GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Solusi Dapatkan Kulit Glowing, Kenali 6 Manfaat Mikrodermabrasi Wajah

Ditinjau oleh dr. Winda-27 Feb 2023
manfaat mikrodermabrasi

Banyak sekali cara untuk menjaga kecantikan kulit, salah satunya dengan perawatan yang dilakukan oleh dermatolog dan ahli kecantikan. Cara ini disebut mikrodermabrasi, yang prosedurnya enggak bisa dilakukan sendiri di rumah. Tetapi di klinik kecantikan bersama dokter kulit profesional. Menyoal mikrodermabrasi wajah, sudahkah kamu tahu manfaatnya? Yuk, cek ulasan lengkapnya di bawah ini.



Apa itu mikrodermabrasi wajah?

Mikrodermabrasi adalah prosedur kosmetik pada permukaan kulit yang menggunakan alat khusus untuk ‘mengampelas’ kulit dengan lembut. Tujuannya untuk mengangkat lapisan paling atas kulit termasuk sel kulit mati.


Prosedur mikrodermabrasi wajah dilakukan oleh ahli kecantikan atau dokter kulit berlisensi sehingga dianggap aman dan efektif untuk sebagian besar jenis kulit. Berdasarkan prosedur, mengangkat sel kulit mati dan lapisan kulit paling atas ini dilakukan dalam serangkaian perawatan.


Jangan khawatir soal efek samping. Karena ditangani oleh ahlinya, maka efek buruknya minim. Tetapi setelah menjalani mikrodermabrasi wajah akan kemerahan atau sedikit kering sehingga dilakukan rangkaian perawatan. Seperti dioleskan pelembap sekaligus tabir surya. Prosedur mikrodermabrasi dilakukan oleh ahli kecantikan atau dokter kulit berlisensi dan biasanya memakan waktu sekitar 60 menit.


Penting dicatat, sebelum melakukan mikrodermabrasi wajah perlu dikondisikan. Termasuk harus diperiksa cocok tidaknya dengan kondisi kulit yang kamu miliki dan tujuan yang ingin kamu dapatkan.


Bolehkah mikrodermabrasi wajah dilakukan setiap tipe kulit?

Mikrodermabrasi dianggap sebagai perawatan yang aman dan efektif untuk sebagian besar jenis kulit. Tetapi bagi orang dengan kulit berjerawat aktif, eksim, rosacea, atau kondisi kulit tertentu lainnya, tidak disarankan melakukan mikrodermabrasi karena menggunakan alat mekanis yang rentan memicu infeksi dan efek tak diinginkan lainnya.


Penting juga untuk dicatat bahwa mikrodermabrasi tidak bekerja secara permanen. Alasannya, karena sel terus regenerasi dan selalu ada sel kulit mati. Maka pengangkatan lapisan paling atas untuk mendapatkan kulit glowing optimal, harus dilakukan mikrodermabrasi wajah secara berkala. Selengkapnya, simak pemaparan tentang manfaat mikrodermabrasi bagi wajah berikut ini.


Manfaat mikrodermabrasi bagi wajah

MIkrodermabrasi wajah, menurut sejumlah ulasan yang ditinjau secara medis, cukup membutuhkan biaya. Rata-rata, biaya untuk mikrodermabrasi sebesar Rp 2 jutaan. Manfaat mikrodermabrasi bagi wajah, mungkin bisa jadi pertimbangan kamu sebelum memilih langkah ini untuk membuat kulit terlihat lebih glowing.


1. Eksfoliasi

Seperti yang dijelaskan di atas, mikrodermabrasi wajah dilakukan oleh profesional dan dokter kulit berlisensi. Tujuannya untuk mengangkat sel kulit mati dan lapisan paling luar kulit. Tujuan ini bersifat eksfoliatif, yaitu untuk mengangkat kulit kusam. Hasilnya akan memperlihatkan kulit wajah yang lebih segar dan tekstur lebih halus.


2. Mencerahkan kulit

Penting dipahami, kulit cerah bukan kulit putih lho. Kulit wajah sehabis melakukan mikrodermabrasi akan terlihat lebih bersih dan bercahaya. Selain itu, bintik hitam karena penuaan atau efek terpapar matahari bisa terangkat setelah pengangkatan lapisan terluar kulit wajah.


3. Mengurangi garis halus dan kerutan

Seiring bertambahnya usia atau karena merawat kulit wajah secara tidak tepat, bisa berakibat buruk pada kekencangan kulit. Termasuk membuat kulit keriput dan banyak garis halus. Nah, salah satu manfaat mikrodermabrasi wajah adalah mengurangi keluhan terkait munculnya garis halus dan kerutan.


