GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

7 Manfaat Tomat untuk Wajah, Beneran Bisa Memutihkan Kulit?

Ditinjau oleh dr. Nila M-14 Nov 2022
manfaat tomat untuk wajah

Apa Saja Khasiat Tomat untuk Kulit?

Bila kamu ingin menjaga kesehatan kulit dari dalam, kamu bisa coba mengonsumsi buah tomat secara rutin. Dalam sebuah tomat ada banyak kandungan vitamin dan nutrisi yang penting untuk tubuh.


Kandungan nutrisi dan vitamin dalam satu biji tomat meliputi: vitamin A, vitamin B, vitamin K, potasium, magnesium, lycopene, dan masih banyak lagi. Semua kandungan tersebut bagus untuk menjaga imunitas, meningkatkan kesehatan mata, memenuhi nutrisi tulang, memperlancar aliran darah, menurunkan tekanan darah, serta menjaga kesehatan organ dalam seperti hati, otot, dan jantung.


Angka vitamin C, vitamin E, dan antioksidan dalam sebuah tomat juga tergolong sangat tinggi, sehingga bisa merawat kulit dan juga membantu meredakan berbagai masalah kulit. Berikut ini daftar permasalahan kulit yang dapat diredakan dengan tomat. Apa sajakah itu?


Wajah Berminyak

Tomat bisa jadi penyelamat bagi pemilik kulit berminyak ataupun acne prone. Sebab, tomat bisa menekan produksi sebum di kulit yang sering jadi dalang tumbuhnya jerawat dan komedo.

Berkat kandungan air yang tinggi pada tomat, buah ini bisa menyuplai kadar air yang diperlukan kulit dan menjadikan kulit lebih lembab. Oleh karena itulah kelenjar sebum jadi tidak terlalu aktif karena kelembaban kulit sudah terpenuhi.


Memberantas Sel Kulit Mati

Sering merasa risau dengan permukaan kulit yang kasar akibat sel kulit mati menumpuk? Tomat ternyata mampu meredakan keluhanmu yang satu ini. Kamu bisa gunakan tomat sebagai tools eksfoliasi untuk membersihkan pori-pori dari sebum, polusi, debu, dan sel kulit mati.

Lantas bagaimana cara menggunakan tomat sebagai eksfoliator alami pada wajah? Caranya sederhana, kamu hanya perlu memotong-motong tomat sampai setengah hancur. Kemudian, kamu bisa meletakkan irisan tomat itu ke area wajah yang bermasalah dan diamkan 10 menit. Setelah itu kamu bisa bilas wajahmu sampai bersih.


Menunda Penuaan

Biasanya orang-orang mulai memakai produk skincare berbahan retinol untuk menunda tanda-tanda penuaan di kulit. Sayangnya retinol sering menimbulkan efek samping karena mengandung senyawa yang terbilang cukup ‘keras’ untuk kulit.

Mengonsumsi tomat bisa kamu jadikan alternatif alami untuk menggantikan retinol. Kandungan vitamin B yang tinggi pada tomat bisa membantu regenerasi kulit lebih cepat, sehingga kemunculan tanda-tanda penuaan bisa melambat. Dengan begitu kulitmu bisa kelihatan segar dan awet muda.


Membantu Mengatasi Kerusakan Sel

Udara kotor yang penuh polusi mengandung banyak radikal bebas. Sel-sel di jaringan kulit pun bisa terancam oleh keberadaan radikal bebas ini karena bisa mempercepat penuaan sel. Permukaan kulit pun jadi cepat keriput, kusam, kendur, dan mulai muncul flek kehitaman.

Kamu bisa memerangi radikal bebas dengan rajin makan tomat. Vitamin C dan lycopene yang ada di dalam tomat berfungsi sebagai antioksidan yang tentunya bisa menangkal bahaya radikal bebas untuk jaringan sel kulitmu.


Memproduksi Kolagen

Selain meningkatkan imunitas dan menangkal radikal bebas, vitamin C juga punya manfaat lain sebagai stimulan produksi kolagen.

Ketika mengonsumsi vitamin C dalam jumlah tinggi seperti yang ada pada tomat, kamu akan merasakan kulit yang lebih kencang, kenyal, elastis, lembab, dan lembut sebagai tanda jika kulitmu sudah memproduksi banyak kolagen.


Melindungi Kulit dari Kemungkinan Kanker

Paparan sinar ultraviolet yang berasal dari matahari dapat memberikan efek buruk pada kulit, yakni memicu berkembangnya sel kanker atau melanoma. Untuk mencegahnya, kamu harus rajin memakai sunscreen setiap hari dengan minimal SPF 30.


Selain itu, mengonsumsi makanan yang punya kadar antioksidan tinggi juga bisa mencegah sel kanker berkembang di jaringan tubuh. Salah satu jenis antioksidan bernama lycopene ada pada tomat dengan kadar yang cukup tinggi, sehingga baik dikonsumsi setiap hari demi menjaga kesehatan jaringan dan organ tubuh.


Mengurangi Sunburn dan Meratakan Warna Kulit

Secara alami kulit akan mengalami hiperpigmentasi jika terkena sinar matahari terlalu lama, terlebih di bagian wajah yang kerap terpapar matahari. Tak jarang mengakibatkan warna kulit tidak merata dan sunburn. Jika tidak segera diatasi, jaringan kulit akan rusak dan cepat menua.


Meskipun tomat tidak bisa menggantikan fungsi sunscreen, tetapi tomat bisa meringankan efek sunburn dan meratakan warna kulit karena memiliki kandungan lycopene, vitamin E, dan vitamin C yang tinggi. Ketiganya ampuh mengembalikan kelembaban dan membantu kulit lebih tenang pasca terkena paparan ultraviolet yang menyakitkan.

Itu dia deretan manfaat tomat untuk wajah yang perlu kamu ketahui. Bagaimana? Apakah kamu jadi tertarik mengonsumsi tomat yang kaya gizi dan nutrisi? Mengkonsumsi tomat secara rutin memang baik untuk kesehatan, tetapi tomat tidak bisa jadi penanganan pertama pada masalah kulit. Lebih baik konsultasikan keluhan kulitmu pada dokter berpengalaman agar tak terjadi iritasi. Diricare menyediakan jasa konsultasi online gratis dan dapatkan rekomendasi produk dari dokter dengan harga terjangkau. Yuk, mulai konsultasi sekarang!



Sumber:

https://www.purplle.com/magazine/article/tomatoes-skin-benefits-and-its-uses 

https://www.femina.in/beauty/skin/benefits-of-tomato-on-face-199634.html 

https://www.healthline.com/health/tomato-benefits-for-skin#potential-benefits

Tag:
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.