah, iritasi, dan terasa sedikit perih. Untuk mengatasi kulit yang perih akibat sunburn, oleskan aloe vera gel di area kulit yang terkena sunburn.


Namun, aloe vera gel hanya bisa memberikan efek menenangkan dan mengatasi kemerahan untuk sementara saja. Jadi, kamu harus tetap melindungi kulit dengan memakai sunscreen secara merata agar terhindar dari sunburn.


5. Kulit Teriris

Sewaktu memasak, tidak jarang jari tangan mengalami kecelakaan kecil seperti jari yang tidak sengaja terkena mata pisau. Untuk mengobati luka minor seperti ini, kamu bisa memakai aloe vera gel.


Kandungan anti-bakteri pada aloe vera bisa melindungi kulit dari infeksi bakteri sehingga luka bisa sembuh lebih cepat. Menariknya lagi, aloe vera gel juga bisa merangsang produksi kolagen dan membuat bekas luka tersamarkan.


6. Melembabkan Kulit

Kulit yang terlalu kering bisa membuat permukaan kulit mengelupas. Kulit akan terasa perih jika kulit yang terkelupas terlalu banyak dan dalam beberapa kasus bisa sampai berdarah.


Mengoleskan aloe vera gel bisa menjadi solusi untuk mengobati kulit kering hingga terkelupas. Namun, aloe vera gel juga dapat berguna sebagai pelembab kulit karena kaya nutrisi dan teksturnya yang ringan, sehingga cepat menyerap. Kulit terasa lembut, kenyal, dan lembab bercahaya. Untuk penggunaan jangka panjangnya, kulit yang rutin diberikan aloe vera gel tidak akan mudah keriput dan jadi awet muda.


7. Melebatkan Rambut

Selain ampuh untuk kulit, ternyata aloe vera gel juga bermanfaat untuk merawat rambut. Gunakan aloe vera gel di akar rambut untuk mengatasi permasalahan rambut seperti rambut rontok dan ketombe.


Nutrisi yang terkandung di dalam aloe vera bisa membantu peredaran darah yang ada di akar kepala menjadi lebih lancar. Pertumbuhan rambut pun meningkat dan perlahan-lahan rambut semakin lebat. Selain itu, kandungan enzim di lidah buaya juga membantu merontokkan sel kulit mati di kulit kepala. Kulit kepala pun bersih dari ketombe.


Itu dia segudang manfaat aloe vera gel untuk memelihara kesehatan kulit dan rambut. Tidak ada salahnya kamu mencoba memakai aloe vera gel secara rutin agar kesehatan kulit dan rambut tetap terjaga.


Selain memakai bahan alami, kamu dapat memaksimalkan perawatan wajah dan rambut melalui Diricare. Lakukan konsultasi gratis bersama dokter berpengalaman. Setelah itu, dokter akan merekomendasikan produk yang tepat untuk mengatasi keluhanmu. Yuk, mulai pancarkan kilau wajah dan rambutmu bersama Diricare.


Referensi:

https://pertanian.pontianakkota.go.id/produk-unggulan-detil/4-lidah-buaya.html

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/aloe-vera-for-face#benefits

https://pharmeasy.in/blog/9-aloe-vera-benefits-for-face-skin/

Tag:
aloe vera
tips
cerah
glowing
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.