GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Cara Mudah Mencerahkan Kulit Ketiak Secara Alami dan Aman

Ditinjau oleh: dr. Elita M.-24 Agt 2022
Mencerahkan Kulit Ketiak Secara Alami Diricare

Tidak sedikit orang mengalami keluhan kulit ketiak yang gelap sehingga kurang percaya diri. Mereka yang memiliki keluhan ketiak gelap pun memilih mengenakan baju lengan panjang demi menutupi ketiak gelapnya. Ada segelintir orang yang rela menggelontorkan biaya besar untuk mencerahkan ketiaknya. Namun sebagian orang lagi mencari cara mencerahkan kulit ketiak secara alami.


Artikel ini akan membahas langkah-langkah mengatasi kulit ketiak gelap secara alami dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Selain itu, kamu juga perlu tahu penyebab kulit ketiak jadi menghitam agar proses mencerahkan ketiak lebih efektif lagi.


Penyebab Kulit Ketiak Jadi Menghitam

Secara alami kulit yang ada pada bagian lipatan tubuh seperti lutut dan ketiak memang berwarna lebih gelap daripada kulit di bagian tubuh lain. Akan tetapi, ternyata ada faktor lain yang menyebabkan kulit ketiak jadi tambah menggelap. Apa saja?


1.  Iritasi

Kulit ketiak memang cenderung lebih sensitif sehingga sangat mudah bereaksi, terutama bila bersentuhan langsung dengan bahan kimia.


Bagi orang yang memiliki hipersensivitas terhadap bahan kimia dalam kandungan deodorant dan antiperspirants mungkin akan mengalami iritasi di kulit ketiak. Adanya iritasi tersebut bisa membuat kulit ketiak jadi menghitam.


2.  Mencukur

Bulu halus yang tumbuh di ketiak kerap mengganggu penampilan. Selain itu, bulu halus yang tumbuh terlalu lebat di ketiak bisa menyebabkan tumbuhnya bakteri dan menyebabkan bau badan.


Alasan itulah yang membuat banyak orang rajin mencukur bulu halus di ketiaknya. Namun, jika tidak menggunakan pisau cukur yang bersih dan tajam, bisa membuat kulit ketiak iritasi sehingga warnanya pun menggelap.


3.  Menumpuknya Sel Kulit Mati

Jaringan kulit yang sehat dan berfungsi normal pasti melakukan proses regenerasi. Membuang sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit baru.


Sel kulit mati yang menumpuk hanya akan membuat ketiak terasa kasar dan warnanya menghitam. Untuk itu setidaknya harus rajin melakukan eksfoliasi satu minggu sekali agar kulit ketiak bersih dari tumpukan sel kulit mati.


4.  Memakai Baju Ketat

Banyak orang yang tidak sadar dengan kebiasaan memakai baju ketat ternyata juga bisa membuat ketiak jadi hitam. Mengapa begitu? Pakaian ketat memperbesar frekuensi gesekan antara pakaian dan kulit ketiak, sehingga kulit ketiak lama-kelamaan akan menggelap.


Di samping itu, memakai pakaian ketat juga menghambat aliran keringat yang keluar dari pori-pori. Tumpukan keringat yang terhambat tersebut akan menumpuk dan berpengaruh besar pada perubahan warna kulit ketiak jadi lebih gelap dari sebelumnya.


5.  Hiperpigmentasi

Kulit ketiak juga bisa menghitam karena terjadi produksi sel melanin berlebih atau hiperpigmentasi. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Mulai dari kulit ketiak yang pernah terjadi iritasi, hingga hiperpigmentasi yang muncul karena ketidakstabilan hormon seperti yang kerap terjadi pada ibu hamil.


Hiperpigmentasi di kulit ketiak juga bisa muncul karena indikasi suatu penyakit, contohnya penyakit obesitas, diabetes, dan erythrasma atau penyakit akibat infeksi dari bakteri.


Cara Mencerahkan Kulit Ketiak Secara Alami

Setelah mengetahui faktor-faktor penyebab ketiak menghitam, berikut langkah-langkah untuk mencerahkan kulit ketiak secara alami dan relatif aman.  


