GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Ketahui 11 Penyebab Bibir Jadi Hitam, Bagaimana Mencerahkannya?

Ditinjau ole dr. Winda-27 Mar 2023
Penyebab Bibir Menjadi Hitam

Beberapa orang sering merasa rendah diri karena warna bibir yang gelap. Memangnya apa saja faktor yang menyebabkan bibir hitam? Apakah benar lipstik dapat menyebabkan bibir jadi menghitam? Lantas bagaimana cara mencerahkan bibir supaya terlihat lebih segar? Yuk, cari tahu jawabannya di ulasan singkat berikut.


Apa yang Menyebabkan Bibir Menghitam?

Penyebab warna bibir lama-kelamaan menggelap adalah karena hiperpigmentasi, yaitu proses menggelapnya jaringan kulit akibat produksi zat pigmen atau melanin dalam jumlah yang berlebihan.



Terjadinya proses hiperpigmentasi tidak terjadi begitu saja karena pasti ada pemicunya. Melansir dari Healthline, berikut ini daftar hal-hal yang dapat memicu bibir berubah jadi hitam:

  1. Terkena paparan sinar matahari terlalu sering dan dalam jangka waktu yang lama.
  2. Kebutuhan cairan harian tidak terpenuhi.
  3. Kebiasaan merokok.
  4. Reaksi alergi.
  5. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein.
  6. Kebiasaan buruk menggigit bibir.
  7. Kemoterapi.
  8. Penyakit anemia.
  9. Kekurangan nutrisi dan vitamin.
  10. Penggunaan pasta gigi mengandung fluoride secara berlebihan.
  11. Kehamilan.


Apakah Lipstick Menyebabkan Bibir Jadi Hitam?

Lalu apakah lipstik juga dapat membuat bibir menggelap? Jawabannya iya. Berdasarkan kutipan di Hidustan Times, seorang dermatologis bernama Dr. Richa Singh menuturkan bila penggunaan lipstik bisa jadi salah satu penyebab menggelapnya bibir tanpa disadari.


Lipstick tersusun dari berbagai macam komposisi kimia. Kemudian, bahan-bahan tersebut dapat bereaksi pada tubuh, terutama jika seseorang mempunyai riwayat kulit sensitif. Kemungkinan timbulnya reaksi alergi terhadap komponen kimia tertentu dalam sebuah lipstick pun semakin besar. Jadi, kalau kamu punya kulit sensitif, sebaiknya kurangi penggunaan lipstick dan kalau bisa hindari penggunaan lipstik setiap hari agar bibir tak jadi hitam.


Langkah-Langkah Mencegah Bibir Semakin Gelap

Setelah mengetahui faktor-faktor pemicunya, berikut ini ada beberapa tips untuk mencegah bibir semakin menghitam.


1. Selalu Penuhi Kebutuhan Cairan Harian

Tubuh yang kekurangan cairan akan terlihat dari kulitnya yang nampak kusam dan kering. Tidak hanya kulit saja, bibir pun juga jadi lebih gelap. Oleh karena itu, agar warna bibir bisa segar, kamu wajib memenuhi kebutuhan cairan minimal 2 liter atau setara delapan gelas air setiap hari.


2. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok memang sulit dihentikan karena bersifat adiktif. Meski begitu, kalau kamu masih sering merokok, segera hentikan kebiasaan ini demi kesehatan jaringan kulit dan organ pernapasan. Saat kamu sudah berhenti merokok, perlahan-lahan warna bibirmu dapat semakin cerah.  


3. Konsumsi Banyak Sayur dan Buah

Mengonsumsi buah dan sayur tidak hanya baik untuk pencernaan, tapi juga bagus untuk kesehatan kulit dan bibir. Kandungan sayur dan buah yang kaya akan antioksidan berperan mempercepat regenerasi sel, sehingga kulit dan bibirmu jadi tampak lebih halus, cerah, dan segar.


4. Hilangkan Kebiasaan Menggigit dan Menghisap Bibir

Kebanyakan orang sering tidak sadar kalau mereka punya kebiasaan buruk menggigit bibir. Ternyata kebiasaan ini termasuk salah satu pemicu bibir jadi gelap. Sebab, saat menggigit dan menghisap bibir, permukaan bibir akan terkena air liur.


Air liur mengakibatkan bibir cepat kering karena sangat mudah menguap, sehingga warna bibir lama-kelamaan akan menggelap. Maka, coba hilangkan kebiasaan ini kalau ingin bibirmu tetap cantik dan terlihat segar.


5. Selalu Jaga Kelembaban Bibir

Kunci untuk dapatkan bibir yang cantik, cerah, dan segar adalah selalu jaga kelembabannya. Selain menjaga tubuh agar tidak dehidrasi, kamu juga bisa mengupayakannya dengan rutin mengaplikasikan pelembab bibir atau lip balm.


Cara Mencerahkan Bibir Secara Alami

Kondisi bibir menghitam tentu saja membuat penampilan jadi kurang menarik. Lantas bagaimana cara mencerahkan bibir yang mudah dan alami? Yuk, ikuti beberapa tips di bawah ini.


1. Pakai Scrub Madu Buatan Sendiri

Salah satu kiat mendapatkan bibir lembut dan cerah adalah rutin melakukan eksfoliasi. Akan tetapi, kamu tidak boleh sembarangan mengeksfoliasi bibir karena kulit di permukaan bibir terbilang tipis dan sensitif.


Untuk menghindari lecet dan luka, sebaiknya gunakan bahan eksfoliasi yang lembut. Kamu bisa buat scrub yang lembut di rumah menggunakan cara di bawah ini lengkap dengan cara pemakaiannya:


  1. Masukkan satu sendok teh madu dan satu sendok teh gula ke dalam sebuah wadah bersih.
  2. Aduk kedua bahan tersebut sampai keduanya tercampur sempurna.
  3. Aplikasikan di permukaan bibir secara perlahan dengan gerakan memutar.
  4. Setelah selesai, bilas bibir menggunakan air hangat.
  5. Lakukan scrub bibir maksimal satu minggu sekali supaya sel kulit mati tidak menumpuk, tapi jangan lakukan terlalu sering karena dapat menimbulkan iritasi.


2. Aplikasikan Minyak Almond

Minyak almond tidak hanya baik untuk menghidrasi kulit, tapi juga dapat bekerja efektif untuk bibir. Kandungan nutrisi dalam minyak almond dapat memberi kelembaban ekstra pada bibir, sehingga permukaan bibir jadi lembab dan halus.


Lalu, minyak almond juga dapat memperlancar peredaran darah, sehingga warna bibir yang semula gelap jadi lebih cerah. Namun, kamu harus memakainya secara rutin sebelum tidur supaya hasilnya maksimal.


Itu dia ulasan seputar penyebab bibir hitam lengkap dengan cara mencerahkannya. Menjaga kulit wajah dan bibir agar tetap terawat sangatlah penting supaya kepercayaan diri meningkat. Segera lakukan konsultasi bila punya masalah kulit dengan dokter ahli.


Klinik Diri menawarkan jasa konsultasi gratis bersama dokter berpengalaman. Kemudian, dokter akan merekomendasikan produk skincare berkualitas sesuai kebutuhan kulit agar keluhan kulitmu segera mereda. Yuk, mulai konsultasi di sini!


Sumber:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/326104#keeping-lips-healthy 

https://www.healthline.com/health/dark-lips 

https://www.medicalnewstoday.com/articles/326104#causes

banner-artikel
Tag:
solusi
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.