GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Manfaat Minyak Argan untuk Wajah dan Cara Penggunaannya

Ditinjau oleh dr. Winda-14 Agt 2023
manfaat minyak argan

Untuk mendapatkan kulit yang sehat, kamu wajib melembabkannya dengan moisturizer agar tidak kering, termasuk kulit wajah. Kulit wajah yang kering dan tidak terawat dengan baik sangat mudah berpotensi pada kerusakan, seperti jerawat dan kulit kusam. 


Salah satu skincare yang bagus untuk melembabkan kulit adalah minyak argan. Minyak argan (Argan oil) adalah hasil dari ekstrak biji buah pohon argan (Argania spinosa) yang secara tradisional digunakan untuk melembabkan kulit yang kering dan kusam. Minyak argan sangat aman digunakan untuk kulit, termasuk kulit wajah. 


Terdapat beberapa manfaat minyak argan untuk wajah yang sehat dan terawat. Yuk, simak penjelasan lebih lanjut berikut ini!


Manfaat minyak argan untuk wajah

Untuk kamu yang masih ragu untuk menggunakan minyak argan sebagai bagian dari perawatan kulit, yuk ketahui segudang manfaat minyak argan untuk wajah!


Menjaga keremajaan kulit

Keremajaan kulit berkaitan erat dengan kulit wajah awet muda. Banyak orang yang mengandalkan krim anti aging dengan harga yang mahal, dan mungkin daya tahan lembabnya tidak memberi kekenyalan ekstra. Nah, dengan minyak argan yang kaya antioksidan dari polifenol dan vitamin E, mampu menjaga keremajaan dan elastisitas kulit. Sehingga, wajah selalu segar dan bebas kerutan. 


Memberi kelembaban dan hidrasi ekstra

Manfaat utama dari minyak argan adalah untuk memberikan hidrasi pada wajah, sehingga kulit wajah tetap terjaga kelembabannya. Hal ini karena minyak argan mengandung 95% asam lemak tak jenuh, dan sangat cocok untuk memperbaiki skin barrier pada kulit wajah kering hingga sensitif. 


Memperbaiki wajah yang iritasi

Argan oil yang kaya asam lemak tak jenuh, seperti oleic dan linoleic sangat bermanfaat untuk meredakan iritasi kulit wajah akibat paparan sinar matahari, kulit berjerawat, atau penggunaan skincare maupun make up yang membuat skin barrier menipis. 


Jadi, minyak argan memiliki manfaat utama untuk anti aging, menjaga kelembaban wajah, serta meredakan peradangan yang membuat kulit wajah kamu menipis dan semakin sensitif. 


Selain pada wajah, minyak argan (Argan oil) dapat digunakan ke seluruh tubuh sebagai lotion, menjaga kulit yang terdampak dermatitis atau eksim tetap lembab, memudarkan stretch mark atau selulit, hingga memudarkan bekas luka. 


Efek samping minyak argan

Meskipun minyak argan (Argan oil) memiliki manfaat yang sangat bagus untuk melembabkan kulit secara alami, tetap saja ada efek samping yang harus kamu perhatikan agar wajah tidak rusak. 


Minyak argan memang bersifat non-comedogenic, sehingga tidak menghambat pada pori-pori wajah. Namun, argan oil tidak disarankan untuk digunakan pada kulit wajah berminyak. 


Selebihnya, jika wajah kamu merasakan reaksi berupa sensasi yang tidak wajar karena asam lemak tak jenuh (Oleic dan linoleic) dalam 14 hari, kamu bisa berhenti untuk melanjutkan perawatan wajah dengan minyak argan. Lalu, jangan lupa konsultasikan dengan dokter kulit, ya!


Cara menggunakan minyak argan untuk wajah

Fungsi minyak argan untuk wajah adalah melembabkan serta memberi hidrasi pada kulit. Minyak argan tersedia dalam bentuk minyak yang telah diformulasi dengan kandungan skincare, atau menjadi komposisi yang terkandung dalam krim pelembab. 


Gunakan minyak argan 1-2 kali sehari dalam kondisi wajah yang bersih. Kamu bisa menggunakannya sebagai serum sebelum memakai krim pelembab untuk hidrasi yang maksimal, atau menggunakan minyak argan sebagai pelembab. Untuk hasil wajah lembab dan sehat, aplikasikan minyak argan ke skincare routine pagi dan malam. 


Aturan memakai minyak argan untuk wajah

Meskipun sangat mudah untuk diaplikasikan pada wajah dan tubuh, minyak argan memiliki aturan pemakaian untuk hasil yang maksimal. Argan oil dapat digunakan setiap hari, atau saat kondisi kulit sangat kering. Karena tekstur dan konsistensi berupa cairan yang berminyak, gunakan 1 tetes saja untuk menghidrasi kulit wajah. 


Minyak argan dapat digunakan oleh semua jenis kulit, bahkan untuk kulit berminyak dan berjerawat. Argan oil tentu sangat bagus untuk kulit wajah yang sensitif, akan tetapi jangan lupa untuk melakukan testing di area yang sensitif dengan mengoleskan tipis minyak argan. Apabila ada reaksi langsung di wajah, sebaiknya jangan dilanjutkan.


Minyak argan mengandung oleic acid dan linoleic acid, sehingga jangan digabungkan ke skincare dengan kandungan yang serupa, misalnya rosehip oil, tea tree oil, olive oil, avocado oil, sampai grapeseed oil. 


Konsultasikan ke dokter kulit untuk ketahui anjuran penggunaan minyak argan

Minyak argan (Argan oil) merupakan skincare alami yang memiliki manfaat untuk melembabkan kulit, meredakan peradangan dan wajah kemerahan, mencegah penuaan dini, meratakan warna kulit, hingga memudarkan bekas luka. 


Penggunaan minyak argan dalam skincare routine kamu setiap hari membuat wajah kamu semakin lembab, sehat, dan glowing. Namun, perlu diperhatikan juga jenis kulit kamu apakah dapat melakukan perawatan kulit wajah dengan minyak argan. 


Selain itu, tingkat sensitivitas kulit terhadap minyak argan pada setiap orang tentu berbeda. Sehingga ada anjuran yang perlu kamu tahu dari ahlinya agar minyak argan tidak merusak kulit kamu. 

Untuk itu, konsultasikan penggunaan minyak argan ke dokter profesional dan terpercaya untuk penjelasan penggunaan skincare yang sesuai dengan tipe kulit kamu di Klinik Diri


Sumber:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/argan-oil-for-skin

https://www.byrdie.com/argan-oil-for-skin-5080152

https://www.momsmoney.id/news/inilah-manfaat-argan-oil-bagi-kulit-wajah-anda-1


banner-artikel
Tag:
kulit berminyak
jenis kulit
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.