1. Mengganti Produk Deodoran dan Antiperspirant

Jika masalah kulit ketiak menghitam bersumber dari produk deodorant dan antiperspirant, maka gantilah dengan produk deodoran yang tidak mengandung bahan-bahan iritan.


Sebelum membeli produk deodorant, selalu periksa komposisinya, pastikan tidak mengandung alkohol dan wewangian. Selain itu pilih juga deodorant yang tidak menyumbat keringat.


Kamu juga bisa mengganti produk deodoranmu dengan bahan-bahan alami yang lebih aman. Alternatif yang bisa kamu coba adalah air tawas.


Lalu, penggunaan coconut oil, minyak zaitun, baking soda, dan cuka apel juga bisa mencerahkan ketiak. Caranya oleskan produk alami tersebut pada ketiak, diamkan selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air bersih.


2. Berhenti Mencukur

Memangkas bulu halus di ketiak dengan mencukurnya dengan pisau cukur memang pilihan paling mudah dan murah. Meski begitu, mencukur menggunakan pisau cukur berisiko terjadi luka dan iritasi pada kulit ketiak dan membuat kulit ketiak jadi hitam.


Alternatifnya, ganti kebiasaan mencukur dengan mencoba metode waxing atau bisa juga mencukur dengan sinar laser yang lebih efektif, aman, tanpa membuat ketiak tambah menggelap.


3. Rutin Eksfoliasi

Banyak orang tidak menyadari banyaknya tumpukan sel kulit mati di kulit ketiak bisa membuat kulit ketiak jadi tambah gelap. Maka dari itu, jadwalkan untuk melakukan eksfoliasi minimal satu minggu sekali.


Jenis eksfoliasi yang kamu gunakan bisa berupa body scrub, hand glove scrub, exfoliating towel. Bahkan kamu bisa manfaatkan produk skincare. Banyak yang menggunakan exfoliating toner karena dinilai efektif mencerahkan ketiak di dalamnya sebab mengandung bahan eksfoliasi seperti AHA.


4. Berhenti Merokok

Merokok merupakan kebiasaan yang berdampak buruk pada kesehatan. Salah satunya adalah kesehatan kulit. Zat-zat yang ada di dalam rokok bisa menyebabkan tampilan kulit jadi lebih kusam dan menggelap, termasuk pada kulit ketiak.


Istilah dari fenomena ini adalah smoker’s melanosis atau terjadi produksi melanin berlebih pada kulit akibat menghisap rokok. Maka, hentikan kebiasaan merokok demi mendapatkan kulit ketiak yang lebih cerah.


5. Memakai Pakaian Longgar

Pemakaian baju ketat juga merupakan kebiasaan yang bisa menggelapkan kulit ketiak tapi banyak orang yang tidak menyadarinya.


Jika kamu punya kebiasaan mengenakan pakaian pas badan, segera ganti kebiasaanmu dengan sering-sering mengenakan pakaian yang lebih longgar. Selain bisa mengurangi kemungkinan gesekan di kulit ketiak, kebiasaan memakai baju longgar juga lebih menyehatkan karena sirkulasi pori-pori pada kulit tidak terganggu.


Itulah cara mencerahkan kulit ketiak dengan alami yang mudah, aman, dan bisa kamu lakukan di rumah. Jaringan kulit yang ada pada lipatan lengan memiliki sensivitas lebih tinggi daripada jaringan kulit di bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu, ketika melakukan perawatan pada kulit ketiak harus ekstra hati-hati jika tidak ingin terjadi iritasi.


Bila kamu memiliki keluhan pada kulit, jangan ragu-ragu konsultasi pada dokter ahli. Diricare menyediakan jasa konsultasi kulit gratis pada dokter yang sudah berpengalaman di bidangnya. Setelah melakukan konsultasi, dokter akan merekomendasikan produk perawatan kulit sesuai kondisi kulitmu. Yuk, konsultasikan segera!


Referensi:

https://www.healthline.com/health/underarm-lightening#lifestyle-changes

https://www.byrdie.com/how-to-lighten-underarms-5081468

https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/beauty/underarm-skin-care-home-remedies-to-lighten-dark-underarms/articleshow/88322300.cms

Tag:
mencerahkan ketiak
ketiak gelap
ketiak
skincare
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.