GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Diformulasikan untuk Menutrisi Kulit, Kenali 5 Manfaat Serum Wajah

Ditinjau oleh: dr. Elita M.-16 Apr 2023
Manfaat Serum Wajah Diricare

Semakin bertambah usia, pengalaman akan semakin kaya. Namun itu tak terjadi pada kulit, terutama kulit wajah. Faktanya, semakin usia menua maka tantangan akan membentang. Seperti mengatasi kulit yang mulai tak kencang lagi, bintik-bintik cokelat, kulit kusam, dan warna kulit tak merata. Manfaat serum wajah, digadang dapat mengatasi masalah pada kulit tersebut.


Serum ialah cairan berbasis minyak atau air dengan tekstur ringan sehingga mudah diserap kulit ketika dioleskan. Serum tidak sama seperti pelembap atau krim, tetapi diformulasikan secara khusus agar cepat meresap serta menggunakan bahan yang dapat mengatasi keluhan pada kulit. Apa manfaat serum wajah dan bagaimana cara penggunaannya agar mendapatkan hasil optimal? Berikut simak penjelasan lengkapnya.


Manfaat serum wajah

Serum wajah diformulasi secara spesifik. Sehingga kandungan bahan aktif disesuaikan dengan keluhan pada kulit wajah yang ingin diatasi. Oleh karena itu, sebelum memilih serum mana dan dengan kandungan apa yang cocok buat kamu, ketahui bahan aktifnya serta manfaatnya untuk kulitmu.


Pada umumnya, serum wajah diformulasi berdasarkan keluhan pada kulit. Ini manfaat dari serum untuk kulit wajah.


1. Menenangkan kulit sensitif

Seperti yang telah dijelaskan di atas, serum merupakan salah satu skincare yang lebih ringan daripada pelembap. Dengan mudah bahan aktif yang diformulasi dalam serum diserap kulit sehingga kerap dianggap sebagai langkah ideal untuk menutrisi kulit wajah.


Bagi kamu dengan kulit sensitif, serum seringkali lebih baik untuk kulitmu. Menurut dokter kulit bersertifikat, Melanie Palm, jenis kulit yang rentan berjerawat dan berminyak, dapat memakai serum untuk mengatasi masalah tersebut.


2. Menghalau tanda-tanda penuaan

Serum dengan formulasi anti-penuaan, dapat memperlambat proses penuaan. Bahan yang digunakan pun teruji secara klinis sehingga konsumen mendapatkan hasil optimal. Tanda penuaan yang bisa diatasi dengan serum, antara lain garis-garis halus dan kerutan. Umumnya, serum anti-penuaan bermanfaat untuk semua jenis kulit. Nah, kamu yang memasuki usia 20-an, bisa memakai serum dengan bahan retinol, kafein, teh hijau, dan asam hialuronat.


Untuk pemilik kulit kering, dokter kulit Debra Jaliman menyarankan pemakaian dengan dosis lebih rendah dahulu. Tujuannya agar kulit beradaptasi pada awal pemakaian sebelum meningkatkan dosis sesuai anjuran secara bertahap.


3. Melindungi kulit dari radikal bebas

Manfaat serum wajah selanjutnya, ialah membantu melindungi kulit dari radikal bebas. Serum dengan manfaat ini, mengandung antioksidan yang membantu mencegah munculnya garis-garis halus dan tanda-tanda penuaan pada kulit. Terang Jaliman, radikal bebas dapat merusak sel-sel kulit.


Serum dengan antioksidan, umumnya diformulasikan untuk semua jenis kulit. Sebisa mungkin, pilih serum yang tidak mengandung bahan yang mengiritasi. Seperti wewangian, pewarna, dan sulfat. Bahan yang biasa terkandung dalam serum antioksidan, antara lain vitamin A, C, dan E, resveratrol, niacinamide, melatonin, dan L-Ascorbic acid.


Rekomendasi serum yang dapat menutrisi kulitmu, bisa kamu dapatkan di Diri. Sebelum mendapatkan formulasi serum yang tepat dengan keluhan pada kulitmu, kamu wajib konsultasi pada dokter berpengalaman terlebih dahulu. Kemudian, dokter akan memformulasikan serum sesuai kulit sehingga hasilnya optimal.

