GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Penyebab dan Cara Meratakan Kulit Wajah dengan Cepat

Tim Penulis Diri-16 Jul 2024
Penyebab dan Cara Meratakan Kulit Wajah dengan Cepat

Tinggal di negara tropis, membuat kita sering berhadapan dengan panasnya sinar matahari yang cukup intens dan kuat. Jika kita tidak melindungi kulit dengan benar, paparan sinar matahari tersebut bisa menyebabkan kerusakan di kulit loh, salah satunya kulit wajah yang belang (warna tidak rata). Nah, kalau sudah begini, pasti rasanya nggak nyaman banget kan! Lalu, gimana sih cara mengatasi warna kulit yang tidak merata itu? Yuk, simak beberapa penyebab dan solusi meratakan kulit wajah berikut ini!  


Apa itu Warna Kulit Tidak Merata?

Warna kulit tidak merata bisa kita sebut dengan hiperpigmentasi. Kondisi ini terjadi ketika produksi melanin, pigmen yang memberikan warna pada kulit, rambut, dan mata, menjadi tidak seimbang. 


Melanin sendiri diproduksi oleh sel-sel yang disebut melanosit. Ketika melanosit memproduksi melanin secara berlebihan atau tidak merata, hal ini dapat menyebabkan bercak-bercak kulit yang lebih gelap atau lebih terang dari warna kulit alami. Sehingga, sebagian area kulit akan memiliki warna yang lebih gelap dibandingkan area lainnya. 


Penyebab Warna Kulit Tidak Merata

Tentunya, perubahan warna kulit yang tidak merata ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya:


1. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari, akan merangsang produksi melanin sebagai mekanisme pertahanan kulit. Namun, ketika kamu terkena paparan yang berlebihan tanpa perlindungan cukup, hal ini dapat menyebabkan bercak-bercak gelap atau noda hitam pada kulit. Oleh karena itu, gunakanlah sunscreen setiap hari dengan SPF yang sesuai, serta hindari paparan sinar matahari langsung pada jam-jam puncak.


2. Hormon

Perubahan warna kulit yang tidak merata juga bisa disebabkan oleh hormon, loh. Perubahan hormonal, seperti yang terjadi pada masa kehamilan (melasma) atau penggunaan kontrasepsi hormonal, dapat meningkatkan produksi melanin dan menyebabkan hiperpigmentasi. Kondisi ini memang sulit diatasi sendiri, sehingga kamu perlu mengkonsultasikannya dengan dokter untuk penanganan yang tepat dan gunakan produk perawatan kulit yang aman selama kehamilan.


3. Penuaan

Seiring bertambahnya usia, kulit dapat mengalami perubahan pigmen. Kondisi ini dikenal sebagai bintik penuaan atau lentigo. Biasanya, lentigo sering terjadi pada area yang sering terpapar sinar matahari, seperti wajah, tangan, dan lengan. Masalahnya, bagaimana jika lentigo sudah muncul di usia-usia yang relatif muda? Tenang, kamu bisa menggunakan krim pencerah, retinoid, atau prosedur dermatologi seperti laser untuk membantu mengurangi bintik-bintik penuaan.


4. Bekas Jerawat

Jerawat atau cedera kulit lainnya, dapat meninggalkan bekas berupa hiperpigmentasi pasca-inflamasi. Ini terjadi ketika kulit memproduksi melanin berlebih saat proses penyembuhan. Nah, jika kulit kamu termasuk yang acne prone, pasti kamu sering menemukan noda-noda merah atau kehitaman di area kulit bekas jerawat. Terus solusinya gimana? Kamu bisa gunakan skincare yang mengandung bahan aktif seperti asam salisilat atau niacinamide untuk membantu memudarkan bekas jerawat. 


5. Penyakit Kulit

Beberapa penyakit kulit, seperti eksim, psoriasis, atau lichen planus dapat menyebabkan bercak-bercak kulit yang lebih gelap atau lebih terang. Kalau kamu termasuk yang memiliki kondisi seperti ini, menjalani perawatan intensif bisa membantu. Lakukan konsultasi secara rutin dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan dan obat yang tepat, ya.


