GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

15 Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat yang Mudah dan Efektif

Ditinjau oleh dr. Winda-10 Agt 2023
menghilangkan jerawat di muka

Sedang mengalami bruntusan di jidat? Bruntusan adalah kondisi kulit yang terdapat bintik-bintik kecil dan jika diraba terasa kasar dan tidak rata. Selain memberikan rasa tidak nyaman, bruntusan juga bisa menimbulkan sensasi gatal.


Bruntusan biasanya disebabkan oleh sebum berlebih, penumpukan sel kulit mati, atau faktor lain yang mempengaruhi keseimbangan kulit. Namun, jangan khawatir, ada berbagai cara yang dapat kamu coba untuk menghilangkan bruntusan di jidat dan mendapatkan kulit yang bersih dan sehat. Yuk, kita bahas beberapa metode efektif dan bahan alami yang dapat membantu membersihkan bruntusan di jidat berikut ini.


1. Tea Tree Oil

Tea tree oil memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dapat membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi peradangan. Campurkan beberapa tetes tea tree oil dengan air, lalu aplikasikan pada jidat menggunakan kapas. Hindari penggunaan yang berlebihan karena bisa menyebabkan iritasi. Pastikan area jidat sudah dibersihkan terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan racikan tea tree oil.


2. Lidah Buaya

Gel lidah buaya memiliki sifat penyembuhan dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi bruntusan. Sensasi dingin dan kandungan vitamin E pada lidah buaya juga bagus sebagai antioksidan dan mampu meredakan iritasi yang disebabkan oleh bruntusan. Ambil gel segar dari daun lidah buaya dan oleskan pada jidat. Biarkan selama 15-20 menit hingga lidah buaya agak mengering, lalu bilas dengan air hangat. Kamu juga bisa menggunakan ekstrak lidah buaya yang banyak dijual di pasaran, namun tanpa adanya kandungan alkohol.


3. Madu

Madu memiliki sifat antimikroba dan antioksidan yang dapat membantu membersihkan dan menghidrasi kulit. Madu juga mengandung antibakteri yang mampu meredakan bruntusan yang meradang di jidat. Selain itu, madu juga mampu menuntaskan masalah kulit wajah lainnya seperti jerawat, kulit kering, dan kulit kusam. Cara menggunakannya sangat mudah, oleskan madu organik kecil pada bruntusan di jidat dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Pilih madu yang asli, alami, dan tidak mengandung perasa.


4. Yogurt

Yogurt mengandung asam laktat alami yang membantu mengelupaskan sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. Oleskan yogurt alami tanpa pemanis atau pewarna langsung ke jidat dan biarkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.


5. Cuka Apel

Cuka apel mengandung asam alami yang membantu mengontrol produksi minyak kulit dan membersihkan pori-pori. Manfaat dari cuka apel dapat membantu mengendalikan bakteri penyebab jerawat sekaligus mengurangi tampilan bruntusan. Cara menggunakannya adalah dengan melarutkan satu sendok cuka apel dengan tiga sendok air, dan gunakan kapas untuk mengoleskannya pada jidat yang telah dibersihkan. Biarkan selama 5-10 menit, lalu bilas dengan air bersih. Untuk kulit sensitif, kamu bisa menambahkan lebih banyak air dalam larutannya.


6. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba dan melembabkan yang dapat membantu membersihkan dan merawat kulit. Oleskan sedikit minyak kelapa pada jidat dan pijat dengan lembut. Biarkan selama beberapa jam atau semalam sebelum dibilas dengan air hangat.


7. Lemon

Lemon kaya akan vitamin C yang membuatnya ampuh mengatasi masalah bruntusan dan juga mencerahkan kulit. Untuk mengaplikasikannya, campurkan air perasan lemon dengan putih telur dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah mengering, bilas hingga bersih menggunakan air hangat. Namun, menghilangkan bruntusan di jidat menggunakan lemon kurang dianjurkan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif karena kandungan asam pada lemon yang cukup tinggi.


8. Masker Tomat

Tomat memiliki khasiat untuk mengatasi permasalahan pada kulit wajah, termasuk bruntusan. Kandungan vitamin S dan C pada tomat sangat baik untuk kecantikan kulit dan wajah, serta meredakan bruntusan. Cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan tomat terlebih dahulu dan campurkan dengan madu. Kemudian, aplikasikan pada jidat dan diamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas hingga bersih. Selain menggunakan bahan-bahan alami, kamu juga perlu melakukan beberapa cara di bawah ini untuk menghilangkan bruntusan di jidat.


9. Membersihkan Wajah secara Teratur

Bersihkan wajah kamu dua kali sehari dengan pembersih wajah yang lembut. Selain itu, pastikan kamu memilih pembersih yang cocok untuk jenis kulit. Usahakan untuk tidak menggosok kulit secara kasar, karena hal itu dapat menyebabkan iritasi.


10. Menggunakan Eksfoliasi

Gunakan eksfoliator yang lembut satu atau dua kali seminggu untuk mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Pilihlah produk eksfoliasi yang mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat atau asam glikolat, yang dapat membantu membersihkan pori-pori.


11. Menjaga Kebersihan Rambut

Jidat adalah area wajah yang sering terkena minyak dan produk perawatan rambut. Maka dari itu, pastikan kamu menjaga kebersihan rambut dan menghindari menggunakan produk rambut berminyak yang dapat menyebabkan minyak menempel di jidat.


12. Hindari Menyentuh Wajah Terlalu Sering

Tangan kita seringkali menyentuh benda yang terkena bakteri atau kuman. Untuk itu, hindari menyentuh wajah secara berlebihan, karena dapat memindahkan kotoran dan minyak dari tangan ke wajah, yang dapat memperburuk kondisi bruntusan. Pastikan tangan kamu sudah dicuci bersih sebelum menyentuh area wajah.


13. Gunakan Pelembab yang Sesuai

Rutin menggunakan pelembab yang ringan dan tidak berminyak dapat membantu menjaga kelembaban kulit tanpa menyebabkan penumpukan minyak yang berlebihan.


14. Hindari Produk Kosmetik Berat

Jika memungkinkan, hindari penggunaan produk kosmetik yang berat atau mengandung bahan-bahan berminyak. Gunakan produk kosmetik yang non komedogenik yang tidak akan menyumbat pori-pori. Setelah menggunakan kosmetik, pastikan untuk membersihkannya secara menyeluruh agar tidak ada kotoran yang tersisa.


15. Konsultasikan dengan Dokter Kulit

Apabila bruntusan di jidat tidak kunjung membaik atau semakin parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit atau ahli kecantikan. Mereka dapat memberikan penanganan yang lebih spesifik, seperti perawatan topikal atau resep obat yang sesuai.


Untuk masalah bruntusan atau kulit lainnya, kamu bisa langsung berkonsultasi dengan dokter terpercaya dan berpengalaman di Klinik Diri.


 Sumber:

https://realfood.co.id/artikel/cara-menghilangkan-bruntusan-di-jidat-yang-alami-dan-efektif

https://primayahospital.com/kulit-dan-kelamin/cara-menghilangkan-bruntusan-di-jidat/



banner-artikel
Tag:
jerawat
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.