Buat kamu yang punya keluhan anti aging, Custom Anti-aging Serum mengandung vitamin C dan salmon DNA yang efektif membantu memudarkan kerutan dan mengecilkan pori-pori.


4. Melembapkan kulit wajah

Kalau serum yang melembapkan kulit, biasanya mengandung asam hialuronat, peptida, dan luminescine. Bahan aktif tersebut bisa dipakai pada semua jenis kulit, termasuk tipe kulit wajah yang berminyak. Nah, untuk menemukan yang tepat dan mendapatkan manfaat secara optimal, kamu perlu mengetahui bahwa ada berbagai produk serum dan bahan khusus yang digunakan. Artinya, pilih yang sesuai dengan tujuan yang ingin kamu dapatkan ya!


5. Mencerahkan kulit

Apakah kamu ingin membuat kulit terlihat lebih cerah dan fresh? Serum dengan kandungan tertentu juga bermanfaat dalam mencerahkan kulit lho. Di samping mengandung bahan yang kaya antioksidan, serum pencerah kulit juga berbahan utama vitamin C, asam glikolat, asam kojic, asam ferulic, ekstrak jamur, akar licorice, atau asam laktat.


Buat kamu yang ingin meratakan warna kulit atau menghilangkan bintik hitam, pilih serum yang diklaim dengan tujuan tersebut. Mau rekomendasi termutakhir dan proses perawatannya didampingi oleh tim ahli serta dokter berpengalaman? Kamu bisa memakai Custom Dark Spot Serum dari klinik Diri. Serum ini diformulasikan untuk melembapkan, mencerahkan warna kulit, meremajakan kulit, memudarkan flek, dan mencegah penuaan dini.


Setelah mengenal lima manfaat serum wajah, mana yang paling cocok untuk mengatasi keluhan pada kulitmu? Kalau ada salah satu dari yang dipaparkan di atas, ketahui kapan penggunaan serum wajah yang benar dan berapa lama mendapatkan hasil optimal setelah memakai serum dalam penjelasan berikutnya.


Kapan penggunaan serum wajah yang benar?

Serum wajah, paling baik dipakai ketika sebelum memakai skincare dengan tekstur lebih pekat seperti pelembap, tabir surya, dan makeup. Jadi, setelah mencuci wajah hingga bersih kamu bisa mengaplikasikan toner.


Apakah penggunaan serum wajah boleh digunakan setiap hari? Ini tergantung manfaat spesifik serum yang kamu pakai dan apa kandungannya. Untuk serum yang mengandung bahan aktif yang bersifat eksfoliatif, pada awal pemakaian pakai lebih jarang. Kenapa lebih jarang pada awal pemakaian, ini merupakan langkah antisipatif agar mengenali dulu respons kulit. Misalnya pakai seminggu dua kali, kemudian secara bertahap ikuti anjuran pemakaian.


Tetapi buat serum wajah anti-pigmentasi dan antioksidan, paling baik diaplikasikan setiap pagi hari. Sedangkan serum anti penuaan, paling cocok dipakai pada malam hari sejalan dengan ritme sirkadian tubuh untuk perbaikan kulit.


Berbeda dengan ketiga tipe serum di atas, untuk serum yang melembapkan perlu diaplikasikan dua kali sehari, yaitu pada malam dan pagi hari.


Berapa lama hasil dari pemakaian serum wajah?

Pada dasarnya, untuk mengatasi keluhan pada kulit tidak bisa didapatkan secara instan. Bahkan ketika awal memakai serum pun perlu penyesuaian dan mengidentifikasi respons dari kulit wajah. Di samping itu, hasil optimal juga bergantung pada formula dalam serum tersebut.


Setidaknya, manfaat serum wajah bisa diperoleh setelah pemakaian rutin selama 6-8 minggu. Sudah tahu serum mana yang bisa mengatasi keluhanmu? Semoga penjelasan di atas membantu memantapkan hati untuk memilih serum mana yang paling tepat ya!

 

Referensi:

https://www.healthline.com/health/benefits-of-face-serum

https://www.health.harvard.edu/blog/skin-serum-what-it-can-and-cant-do-2018061214029

https://www.today.com/style/what-serum-everything-know-about-face-serum-t149981

https://stylecaster.com/beauty/how-long-til-skin-care-products-work/

banner-artikel
Tag:
serum wajah
tips
tipe kulit
skin barrier
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.