GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan rambut

15 Cara Menumbuhkan Brewok secara Alami, Cobain!

Ditinjau oleh dr. Intan-27 Des 2023
15 Cara Menumbuhkan Brewok secara Alami, Cobain!

Merasa kurang percaya diri karena nggak memiliki brewok? Untuk sebagian pria, memiliki brewok atau jenggot bisa membuat penampilan menjadi lebih keren atau macho. Apalagi di media sosial sekarang ini, brewok kerap dianggap sebagai standar ketampanan seorang pria. Nggak heran, kalau banyak orang berusaha untuk menumbuhkan brewok.


Pada dasarnya, pertumbuhan brewok pada setiap orang akan berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh kadar testosteron, genetik, hingga faktor kesehatan. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan brewok dengan cara menerapkan gaya hidup dan menggunakan bahan alami. Penasaran? Simak tipsnya.


Cara Menumbuhkan Brewok melalui Perubahan Gaya Hidup

Menumbuhkan brewok atau jenggot memerlukan kesabaran dan perawatan yang tepat. Ada beberapa perubahan gaya hidup yang bisa dicoba untuk membantu pertumbuhannya sebagai berikut.


1. Pertahankan Kesehatan Tubuh

Makanlah makanan seimbang yang kaya akan protein, vitamin, dan mineral. Protein adalah komponen utama dalam rambut, jadi pastikan asupan protein tubuh tercukupi. Kamu juga perlu untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral penting seperti vitamin A, C, dan E, serta zinc, selenium, dan biotin yang berperan dalam kesehatan rambut. Selain itu, air adalah komponen penting dalam pertumbuhan rambut, jadi pastikan kamu terhidrasi dengan baik.


2. Hindari Grooming yang Berlebihan

Hindari mencukur brewok terlalu sering, terutama jika pertumbuhannya masih dalam tahap awal. Ini akan memberikan folikel rambut waktu yang cukup untuk tumbuh. Mencukur terlalu sering juga dapat menyebabkan kulit teriritasi dan folikel rambut menjadi lebih lemah.


3. Jaga Kebersihan

Cuci brewok secara teratur, tetapi hindari penggunaan sampo yang keras atau sabun yang mengandung bahan kimia keras yang dapat mengiritasi kulit. Gunakan sampo dan kondisioner khusus untuk rambut wajah, atau produk yang dirancang untuk memelihara rambut wajah.


4. Suplemen Makanan

Beberapa suplemen seperti biotin, vitamin D, dan vitamin E sering dikaitkan dengan pertumbuhan rambut yang lebih sehat. Namun, selalu konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen apapun. Sebaiknya upayakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh melalui makanan alami terlebih dahulu, karena makanan selalu menjadi pilihan yang lebih baik daripada suplemen.


5. Hormon dan Keseimbangan Nutrisi

Keseimbangan hormon dalam tubuh penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Jika kamu memiliki masalah hormon, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Kamu juga bisa mengatasi hormon yang tidak seimbang dengan mengonsumsi asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan, biji chia, dan kacang kenari, serta protein tinggi yang ada dalam daging, telur, dan kacang-kacangan, untuk membantu mendukung pertumbuhan rambut yang kuat.


6. Hindari Stres Berlebihan

Stres yang berkepanjangan dapat mengganggu pertumbuhan rambut. Cobalah teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau latihan pernapasan untuk mengurangi stres. Tidur yang cukup dan berkualitas juga penting untuk kesehatan rambut dan pertumbuhannya.


7. Perhatikan Pola dan Kualitas Tidur

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Selama tidur, tubuh melakukan banyak proses pemulihan, termasuk pertumbuhan rambut. Pastikan kamu tidur setidaknya 7-8 jam per malam untuk mendukung pertumbuhan rambut yang optimal.


Cara Menumbuhkan Brewok dengan Bahan Alami

Selain mengubah gaya hidup, kamu juga bisa menumbuhkan brewok menggunakan beberapa bahan alami berikut ini.


1. Minyak Zaitun

Penggunaan minyak zaitun dipercaya dapat membantu melembapkan area rahang dan pipi, tempat tumbuhnya jenggot. Minyak zaitun mengandung vitamin E, asam oleat, asam palmitat, dan squalene yang bisa menutrisi kulit. Kandungan ini bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan jenggot. Bahkan, sebuah penelitian juga membuktikan bahwa mengkonsumsi minyak zaitun bisa meningkatkan kadar testosteron pada pria, loh.


2. Minyak Alpukat

Alpukat mengandung banyak vitamin dan lemak sehat yang baik untuk pertumbuhan rambut. Kamu dapat menghancurkan alpukat matang dan mengoleskannya ke area brewok. Biarkan selama sekitar 15-20 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Lakukan ini beberapa kali seminggu untuk hasil yang lebih baik.


3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah pelembap alami yang dapat membantu memperkuat rambut dan mencegah kerusakan. Oleskan minyak kelapa hangat ke area brewok, pijat secara lembut selama beberapa menit, dan biarkan selama 30 menit sebelum mencuci dengan sampo ringan. Kamu dapat melakukannya beberapa kali seminggu.


4. Minyak Rami (Hemp Oil)

Minyak rami mengandung asam lemak omega-3 yang dapat mendukung pertumbuhan rambut yang sehat. Oleskan minyak rami ke area dagu, pijat selama beberapa menit, dan biarkan selama 30-45 menit sebelum mencuci dengan sampo. Ini dapat dilakukan beberapa kali seminggu.


5. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Gel lidah buaya memiliki sifat pelembap dan dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut. Oleskan gel lidah buaya secara langsung ke area kulit, biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Ulangi beberapa kali seminggu.


6. Kunyit dan Madu

Kunyit mengandung kurkumin, yang diketahui memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat merangsang pertumbuhan rambut. Campurkan kunyit bubuk dengan madu untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini pada area yang ingin ditumbuhi oleh brewok, biarkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan ini satu atau dua kali seminggu.


7. Daun Bawang

Daun bawang mengandung sulfur yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Haluskan beberapa batang daun bawang dan gunakan jusnya untuk mengolesi area brewok. Biarkan selama 15-20 menit sebelum mencuci dengan air hangat. Lakukan ini beberapa kali seminggu.


8. Gandum dan Susu

Campurkan gandum dengan susu untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini pada brewok dan biarkan selama 20-30 menit sebelum mencuci dengan air hangat. Gandum mengandung protein yang dapat mendukung pertumbuhan rambut, sementara susu menyediakan nutrisi tambahan.


Itulah tadi beberapa cara menumbuhkan brewok secara alami. Apakah kamu tertarik untuk mencoba? Untuk mendapat saran yang lebih tepat tentang bagaimana menumbuhkan brewok, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terpercaya di Klinik Diri.

 



Sumber:

https://www.axe.com/id/inspirasi/grooming/cara-menumbuhkan-brewok.html

https://www.liputan6.com/hot/read/4608885/12-cara-menumbuhkan-brewok-secara-alami-cepat-dengan-hasil-permanen

https://www.allthingshair.com/id-id/gaya-model-rambut-pria/trend-model-rambut-pria/cara-menumbuhkan-brewok/



banner-artikel
Tag:
brewok
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.