GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Intip Metode Aman Menghilangkan Rambut di Ketiak secara Permanen

Ditinjau oleh: dr. Flora.-27 Des 2022
cara menghilangkan rambut ketiak

Tidak sedikit wanita yang merasa insecure karena rambut ketiaknya cepat sekali tumbuh padahal belum lama bercukur. Rambut ketiak memang sering membuat tidak percaya diri karena dinilai merusak penampilan dan jadi tidak bebas saat memilih pakaian. Berikut ini beberapa cara menghilangkan rambut ketiak secara aman.


Pertumbuhan Rambut Ketiak

Tumbuhnya rambut halus di area ketiak merupakan hal yang normal. Rambut halus tersebut berfungsi untuk menjaga kulit dari keringat dan bakteri. Sayangnya tidak semua orang merasa nyaman dengan keberadaan rambut ketiak, sebab dinilai bisa mengganggu penampilan. Secara natural rambut ketiak memerlukan waktu kurang lebih satu bulan lamanya untuk tumbuh panjang. Rata-rata bulu ketiak memang bisa memanjang sebanyak enam inci setiap tahunnya. Lalu, bulu ketiak laki-laki juga cenderung lebih cepat tumbuh daripada milik perempuan.


Namun, cepat atau tidaknya rambut ketiak tumbuh juga dipengaruhi oleh nutrisi, usia, pengobatan, dan genetik. Semakin tua usia seseorang, pertumbuhan rambut semakin lambat, begitu juga dengan rambut di ketiak. Tumbuhnya rambut di ketiak sangat normal, untuk itu sebaiknya selalu jaga kebersihan ketiak supaya tidak lembab. Ketiak yang lembab mengakibatkan bakteri tumbuh subur sehingga menimbulkan bau badan. Maka pastikan mandi minimal dua kali sehari dan selalu memakai pakaian yang bisa menyerap keringat.


Metode Menghilangkan Rambut Ketiak

Menghilangkan rambut ketiak secara permanen juga bisa jadi salah satu solusi untuk menjaga kebersihan ketiak dari bakteri penyebab bau badan. Akan tetapi, menghilangkan bulu ketiak juga cukup melelahkan sebab cepat sekali tumbuh. Nah, di bawah ini ada beberapa cara menghilangkan rambut ketiak yang bisa kamu ikuti supaya rambut ketiakmu tidak mudah balik lagi.


1. Mencukur

Bercukur merupakan cara tradisional untuk menghilangkan rambut halus di ketiak yang paling cepat, murah, dan tidak terasa sakit. Tidak heran sampai saat ini metode cukur masih menjadi cara andalan bagi segelintir orang. Meski dinilai sebagai metode yang paling aman, tetapi untuk beberapa orang yang memiliki kulit sensitif perlu berhati-hati saat mencukur bulu ketiak. Selalu pastikan alat cukur yang hendak digunakan dalam keadaan bersih dan steril. Lalu, sebelum mulai mencukur, jangan lupa oleskan krim pencukur di bagian ketiak untuk mengurangi risiko kulit tergores alat cukur. Sebab, jika kulit sampai tergores dan tidak ditangani dengan benar dapat menyebabkan infeksi.


2. Tweezing

Metode tweezing patut kamu jadikan opsi untuk menghilangkan rambut ketiak. Caranya dengan mencabut helai demi helai bulu ketiak menggunakan pinset. Walaupun metode tweezing bisa terasa lebih menyakitkan dan membutuhkan waktu yang lebih lama dari bercukur, tetapi cara ini dinilai cukup efektif untuk menghilangkan rambut ketiak. Akan tetapi, kalau kamu ingin melakukan tweezing, perhatian kebersihan pinset yang kamu gunakan. Pastikan pinset dalam keadaan bersih dan steril untuk menghindari infeksi bakteri. Kemudian, saat mencabut bulu ketiak, lakukan secara cepat supaya tidak merusak folikel rambut dan menyebabkan luka.


3. Threading

Opsi selanjutnya yang bisa kamu coba adalah threading. Memiliki prinsip yang hampir sama dengan tweezing, metode threading ini juga mencabut bulu ketiak hingga ke akarnya. Namun bedanya threading tidak menggunakan pinset, melainkan benang khusus yang seratnya sangat tipis dan halus. Karena menggunakan alat berupa benang kecil dan halus, cara threading ini dinilai lebih cepat dan tidak semenyakitkan tweezing karena tidak perlu mencabut bulu ketiak satu persatu. Namun, tweezing perlu diulang lagi sekitar enam minggu setelah treatment agar hasil maksimal. Jangan lupa sebelum melakukan threading, harus pastikan benang yang akan digunakan sudah steril. Lalu, setelah menggunakannya, benang tersebut harus langsung dibuang demi menghindari terjadinya infeksi atau penularan bakteri.


4. Waxing

Saat ini sudah banyak orang yang beralih menggunakan cara waxing untuk menghilangkan rambut halus di ketiak mereka, karena cara ini aman, cepat, tidak mahal, efektif, dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Kamu bisa membeli alat waxing yang dijual bebas di toko kosmetik. Alat waxing terdiri dari krim waxing dan kertas plester. Caranya kamu hanya perlu mengoleskan krim waxing secukupnya di area ketiak. Selanjutnya tempelkan kertas plester di area tersebut, lalu langsung cabut kertas plester dengan cepat untuk mengurangi rasa sakit. Cara ini terhitung efektif karena bisa mencabut semua bulu ketiak hingga ke akarnya secara menyeluruh dalam satu kali treatment saja. Jangan lupa selalu ulangi pemakaian ketika rambut ketiak mulai tumbuh.


5. Laser

Kalau mempunyai uang lebih, kamu bisa datang ke klinik kecantikan dan melakukan laser hair removal. Laser akan menghilangkan rambut halus di ketiak dengan cepat dan tanpa meninggalkan rasa sakit. Tidak hanya itu saja, laser juga dapat memperbaiki tampilan kulit ketiak sehingga nampak cerah, halus, dan mulus seakan-akan tidak ada pori-pori. Supaya hasilnya bisa maksimal, kamu perlu mengulangi treatment sebanyak 6-12 kali sampai rambut ketiak bisa benar-benar hilang dan tidak tumbuh lagi.


6. Elektrolisis

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bulu ketiak secara permanen dengan aman dan cepat dengan elektrolisis. Metode ini menggunakan alat berbentuk jarum bermata kecil yang dialiri listrik tegangan rendah. Jarum tersebut dimasukkan ke dalam folikel rambut untuk mematikan akar rambut ketiak dan mencegahnya tumbuh lagi.Banyak yang menilai metode elektrolisis ini cukup menyakitkan dan terbilang mahal, tetapi hasilnya tidak main-main. Bulu ketiak bisa langsung rontok dan tidak akan tumbuh lagi secara permanen.


Itu dia beberapa cara ampuh menghilangkan rambut ketiak selamanya yang bisa kamu coba. Tumbuhnya rambut ketiak memang normal, tetapi kalau membuatmu jadi tak percaya diri, tidak ada salahnya mencoba salah satu opsi di atas untuk menghilangkannya secara permanen. Jangan pernah ragu ceritakan keluhan kulitmu pada dokter berpengalaman di Diricare karena mereka akan membantumu menyembuhkan permasalahan kulitmu sampai tuntas. Mulai konsultasi gratis bersama Diri Care dan dapatkan rekomendasi produk pilihan dokter tanpa harus membuat kantong bolong.

Tag:
tips
ketiak
cara atasi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.