Secara ilmiah, ketika lapisan kulit paling atas terangkat, maka sel kulit akan bekerja meregenerasi kulit baru. Bersamaan dengan itu, kolagen juga diproduksi. Oleh karena itu, kecukupan kolagen dapat membantu mengencangkan kulit dan mengurangi kerutan pada kulit wajah.


4. Membersihkan dan mengecilkan pori-pori

Sel kulit mati dapat memicu jerawat karena menutup pori-pori. Apabila bakteri menyerang, pori-pori yang tertutup akan meradang dan jadilah jerawat. Untuk mengurangi risiko jerawat, mikrodermabrasi wajah jadi salah satu alternatif pilihan. Selain mengangkat sel kulit mati, mikrodermabrasi juga bermanfaat mengecilkan pori-pori.


5. Meratakan warna kulit

Di samping mencerahkan, kulit wajah akan lebih rata setelah melakukan mikrodermabrasi. Namun, sebelum melakukannya kamu wajib konsultasi terlebih dahulu pada dokter ahli ya! Soalnya, setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda. Agar tak memicu risiko tak diinginkan, ikuti anjuran dokter ahli yang disesuaikan dengan kulitmu.

Sedang mencari rekomendasi skincare yang sesuai dengan kulit, dokter berpengalaman dan tim klinis profesional di klinik Diri bisa menemanimu dalam proses merawat diri.


6. Menghaluskan tekstur kulit

Siapa yang enggak ingin memiliki kulit wajah yang tanpa cela. Tanpa bekas jerawat dengan tekstur kulit yang mulus, bisa didapat dari melakukan mikrodermabrasi. Tetapi perlu kamu ingat, efek mikrodermabrasi tidak permanen. Kamu tetap harus merawat dan melakukan perawatan dengan mikrodermabrasi secara berkala untuk mendapatkan hasil berkesinambungan.

Di samping keenam poin di atas, manfaat mikrodermabrasi bagi wajah lainnya adalah membantu meningkatkan efektivitas penyerapan bahan skincare. Kenapa kok bisa? Seringkali produk skincare tidak bekerja efektif karena banyak penghalang. Jadi karena sel kulit mati dan lapisan teratas kulit terangkat karena mikrodermabrasi wajah, maka bahan skincare akan diserap lebih baik oleh sel-sel kulit baru.


Jenis mikrodermabrasi wajah

Seiring dengan perkembangan teknologi, terdapat berbagai jenis mikrodermabrasi wajah berdasarkan bahan partikel yang digunakan. Apa saja jenisnya? Ini daftarnya.


1. Mikrodermabrasi kristal

Jenis mikrodermabrasi wajah yang pertama ini, merupakan cara yang paling tradisional dan digunakan banyak spa serta klinik perawatan kulit. Kristal yang dipakai untuk mengangkat lapisan teratas kulit benar-benar alami. Umumnya, klinik kecantikan hanya akan menggunakan sekali perawatan dan setelah itu tidak digunakan lagi.


2. Kristal aluminium oksida

Partikel yang digunakan untuk mikrodermabrasi wajah biasanya alami. Bahannya berasal dari komposit logam yang padat dan tidak pecah. Bentuk tepian partikel kristal yang dipakai tidak beraturan sehingga bisa mengangkat sel kulit mati secara efektif.


Penting untuk diketahui, semakin murni kristal yang dipakai maka prosesnya lebih steril atau anti bakteri. Selain itu, semakin kecil ukurannya maka semakin baik prosedurnya. Salah satu partikel yang biasa dipakai untuk mikrodermabrasi wajah, adalah kristal aluminium oksida.


3. Kristal natrium bikarbonat

Kristal aluminium oksida partikelnya lebih kasar dibanding natrium bikarbonat. Kalau partikel natrium bikarbonat untuk mikrodermabrasi wajah, tidak hanya mengangkat sel kulit mati dan manfaat yang telah disebutkan di atas, tetapi juga untuk relaksasi.


Itulah penjelasan mengenai mikrodermabrasi wajah, jenis, dan manfaatnya. Meskipun dilakukan berdasarkan prosedur oleh dokter berpengalaman dan ahli kecantikan, bukankah memilih perawatan kulit harus disesuaikan dengan kondisi kulit? Nah, kalau kamu bingung mendapatkan skincare mana yang cocok dan bekerja optimal untuk jenis kulitmu, jangan ragu untuk dapatkan treatment planning dari dokter berpengalaman dan tim klinis di klinik Diri (Link: https://diricare.com/).

 

 

Sumber:

https://www.healthcentre.org.uk/cosmetic-treatments/mikrodermabrasion-types.html

https://www.byrdie.com/benefits-of-mikrodermabrasion

https://www.healthline.com/health/mikrodermabrasion

https://www.healthline.com/health/benefits-of-mikrodermabrasion

banner-artikel
Tag:
tips
solusi
peremajaan kulit
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.