GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Enggak Harus Lebih Putih, Begini 7 Cara Menghilangkan Belang di Wajah

Ditinjau oleh: dr. Flora F.-06 Jun 2023
menghilangkan belang wajah

Setiap orang memiliki pigmen berbeda-beda yang membentuk warna kulit. Ada yang lebih light, tak sedikit pula yang berkulit tan. Tetapi ketika warna kulitmu enggak merata, muncullah kendala untuk penampilanmu. Apakah kamu pernah mengalami kulit wajah belang? Kalau pernah, simak cara menghilangkan belang di wajah dalam ulasan ini. Warna kulit wajah tidak merata bukan hanya disebabkan hal sederhana. Sejumlah faktor mungkin memicunya, seperti terpapar panas matahari, bekas jerawat, bekas luka, hingga flek tanda penuaan. selain itu, kondisi hormon dan kesehatan juga memengaruhi tekstur serta warna kulit Anda. Nah, untuk membuat warna kulit wajah merata kembali, kamu bisa mengikuti cara di bawah ini. Mau cara alami menghilangkan belang di wajah? Cek penjelasan lengkapnya.


1. Lakukan eksfoliasi secara teratur

Warna kulit ialah tentang bagaimana cahaya mengenainya. Ketika kulit memantulkan cahaya, artinya akan terlihat lebih cerah dan bintik-bintik gelap tidak terlihat jelas. Menurut rekomendasi dokter kulit yang berbasis di New York, Neal Schultz, MD., langkah pertama untuk mendapatkan warna kulit merata adalah dengan memiliki tekstur kulit yang halus. Baik dengan mengangkat sel kulit mati dan menyamarkan garis-garis halus yang bisa dilakukan dengan rutin eksfoliasi. Banyak ahli yang setuju bahwa pengelupasan kimiawi lebih efektif. Anda bisa menggunakan skincare diformulasikan untuk mengelupas sel-sel kulit mati dan mendorong produksi kolagen. Tetapi apabila lebih menyukai cara alami menghilangkan belang di wajah, kamu bisa membuat racikan scrub dari campuran butiran gula dan madu.


2. Menggunakan tabir surya

Sering kali, kulit belang karena paparan matahari hanya bisa diatasi dengan memberikan perlindungan ekstra. Perlindungan tersebut di antaranya memakai topi bertepi lebar ketika beraktivitas di luar ruangan, terutama pada siang hari. Selain itu, jangan pernah mengabaikan keampuhan tabir surya dengan SPF yang mampu melindungi kulit dari belang. Mau rekomendasi sunscreen yang ampuh menghilangkan belang di wajah dengan segala tipe kulit? Tabir surya dengan niacinamide atau Custom Sunscreen dari klinik Diri diformulasikan khusus oleh tim ahli dan dokter kulit berpengalaman. Selain niacinamide yang membantu mencerahkan kulit wajah, kandungan SPF dapat memantulkan sinar UV hingga tak sempat mengubah warna kulit lebih gelap.


3. Cukup terhidrasi dan konsumsi makanan tinggi vitamin C

Kalau krim pelembap membantu melembapkan kulit dari permukaan. Sedangkan cukup terhidrasi dapat mendukung kelembapan kulit dari dalam. Cara menghilangkan belang di wajah, tidak hanya dengan memberi perawatan pada permukaan kulit. Tetapi juga perlu menjaga asupan yang mendukung kulit wajah sehat. Makanan yang mengandung vitamin C bersifat antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan, termasuk kerusakan jaringan sehingga warna kulit belang. Untuk menyerap manfaat vitamin C, Anda dapat mengonsumsi jeruk, jambu biji, buah kiwi, dan stroberi. Kalau vitamin C yang diaplikasikan secara topikal, atau dioleskan pada permukaan kulit, kamu bisa memakai Custom Face Serum. Serum ini mengandung vitamin C yang dapat menstimulasi produksi kolagen sehingga membuat tekstur kulit kencang dan halus.


4. Menghindari makanan dan minuman tertentu

Beberapa makanan dan minuman dapat menyebabkan kulit memerah, kering, dan keriput. Untuk menjaga kulitmu tetap cerah, wajib menghindari makanan mengandung gula, berminyak, dan diproses dengan rumit. Sedangkan makanan atau minuman berbahan susu, perlu dibatasi untuk dikonsumsi. Alih-alih mengonsumsi makanan dan minuman yang memicu munculnya flek hitam dan bintik-bintik penuaan, lebih baik konsumsi makanan segar yang tinggi mengandung antioksidan.


5. Mencoba perawatan medis

Perawatan medis profesional dapat membantu meratakan warna kulit. Cara menghilangkan belang di wajah dengan terapi laser misalnya, perlu ditangani secara medis. Terapi laser menggunakan seberkas cahaya untuk menghilangkan hiperpigmentasi. Efektivitas cara ini, juga dibuktikan dalam sejumlah penelitian. Hasilnya pun bertahan lama, tetapi tentu tidak menghabiskan dana yang sedikit untuk menjalani terapi yang dilakukan dalam beberapa sesi. Selain dengan terapi laser, mikrodermabrasi juga ditangani secara profesional. Perawatan pengelupasan ini, menggunakan partikel kecil untuk mengangkat sel kulit mati. Mikrodermabrasi dilakukan untuk kasus hiperpigmentasi ringan.


6. Konsultasikan pada dokter dan tim ahli

Banyak sekali produk skincare yang mengklaim dapat membantu menghilangkan belang di wajah. Termasuk jenis produk berbentuk sunscreen, sabun muka, toner, pelembap, hingga serum. Bahan yang umumnya diformulasikan dalam skincare yang menghilangkan belang, antara lain retinol, niacinamide, asam glikolat, dan asam salisilat. Hampir semua bahan tersebut bersifat eksfoliatif, atau mengangkat sel kulit mati dan membantu meregenerasi sel kulit baru.


Sebelum mengaplikasikan skincare yang dipilih, kamu wajib berkonsultasi pada dokter kulit agar mendapatkan hasil optimal. Tahu ‘kan kalau setiap kondisi kulit tidak selalu cocok menggunakan bahan-bahan eksfoliasi? Terlebih dosis bahan aktif tersebut diformulasikan untuk jenis kulit secara umum. Melalui cara menghilangkan belang di wajah yang telah diulas di atas, adakah yang sedang kamu jalani saat ini? Penting untuk kamu lakukan, evaluasi setiap skincare yang kamu pakai terutama yang bertujuan untuk meratakan warna kulit. Kalau skincare yang kamu pakai enggak bekerja optimal, saatnya memilih yang terpercaya dari tim ahli dan dokter berpengalaman di klinik Diri


Referensi:

https://www.byrdie.com/how-to-even-your-skin-tone-4686870

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-even-skin#natural-products

https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-even-skin-tone

banner-artikel
Tag:
kusam
cerah
glowing
skincare
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.