GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Yuk, Kenali Manfaat dan Fungsi Tone Up Cream untuk Kulit Wajah

Tim Penulis Diri-27 Jun 2023
manfaat tone up cream

Merawat kulit wajah dilakukan untuk tampil cantik paripurna. Kalau kamu membutuhkan perawatan mengatasi hiperpigmentasi, ada sejumlah skincare yang bisa membantumu. Salah satunya ialah tone up cream. Untuk mengenal jenis skincare ini secara komplit, cek penjelasan berikut yuk.



Apa itu tone up cream?

Banyak produk skincare yang terinspirasi dari K-beauty. Kamu tentu cukup familiar dengan BB cream dan CC cream. Termasuk tone up cream yang merupakan salah satu teknologi kecantikan populer di Korea.


Tone up cream pada dasarnya adalah produk skincare yang bermanfaat mencerahkan kulit. Bentuknya losion, serum, tetapi paling umum krim. Karena teknologi dan inovasi berkembang, manfaat tone up cream tak hanya mencerahkan kulit wajah saja.


Manfaat tone up cream

Seperti halnya skincare pada umumnya, tone up cream punya manfaat khusus. Tergantung formula yang dipakai produsen skincare. Namun pada dasarnya, tone up cream memiliki daftar manfaat berikut ini.


1. Mencerahkan kulit

Ada berbagai skincare yang diklaim dapat mencerahkan kulit. Mulai dari serum, krim malam, hingga sunscreen yang mencegah warna kulit lebih gelap karena paparan cahaya matahari. Disebut tone up, karena krim ini bermanfaat mencerahkan warna kulit. Biasanya di dalamnya mengandung formula pencerah kulit. Nah, tone up cream umumnya mengandung niacinamide dan ekstrak buah.


Menurut dokter kulit, Alok Vij, MD., niacinamide adalah bahan yang ditemukan pada banyak produk perawatan kulit untuk mencerahkan, mencegah tanda penuaan, mengobati eksim dan jerawat. Bahan aktif ini merupakan salah satu dari delapan vitamin B. Secara alami, tubuh memproduksinya tetapi niacinamide disetujui dermatologis untuk penggunaan topikal. Hasil penelitian menunjukkan, kandungan 5 persen niacinamide dapat efektif membantu menyamarkan flek hitam.


2. Menyamarkan bintik hitam pada kulit

Banyak faktor yang menyebabkan warna kulit tak rata. Pertama, karena tanda penuaan yang bisa juga dibentuk tumpukan sel kulit mati. Kedua, bekas jaringan parut karena luka jerawat, dan ketiga karena tak memakai sunscreen sehingga terpapar langsung sinar UV dari matahari.


Bintik hitam dapat dipudarkan dengan berbagai perawatan. Misalnya dengan rutin eksfoliasi meski tak boleh terlalu sering. Menghilangkan bintik hitam juga termasuk manfaat tone up cream lho. Artinya, skincare jenis ini bisa jadi pilihan alternatif dalam mengatasi hiperpigmentasi atau warna kulit wajah tak rata.


3. Mengecilkan pori-pori kulit

Pori-pori kulit yang terlihat jelas, umumnya dimiliki tipe kulit berminyak. Tak perlu khawatir apabila kamu memilikinya. Karena tone up cream bermanfaat dalam mengecilkan pori-pori.

Tone up cream mengandung bahan aktif yang diformulasi untuk menyempurnakan tekstur kulit. Termasuk juga mengencangkan dan mengecilkan pori-pori.


4. Melembapkan kulit

Selain mencerahkan, mengecilkan pori-pori, dan membantu warna kulit lebih merata, tone up cream juga bermanfaat melembapkan kulit. Terdapat berbagai jenis tone up, diantaranya untuk krim mata yang menyembunyikan mata panda. Jenis skincare lain yang termasuk tone up cream bisa untuk primer, tabir surya, dan alas bedak.


