GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Benarkah Vitamin E Penting untuk Kesehatan Kulit? Simak Faktanya di Sini!

Ditinjau oleh dr. Sarafina-27 Okt 2022
manfaat vitamin E

Supaya bisa bekerja dengan baik, tubuh memerlukan nutrisi berupa vitamin dan mineral. Setiap nutrisi punya perannya masing-masing bagi tubuh. Salah satunya adalah vitamin E yang terkenal untuk menjaga kesehatan kulit dan kaya antioksidan. Nah, apa saja manfaat vitamin E untuk kulit? Yuk, simak ulasan artikel berikut ini.



Apa Itu Vitamin E?

Vitamin E adalah nutrisi yang bersifat anti-inflamasi dan bisa larut dalam lemak. Vitamin ini membantu mempertebal sistem imun, meningkatkan fungsi sel, serta ampuh menjaga kesehatan kulit.

Di samping itu vitamin E punya fungsi antioksidan sehingga efektif menangkal efek radikal bebas yang berasal dari polusi dan radikal bebas. Vitamin E juga dapat menjaga jaringan kulit dari kerusakan akibat jahatnya sinar UV.


Selain bisa menjaga kesehatan kulit luar, vitamin E juga punya peran penting mengobati penyakit dermatitis atopik, penyakit alzheimer, penyakit hati berlemak, memperlebar pembuluh darah, dan menurunkan risiko pembekuan darah.


Meski begitu, vitamin E dapat berkurang akibat paparan sinar UV dan penuaan. Namun, vitamin E dapat dengan mudah didapatkan di buah-buahan, sayur-mayur, kacang-kacangan, suplemen, sinar matahari, hingga obat topikal.


Kebaikan Vitamin E

National Library of Medicine melakukan penelitian di tahun 2016 untuk membuktikan efek vitamin E pada kulit. Isi penelitian itu menyebutkan vitamin E efektif melembutkan kulit, membantu mengatasi penuaan dini, dan memberikan hidrasi tambahan pada kulit yang kering. Berkat manfaatnya itulah vitamin E sering dimasukkan ke dalam komposisi utama krim pelembab dan produk skincare lainnya. Vitamin E juga dapat melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari dengan menyerap sinar UV B dan mengurangi dampak inflamasi kulit. Sayangnya vitamin E tidak bisa menangkal UV A yang memiliki gelombang lebih panjang dan dapat merusak jaringan kulit lebih parah.


Dari Mana Mendapatkan Asupan Vitamin E?

Vitamin E cenderung mudah diperoleh karena dapat ditemui di berbagai makanan yang kamu makan sehari-hari. Contohnya akan dipaparkan di bawah ini:


  1. Sayur: brokoli, bayam, dan sebagian besar sayuran warna hijau.
  2. Kacang-kacangan, biji bunga matahari, hazelnut, dan almond.
  3. Makanan laut: kerang abalon, salmon, ikan.
  4. Minyak sayur: minyak bunga matahari, bibit gandum, dan minyak safflower.
  5. Makanan proses: mentega, sereal, dan jus.


Seiring perkembangan teknologi, saat ini sudah terdapat senyawa sintetis bernama di-alpha-tocopherol yang punya fungsi dan kandungan sama seperti vitamin E alami. Para ahli banyak menyarankan penggunaan vitamin E dibarengi dengan vitamin C supaya manfaatnya bisa maksimal. Tapi yang perlu diperhatikan asupan vitamin E bisa berbeda-beda tergantung usia dan kondisi tubuh. Sesuai saran dari National Institute of Health, wanita menyusui membutuhkan vitamin E sebanyak 19 miligram.


Lalu, orang yang punya penyakit cystic fibrosis juga disarankan untuk mengonsumsi banyak vitamin E agar masalah pencernaan membaik. Sedangkan bayi, balita, dan anak-anak masih belum memerlukan asupan vitamin E yang terlalu banyak.


Macam-Macam Manfaat Vitamin E untuk Kulit

Setelah mengetahui berbagai fakta tentang vitamin E, berikut ini deretan manfaat vitamin E yang bisa kamu dapatkan untuk merawat dan menjaga kesehatan kulitmu.


Melembabkan Kulit

Vitamin E secara natural memang dapat memberikan hidrasi pada kulit sehingga dapat mengatasi masalah kulit kering, bersisik, pecah-pecah, dan iritasi.


Mempercepat Penyembuhan Luka

Peneliti dari National Library of Medicine menyatakan vitamin E bisa mempercepat proses penyembuhan luka serta memudarkan bekas luka.


Mencegah Kanker

Sebuah penelitian tahun 2013 menemukan bukti bahwa kondisi penderita kanker jadi semakin membaik setelah mengonsumsi suplemen vitamin E. Berkat meminum suplemen tersebut, laju pertumbuhan kanker melambat sehingga dinilai dapat mencegah kanker.


Mengurangi Gatal

Permasalahan umum kulit seperti alergi dan infeksi yang membuat kulit jadi terasa gatal dapat diatasi dengan memakai vitamin E secara topikal. Berkat efek melembabkan yang dihasilkan oleh vitamin E itulah yang dapat mengurangi sensasi gatal.


Eczema

Vitamin E yang dikonsumsi secara oral terbukti mampu menyembuhkan penyakit kulit eczema dan memulihkan kondisi kulit seperti semula.


Psoriasis

PubMed Central mempublikasikan sebuah studi yang membuktikan bahwa vitamin C dapat mengurangi gejala psoriasis sehingga penyakit kulit tersebut tingkat keparahannya tidak bertambah.


Meredakan Sunburn

Kulit yang memerah dan perih akibat terbakar matahari bisa disembuhkan dengan vitamin E yang berbentuk obat topikal. Krim tersebut akan bekerja menenangkan kulit, mengembalikan tekstur kulit, dan memulihkan kondisi kulit yang rusak karena sunburn.


Itulah ulasan singkat tentang manfaat vitamin E untuk kulit. Tetap rawat kesehatan dan kilau cantik kulitmu dengan melakukan perawatan di klinik terpercaya. Kamu bisa mulai konsultasi gratis secara daring bersama dokter berpengalaman. Lalu dapatkan skincare custom yang disesuaikan dengan keluhan dan kondisi kulitmu. Yuk, mulai konsultasi di sini!




Sumber:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/318168#Risks-and-considerations

https://www.healthline.com/health/vitamin-e-for-skin#usage

https://health.clevelandclinic.org/vitamin-e-for-skin-health/


Tag:
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.