GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Kenali 6 Penyebab dan Cara Menghilangkan Mata Panda secara Alami

Ditinjau oleh dr. Flora-05 Jul 2023
Penyebab dan Cara Menghilangkan Mata Panda Diricare

Lingkaran hitam di bawah mata merupakan masalah yang kerap dikeluhkan setelah menghabiskan malam-malam kurang tidur. Mungkin bukan hal besar yang mengganggu penampilan, tetapi paling sering mengundang komentar dari orang terdekat Anda. Kulit area bawah mata yang berwarna lebih gelap atau disebut mata panda bisa dialami oleh orang segala usia. Apakah Anda pernah mengalaminya? Ketahui penjelasan lengkapnya tentang penyebab cara menghilangkan mata panda secara alami berikut ini.


Penyebab mata panda

Hiperpigmentasi di sekitar area mata merupakan ciri-ciri mata panda. Ini terjadi ketika warna kulit yang melingkar di bawah mata lebih gelap daripada warna kulit bagian lain pada wajah. Dalam kasus yang umum, tidak memerlukan pemeriksaan medis untuk mengatasi mata panda. Namun ada faktor-faktor yang wajib Anda kenali dan menandai penyebab mata panda seperti penjelasan di bawah.


1. Kelelahan

Begadang dan kurang tidur dapat menyebabkan lingkaran hitam terbentuk di bawah mata. Kurang tidur juga sering menyebabkan kulit tak terlihat segar atau bahkan berwarna lebih pucat. Pada beberapa kasus mata panda, diikuti bengkak karena cairan menumpuk.


Selain kelelahan dan kurang tidur, melihat layar televisi dan komputer dalam waktu yang lama, juga bisa memicu mata panda. Ketegangan ini dikarenakan pembuluh darah sekitar mata membesar sehingga membuat warna kulitnya lebih gelap.


2. Usia

Penuaan mempengaruhi penampilan, termasuk jadi penyebab mata panda. Ketika semakin bertambah usia, kulit semakin menipis. Produksi kolagen menurun sehingga mata terlihat cekung dan kulit kurang elastis. Karena itu, pembuluh darah yang warnanya lebih gelap akan terlihat jelas sehingga bagian bawah mata terlihat lebih gelap.


3. Alergi

Mata memproduksi air mata untuk mencegah kering. Tetapi ketika produksi air mata tidak bisa mengimbangi paparan debu dan polusi, tubuh akan mengirim sinyal sebagai reaksi alergi. Dengan begitu, tubuh melepaskan histamin untuk melawan alergen. Efek dari pelepasan histamin, pembuluh darah sekitar mata melebar dan mengubah warna kulit sekitar mata Anda.


4. Kurang minum

Kurang minum, atau dehidrasi, ialah penyebab umum lingkaran di bawah mata. Saat tubuh tak cukup mendapatkan cairan, kulit di bawah mata tak terlihat segar. Biasanya, mata juga lebih cekung jadi akan tampak jelas batas antara tulang di bawahnya dengan bagian kulit sekitarnya.


5. Terpapar sinar matahari

Melanin diproduksi tubuh untuk melindungi kulit. Zat yang berkontribusi mengatur pigmen ini, akan diproduksi lebih banyak ketika kulit terpapar sinar matahari berlebih. Hal ini menyebabkan pigmentasi pada kulit dan sekitar mata terutama jika terlalu banyak sinar matahari mengenai mata.


6. Anemia

Ketika sel darah merah dalam tubuh lebih rendah dari ukuran normal, artinya mengalami anemia. Mata panda, merupakan salah satu gejala untuk mengidentifikasi anemia selain merasakan pusing, lemah, sesak napas, dan lelah.

Itulah keenam penyebab mata panda yang umum dialami. Di samping itu, genetika juga berperan dalam mengembangkan lingkaran hitam di bawah mata Anda. Karena diturunkan berdasarkan riwayat keluarga, mata panda bisa juga dialami sejak usia masih muda. Lantas bagaimana cara menghilangkan mata panda yang disebabkan oleh faktor lain? Cek penjelasannya ya!


Cara menghilangkan mata panda secara alami

Mengatasi lingkaran hitam di bawah mata secara alami, bisa dilakukan dengan banyak metode. Mulai dari mengompres dengan air dingin hingga mengubah kebiasaan tidak sehat yang memicu munculnya mata panda seperti cara berikut ini.


1. Tidur cukup

Tidur cukup secara medis, berkaitan dengan kesehatan fisik, mental, dan emosional. Kalau kurang tidur, tidak hanya muncul mata panda, tetapi juga berisiko buruk pada kesehatan jantung hingga menurunkan suasana hati dan konsentrasi. Artinya, dengan tidur cukup, tak hanya memperbaiki penampilan kulit tetapi juga menjaga fisik dan mental tetap sehat.


2. Meninggikan bantal saat tidur

Saat Anda tidur cukup, tetapi mendapati mata panda pada pagi hari, kemungkinan karena peningkatan pembuluh darah di sekitar mata. Sehingga warnanya jadi lebih gelap dan sedikit bengkak. Untuk mengatasinya, Anda tak perlu memberikan perawatan tertentu kecuali meninggikan bantal saat tidur.


3. Kompres dingin

Masih disebabkan faktor yang sama dengan poin sebelumnya, orang dengan peningkatan pembuluh darah yang berefek pada mata panda, bisa mengatasinya dengan kompres dingin. Kompres dingin bisa membantu menyempitkan pembuluh darah. Caranya, pakai kantung kompres dan isi dengan air dingin atau es. Kemudian kompreskan beberapa saat di sekitar mata. Selain mengurangi mata panda, cara ini juga membuat mata terasa lebih segar.


4. Kompres dengan kantung teh

Teh baik sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Di dalam teh terkandung kafein dan antioksidan yang membantu merangsang sirkulasi darah, mengecilkan pembuluh darah, dan mengurangi penumpukan cairan di bawah mata. Untuk menghilangkan mata panda secara alami dengan teh, seduh dua kantung teh. Diamkan hingga dingin dan simpan dalam lemari pendingin selama 15-20 menit. Setelah dingin, kompreskan pada mata tertutup selama 10-20 menit.


5. Kompres dengan timun

Pada prinsipnya, mengompres kulit sekitar mata dengan timun sama seperti mengompresnya dengan kantung dingin ataupun kantung teh. Cara menghilangkan mata panda secara alami, bisa dimulai dengan menyiapkan timun yang telah diiris dan didinginkan. Letakkan di area lingkaran mata yang menghitam selama 10 menit. Terakhir, bilas dengan air dan mengulangi pengompresan dua kali sehari.


Kelima cara di atas, bisa dilakukan di rumah. Tetapi, apabila cara menghilangkan mata panda secara alami tidak bekerja efektif, Anda bisa konsultasi gratis di klinik Diri. Tim ahli bersama dokter kulit berpengalaman akan memberikan rekomendasi terpercaya dan memformulasikan skincare untuk mengatasi mata panda.

 

Sumber:

https://www.healthline.com/health/dark-circle-under-eyes#fa-qs

https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-dark-circles-permanently#when-to-see-a-doctor

https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-remove-dark-circles-under-eyes-permanently#summary

banner-artikel
Tag:
mata panda
skincare
solusi
tipe kulit
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.