5. Cocok untuk kulit berminyak

Bagi kamu yang memiliki tipe kulit berminyak, tentu punya skincare dengan formula khusus untuk mengatasi produksi sebum berlebih. Sebagai tips, kamu perlu memilih skincare tekstur krim yang ringan seperti tone up cream. Dengan memakai krim konsistensi ringan, pori-pori tak menyumbat pori-pori yang menyebabkan jerawat. Selain juga mengurangi kulit berkilau saat cuaca panas.


Itulah manfaat tone up cream yang perlu kamu ketahui. Sebelum memilihnya, ada baiknya kamu mendapatkan rekomendasi skincare terbaik dari ahlinya. Untuk mendapatkan rekomendasi mudah kok. Kamu bisa klik di sini, karena di Klinik Diri perawatan kulit akan ditemani dokter berpengalaman dan formula skincare disesuaikan dengan kondisi kulitmu. Selanjutnya, cek bagaimana tone up cream dapat berfungsi dengan baik pada setiap tipe kulit termasuk boleh atau tidak dipakai oleh tipe kulit sensitif.


Fungsi tone up cream

Fungsi dari tone up cream sejalan dengan klaim manfaatnya. Namun, perlu dipahami bahwa hasil pemakaian tone up cream tidak permanen. Ini berarti kamu perlu memakainya secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal. Apabila berhenti memakainya dan tidak mengikuti anjuran dokter ahli dalam merawat serta melindungi kulit harian, maka upaya memakai skincare tak akan maksimal.


Pada prinsipnya, fungsi tone up cream adalah mencerahkan, meratakan warna kulit, dan melembapkan. Tone up cream merupakan produk dengan berbagai bentuk. Seperti telah dijelaskan di atas, bentuknya bisa cream dan primer. Bisa juga krim yang melembapkan dan mengklaim produknya sebagai tone up skin color.


Anjuran memakai tone up cream, digunakan sebelum mengaplikasikan alas bedak. Krimnya berwarna putih dan dapat digunakan sebagai pengganti pelembap. Nah kalau bentuk tone up cream untuk primer ini, juga menawarkan koreksi warna kulit yang dipakai sebelum memakai makeup.


Apa perbedaan tone up cream dan moisturizer?

Kedua jenis skincare ini jauh berbeda. Moisturizer atau pelembap, dipakai segera setelah kamu mencuci muka. Tujuannya untuk mengunci kelembapan kulit. Dipakai pula sebelum kamu memakai sunscreen untuk mengurangi penguapan kelembapan kulit setelah terpapar matahari.


Tone up cream mungkin mengandung formula yang melembapkan kulit. Tetapi disarankan untuk memakai urutan skincare dengan tepat agar tak berisiko buruk pada kulit. Nah, urutan yang tepat, pakai segera pelembapmu setelah kulit bersih. Kemudian kamu bisa mengaplikasikan primer tone up cream sebelum disusul mengenakan BB cream untuk tampilan natural atau alas bedak.


Melalui penjelasan tentang moisturizer dan tone up cream di atas, berarti moisturizer tidak berfungsi sebagai mengoreksi warna kulit atau mencerahkan kecuali hanya melembapkan saja. Sedangkan tone up cream produk tertentu memformulasikan kandungan pelembap untuk mendapatkan kulit kencang dan segar.


Sudah tahu ‘kan apa itu tone up cream dan fungsi beserta manfaatnya? Buat kamu yang ingin tampil menawan tanpa membuat kulit wajahmu rentan bermasalah, ada baiknya konsultasikan setiap skincare yang akan diaplikasikan pada kulit. Rekomendasinya, kamu bisa dapatkan di Klinik Diri untuk treatment planning berkelanjutan ditemani dokter berpengalaman dan tim klinis profesional.

 

Sumber:

https://beautyinsider.sg/best-tone-up-creams-in-singapore/

https://www.cosmo.ph/beauty/skin/tone-up-cream-uses-benefits-a983-20190715

http://www.projectvanity.com/projectvanity/tone-up

banner-artikel
Tag:
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.