6. Genetik

Nah, siapa yang mengira kalau warna kulit yang tidak merata, bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Beberapa orang mungkin memiliki kecenderungan genetik untuk mengalami hiperpigmentasi. Namun, meskipun genetik tidak dapat diubah, perawatan kulit yang tepat dan penggunaan pelindung matahari dapat membantu.


7. Paparan Polutan

Tidak hanya paparan sinar UV dari matahari, polusi dan bahan kimia berbahaya juga dapat merusak kulit dan memicu produksi melanin berlebih, loh. Oleh karena itu, wajib nih hukumnya untuk membersihkan kulit secara teratur menggunakan produk perawatan yang mengandung antioksidan agar dapat membantu melindungi kulit dari polutan.


8. Prosedur Medis

Bagi kamu yang ingin melakukan treatment, kamu harus tahu dulu nih kalau beberapa prosedur medis, seperti laser, dermabrasi, atau peeling kimia bisa menyebabkan perubahan warna kulit jika tidak dilakukan dengan benar. Untuk itu, pastikan kamu mencari klinik kecantikan yang tepat (bukan abal-abal) agar prosedur dilakukan oleh profesional yang berpengalaman. Ikuti juga saran dokter terkait petunjuk perawatan setelah prosedur, ya.


Cara Meratakan Warna Kulit Wajah secara Efektif

Meratakan warna kulit memang memerlukan pendekatan yang tepat dan konsisten. Meskipun tidak ada metode instan yang benar-benar efektif, beberapa cara berikut dapat membantu mempercepat proses perataan warna kulit. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu coba:


1. Penggunaan Sunscreen (Tabir Surya)

Sunscreen telah terbukti secara klinis untuk melindungi kulit dari kerusakan lebih lanjut akibat sinar UV yang dapat memperburuk hiperpigmentasi. Kamu bisa gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 setiap hari, bahkan saat cuaca mendung. Aplikasikan kembali setiap dua jam jika terpapar sinar matahari langsung.


2. Pelembap dengan Bahan Aktif

Pelembap yang mengandung bahan aktif, seperti niacinamide atau hyaluronic acid dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan menjaga kelembapan. Kamu bisa gunakan pelembap setiap pagi dan malam hari setelah membersihkan wajah.


3. Produk Pencerah Kulit

Beberapa skincare memang dirancang khusus untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit. Bahan-bahan seperti vitamin C, asam kojik, arbutin, dan asam azelaic dikenal efektif untuk mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi. Nah, kamu bisa memilih dan menggunakan serum atau krim yang mengandung bahan-bahan tersebut. Aplikasikan sesuai petunjuk produk, biasanya sekali atau dua kali sehari.


4. Eksfoliasi Rutin

Eksfoliasi akan membantu mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati, sehingga dapat merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru. Gunakan exfoliator fisik (scrub) atau chemical exfoliator (AHA/BHA) 1-2 kali seminggu. Jangan berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi.


5. Treatment

Untuk beberapa kondisi tertentu, seperti masalah kesehatan atau genetik, warna kulit yang tidak merata memang tidak bisa diatasi sendiri. Oleh karena itu, kamu perlu yang namanya treatment. Kamu bisa mencoba laser treatment atau microneedling untuk merangsang produksi kolagen dan memperbaiki tekstur serta warna kulit secara cepat. Namun, sebelum melakukan perawatan,  pastikan untuk konsultasi dengan dokter kulit agar hasilnya dapat optimal. 


Nah, itulah beberapa penyebab dan cara meratakan warna kulit wajah secara cepat dan efektif. Semoga artikel ini dapat membantu, ya! Kalau kamu ingin konsul dengan dokter ahli untuk mendapatkan produk perawatan yang tepat, kamu bisa loh download aplikasi Diri Care, dan mulai lakukan konsultasi online secara gratis. Cobain, yuk!


Referensi:

https://www.alodokter.com/7-cara-meratakan-warna-kulit-wajah

https://www.garnier.co.id/tips-dan-trick/perawatan-wajah-wanita/ketahui-cara-meratakan-warna-kulit-tidak-merata-dengan-cepat-dan-penyebabnya

https://cnfstore.com/blog/post/cara-meratakan-warna-kulit-wajah


banner-artikel
Tag:
glowing
kusam
peremajaan kulit
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.