GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Peeling Acne untuk Menghilangkan Jerawat, Ketahui Prosedur yang Paling Aman ya!

Ditinjau oleh dr. Flora F-02 Nov 2022
peeling acne untuk menghilangkan jerawat

Banyak sekali cara untuk menghilangkan jerawat. Salah satunya peeling acne yang diklaim dapat menghalau jerawat ringan. Tetapi, seberapa efektif langkah ini dan amankah untuk kulit wajah? Yuk, ketahui penjelasan lengkapnya di sini.


Apa itu peeling acne?

Pengertian peeling acne, sebenarnya berangkat dari pemahaman dasar mengenai metode peeling. Metode ini adalah pengelupasan lapisan kulit paling atas atau yang dikenal sebagai proses eksfoliasi untuk meregenerasi lapisan kulit. Pengelupasan dilakukan dengan bahan kimia aktif yang dilakukan sesuai prosedur. Biasanya, langkah ini ditawarkan banyak pihak, seperti spa, salon, dan klinik kecantikan.


Peeling dilakukan menggunakan produk skincare atau larutan pengelupasan kulit, dikategorikan berdasarkan sejauh mana keluhan yang dialami. American Academy of Dermatology membagi kategori tersebut menjadi tiga, yaitu peeling yang bersifat ringan, sedang, dan dalam. Peeling yang bersifat ringan, untuk mengatasi keluhan kulit dengan kerutan halus, jerawat, warna kulit tak merata, dan kulit kering serta kasar.


Sedangkan yang bersifat sedang, dilakukan untuk mendapatkan kulit yang halus dan segar. Pada langkah ini, lapisan kulit terluar dan bagian atas dihilangkan. Paling dramatis adalah peeling yang paling dalam, karena membutuhkan perawatan yang relatif lama dibandingkan tingkatan yang ringan hingga sedang. Pengelupasan dalam akan membutuhkan anestesi atau dilakukan dalam prosedur bedah. Sehingga peeling yang dalam dipantau oleh dermatolog untuk meminimalisir risiko dan memperoleh hasil yang memuaskan.


Melalui penjelasan mengenai kategori peeling, manfaat peeling acne tercermin dari sebutannya tersebut. Kategori peeling yang dilakukan akan disesuaikan dengan keluhan serta kondisi kulit. Kalau mengalami jerawat ringan, bisa mengambil perawatan peeling acne tingkat ringan hingga sedang. Setelah mengetahui pengertian peeling acne dan tingkatan peeling, tertarik mengambil langkah ini untuk mengatasi jerawat di wajahmu? Sebelum mengambil pilihan melakukan peeling acne, yuk ketahui prosedur menghilangkan jerawat dengan peeling acne dalam penjelasan selanjutnya.


Menghilangkan jerawat dengan peeling acne

Peeling acne efektif bermanfaat mengangkat sel-sel kulit mati. Dengan membatasi menumpuknya sel kulit mati dan mengontrol minyak berlebih yang membuat folikel rambut tersumbat, maka komedo dan jerawat bisa dikurangi.

Selain berdasarkan kategori tingkat ringan hingga dalam, peeling acne umumnya dilakukan di klinik atau di rumah. Kalau dilakukan di klinik, perawatan dilakukan oleh dokter ahli dan ahli kecantikan. Sedangkan apabila di rumah, resep serta langkah-langkahnya akan diperoleh setelah konsultasi dokter. Untuk lebih terperinci, yuk simak penjelasan berikut mengenai apa saja yang perlu kamu ketahui tentang menghilangkan jerawat dengan peeling acne.


 Konsultasikan keluhanmu pada dokter

Berkonsultasi pada ahlinya, merupakan prosedur awal yang paling aman untuk kamu lakukan. Kamu bisa klik klinik Diri (Link: https://diricare.com/) untuk berkonsultasi pada dokter ahli berpengalaman dan tim klinis. Setelah menceritakan keluhanmu, dokter akan memberikan rekomendasi terbaiknya dan anjuran dalam merawat kulit. Dengan begitu, kamu bisa merawat kulit wajah berjerawat secara aman atau minim resiko.


Pengelupasan dengan AHA atau BHA yang dilakukan di klinik

Dokter, kemungkinan besar akan memakai formula dari asam glikolat yang berasal dari tebu. Bahan ini paling sering dipakai untuk perawatan. Selain AHA, asam beta hidroksi atau BHA juga populer dipakai untuk peeling acne. Asam beta hidroksi, sangat membantu meluruhkan penumpukan minyak berlebih dalam pori-pori.

