GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Wajib Coba! Begini 7 Cara Menghilangkan Sel Kulit Mati dengan Cepat

Ditinjau oleh: dr. Flora F.-02 Sep 2022
mehilangkan sel kulit mati

Kulit adalah bagian terluar tubuh yang senantiasa regenerasi. Sel kulit akan mati setiap harinya dan digantikan sel kulit baru. Setiap hari, sel kulit mati yang harus diangkat hampir sejumlah 500 juta. Karena saking banyaknya, kalau enggak diangkat bisa menutup pori-pori. Ciri-ciri sel kulit mati pada wajah, bisa dikenali ketika wajahmu terlihat kusam dan muncul kulit belang. Buruknya lagi, tumpukan sel kulit mati bisa menjadi penyebab jerawat. Oleh karena itu, simak ulasan lebih detail tentang sel kulit dan cara menghilangkan sel kulit mati dengan cepat.


Apa itu sel kulit mati?

Secara alamiah kulit diperbaharui setiap 30 hari atau lebih. Proses ini terjadi ketika lapisan kulit terluar atau epidermis melepaskan sel-sel mati dan menggantinya dengan yang baru. Tanpa disadari, saat beraktivitas banyak sel-sel kulit yang sudah tua terlepas, misalnya ketika kamu ganti pakaian. Seperti yang diulas pada pembuka bahwa setiap harinya sel-sel tua akan rontok.

Selain bekerja secara alamiah, penyebab sel kulit mati juga bisa dipicu caramu yang keliru dalam merawat kulit. Kalau kamu menemukan tanda bahwa kulitmu mengelupas dan kering, itu adalah tanda kalau kamu perlu memperbaiki kebiasaan dalam merawat kulit. Untuk mengangkat sel kulit mati, kamu bisa melakukan sejumlah langkah. Namun pada prinsipnya, semua langkah tersebut memakai metode pengelupasan atau populer dikenal dengan eksfoliasi. Nah, sudah tahu ‘kan dengan cara apa mengeksfoliasi sel kulit mati dan sekaligus membantu regenerasi sel kulit baru? Betul, kamu bisa melakukan eksfoliasi dengan skincare atau bersifat mekanis. Ikut cara berikut ini yuk!


Cara menghilangkan sel kulit mati dengan cepat

Meskipun menurut dokter kulit Angela Lamb, kulit tidak memerlukan bantuan apa-apa untuk mengangkat sel-selnya yang telah mati. Tetapi karena setiap hari ada banyak sekali sel-sel tak terpakai lagi dan perlu memastikan semuanya tidak menutup pori-pori, maka kamu bisa mengangkatnya dengan cara berikut.


1. Memakai lulur wajah dengan scrub

Bulir-bulir scrub pada lulur wajah, bisa membantumu mengangkat sel kulit mati. Kalau kamu mengaplikasikan langkah ini, disebut dengan eksfoliasi yang bersifat mekanis. Produk lulur wajah, umumnya diformulasikan secara aman dan minim risiko melukai kulit. Biasanya, produsen memakai bahan jojoba atau bubuk yang berasal dari bahan alami, misalnya beras atau bambu. Kalau kamu tertarik membuat racikan scrub sendiri, bisa memanfaatkan gula atau bubuk kopi. Agar teksturnya licin dan mudah diaplikasikan, kamu bisa mencampurkannya dengan madu.


2. Krim dengan kandungan azelaic acid dan AHA (alpha hydroxy acid)

Kandungan skincare yang bersifat asam, adalah perawatan kulit yang bisa membantumu mengatasi kulit kusam karena tumpukan sel-sel kulit mati. Custom Night Cream dari klinik Diri wajib kamu coba. Dua kandungan andal, yaitu azelaic acid dan AHA membuat lapisan atas kulit bertekstur lebih lembut dan menghambat produksi pigmen. Kalau ingin kulitmu cerah kembali, konsultasikan secara gratis dan tim ahli bersama dokter berpengalaman akan memformulasikan komposisi tepat untuk perawatan kulitmu.


3. Memakai perawatan mengandung retinol

Retinol adalah salah satu bentuk vitamin A yang umum digunakan untuk perawatan kulit. Eksfolian kimia ini, perlu diikuti cara pemakaiannya berdasarkan rekomendasi dermatolog. Soalnya kalau tak mengikuti anjuran dan menggunakannya terlalu sering, bisa memicu peradangan. Jenis skincare yang mengandung retinol untuk mengangkat sel kulit mati, umumnya berupa krim malam, pelembap, dan serum. Penting untuk kamu ketahui, pemakaian skincare yang mengandung retinol direkomendasikan pada malam hari. Alasannya, kerjanya akan lebih efektif meregenerasi karena kamu tidak mencampur dengan kandungan skincare lainnya.


4. Rutin mencuci wajah dua kali sehari

Mencuci wajah, sesuai rekomendasi dokter kulit, wajib dilakukan dua kali sehari. Pertama pada pagi hari sebelum kamu memulai beraktivitas dan mengaplikasikan pelembap serta sunscreen. Kedua, setelah kamu beraktivitas, bersihkan seluruh bagian wajah hingga leher dengan mencuci muka. 


5. Menyeka wajah dengan kain lembut

Apakah kamu memiliki kulit wajah yang sensitif? Kamu bisa mengambil langkah paling aman dalam menghilangkan sel kulit mati dengan cepat. Caranya, gunakan kain waslap yang sudah dibasahi dengan air hangat. Seka pada kulit wajah, tetapi hindari gerakan menggosok dengan kasar ya. Gerakkan kain dengan melingkar kecil dan secara lembut.


6. Pakai spons alami

Dengan cara eksfoliasi mekanis, seperti memakai spons berbahan alami, bisa kamu pilih untuk mengangkat sel kulit mati. Perlu kamu catat, cara menghilangkan sel kulit mati dengan cepat perlu dilakukan penuh kelembutan. Termasuk ketika memakai spons alami, pilih yang bahannya paling lembut. Sapuan ringan dengan spons yang dibasahi akan lebih mudah menyingkirkan sel kulit mati.


7. Menyikat kering

Cara menghilangkan sel kulit mati dengan langkah ini, sedikit berisiko apabila kamu tidak melakukannya secara hati-hati. Menyikat kering menggunakan sikat berbulu lembut untuk menyingkap sel kulit mati dan membasuh muka setelahnya. Seperti halnya yang telah dijelaskan di atas, dalam beraktivitas tanpa sengaja sel kulit mati terangkat.

Gunakan sikat kecil dengan bulu alami jika memilih cara ini. Sikat pada kulit yang lembap dengan gerakan melingkar selama 30 detik. Selain akan mengangkat sel kulit mati, cara ini juga membantu melancarkan peredaran darah. Tetapi, menyikat kering tidak boleh diaplikasikan untuk jenis kulit wajah sensitif atau sedang berjerawat.

Agar langkah yang kamu tempuh tetap aman, kenali tipe atau jenis kulitmu ya. Sebab cara menghilangkan sel kulit mati dengan cepat yang telah diulas di atas, perlu disesuaikan dengan kondisi kulit. Untuk kulit sensitif, lebih baik konsultasikan pada tim ahli dan dokter berpengalaman di klinik Diri supaya mendapatkan rekomendasi terpercaya.


Referensi:

https://www.verywellhealth.com/how-to-get-rid-of-dead-skin-on-face-5193228

https://www.byrdie.com/what-percentage-of-your-dust-is-actually-dead-skin-cells-3013075

https://www.medicalnewstoday.com/articles/327394#summary


Tag:
glowing
cerah
kusam
tips
solusi
skincare
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.