Perawatan peeling acne di klinik, dilakukan oleh ahli kecantikan. Setelah kulit wajah dibersihkan atau dicuci, kemudian dikeringkan atau diperlakukan secara khusus agar siap mendapatkan peeling treatment. Lalu produk dengan kandungan AHA atau BHA diaplikasikan ke wajah.

Umumnya bahan peeling dengan kandungan AHA atau BHA konsistensinya seperti air. Cara mengaplikasikannya dengan aplikator seperti sikat berbulu lembut atau dengan kapas. Menurut banyak orang yang melakukan treatment ini di klinik, mereka merasakan sensasi hangat hingga terbakar setelah dipakaikan cairan peeling. Tetapi kamu tak perlu khawatir, karena treatment ini dilakukan dalam pantauan dokter ahli dan ahli kecantikan tersertifikasi.


Melakukan persiapan sebelum peeling acne di rumah

Peeling acne perlu dilakukan secara aman. Artinya kamu perlu mendaftar seluruh skincare yang kamu pakai sebelum melakukan peeling acne. Misalnya, kalau kamu memakai produk kosmetik terbaru secara aktif, ini bisa menyebabkan iritasi apabila tidak dipersiapkan sebelum peeling acne. Saran Jennifer MacGregor, dokter ahli bersertifikat di NYC, kalau kamu memiliki perawatan kulit rutin, lakukan rutinitasmu terlebih dahulu sebelum peeling.

Pesan MacGregor lagi, apabila kamu memakai skincare yang mengandung retinoid secara teratur, beritahu dokter ahlimu. Penting untuk tidak mengubah rutinitasmu tanpa konsultasi terlebih dahulu.

Penting pula untuk kamu ketahui, retinoid juga bisa berperan sebagai peeling acne. Karena skincare dengan retinoid membantu menipiskan lapisan sel mati. Bahkan menurut MacGregor, retinoid juga menjaga epidermis tetap tebal. Artinya, meski lapisan paling atas di-peeling atau dikelupas, tetapi bagian epidermis tidak menipis.

Peeling acne yang dilakukan di rumah, wajib dilakukan dengan sangat lembut dan pilih jenis peeling ringan. Apabila kamu baru menggunakannya, disarankan untuk selalu menguji kecocokan pada area kecil terlebih dahulu.


Peeling acne di rumah ataupun di klinik, sama-sama mengatasi jerawat

Pengelupasan kimia yang dilakukan di klinik dokter ahli, asam yang aman dan umum digunakan dokter seperti glikolat, salisilat, dan laktat. Sedangkan di rumah, biasanya dokter akan memberikan resep produk skincare dengan kandungan pengelupasan, seperti yang telah dijelaskan di atas. Skincare tersebut umumnya memformulasikan bahan kimia aktif AHA atau BHA. Baik pengelupasan di rumah atau di klinik, pada dasarnya dapat membantu mengobati jerawat. Meski peeling acne yang dilakukan di klinik lebih kuat, pengelupasan dilakukan di rumah juga sama-sama bermanfaat. Tidak hanya mengatasi jerawat, tetapi juga membuka pori-pori, memperbaiki tekstur kulit, menghilangkan hiperpigmentasi yang disebabkan oleh jerawat.


Selain memakai pengelupasan kimia, dokter ahli juga merekomendasikan untuk melakukan perawatan rutin harian. Seperti membersihkan wajah dua kali sehari atau setelah berkeringat. Ditambah lagi, pakai sunscreen saat kamu beraktivitas di luar maupun di dalam ruangan. Selain itu, Custom Acne Spot Serum wajib kamu lirik.


Produk skincare untuk jerawat dari klinik Diri menggunakan kandungan yang 100 persen medical grade. Bahan yang diformulasikan untuk mengatasi jerawat juga disesuaikan pada kondisi dan penyebabnya.  Dokter juga akan mendampingi prosesmu dalam merawat kulit.

Setelah mengetahui pemaparan tentang peeling acne, apakah kamu butuh mengatasi kulit berjerawat? Yuk, konsultasikan keluhanmu secara gratis di klinik Diri. Dokter ahli berpengalaman dan tim klinis siap membantumu mengatasi jerawat.



Sumber:

https://www.byrdie.com/chemical-peels-for-acne-scars

https://www.verywellhealth.com/light-chemical-peels-15628

https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/11010-chemical-peels

https://www.forhers.com/blog/chemical-peels-for-acne


Tag:
tips
jerawat
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.