GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
seksualitas pria

Bibir Kemaluan Bentol dan Gatal, Ketahui Penyebab dan Rekomendasi Cara Mengatasi

Ditinjau oleh dr. Flora F-03 Nov 2022
kemaluan gatal dan bentol

Rasa gatal pada kulit cukup mengganggu, terutama jika dialami pada bibir kemaluan. Anda perlu mencari tempat tersembunyi terlebih dahulu untuk sementara mengatasi bibir kemaluan bentol dan gatal. Apa sebenarnya yang menyebabkan dan bagaimana cara ampuh mengatasinya? Cek penjelasan lengkapnya yuk!


Penyebab bibir kemaluan bentol dan gatal

Sebagian besar penyebab bentol dan gatal pada area tersembunyi ini, umumnya tidak serius. Namun, apabila diikuti gejala yang lebih parah, Anda wajib periksa ke dokter agar mendapatkan diagnosa dan mengobatinya secara tepat. Berikut beberapa hal yang mungkin menyebabkan rasa gatal dan bentol pada bibir kemaluan.


Lichen sclerosus

Lichen sclerosus (LS) merupakan kondisi kulit yang memengaruhi area genital dan umum dialami oleh wanita usia menopause. Tetapi sekitar 7-14 persen kasus terjadi pada anak perempuan yang belum mengalami menstruasi. Sebagian kecil pria juga mengalami di area yang lembap seperti sekitar kemaluan. Ciri-ciri LS, munculnya lesi kulit berwarna putih, teksturnya halus, dan mengkilat. Lesi berukuran kecil ini bisa tumbuh dari waktu ke waktu, sehingga bisa lecet dan pecah. Rasa gatal yang ditimbulkan sangat intens sehingga sangat mengganggu. Karena kalau pecah dapat menyebabkan infeksi, maka perlu segera diobati.


Herpes genital

Herpes genital adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh dua jenis virus. Virus penyebabnya adalah herpes simpleks tipe 1 dan herpes simpleks tipe 2. Bibir kemaluan bentol dan gatal yang disebabkan herpes dialami ketika melakukan hubungan seks vaginal, anal, atau oral dengan seseorang yang memiliki penyakit tersebut.

Luka karena herpes genital, biasanya muncul di sekitar bibir kemaluan serta dubur. Kalau lepuhnya pecah, bisa terasa sangat menyakitkan dan perlu waktu berminggu-minggu untuk sembuh. Jika mengalaminya, diikuti gejala seperti demam, flu, tubuh nyeri karena pembengkakan kelenjar.


Dermatitis kontak

Dermatitis kontak tidak hanya bisa dialami pada bibir kemaluan. Ciri-ciri dermatitis kontak, antara lain, muncul ruam merah dan gatal yang disebabkan reaksi terkena zat tertentu. Zat yang memicu dermatitis kontak, di antaranya dari bahan kosmetik, sabun, wewangian, perhiasan, atau tanaman tertentu.


Kutil kelamin

Kutil kelamin disebabkan oleh human virus papiloma (HPV) yang merupakan salah satu jenis infeksi menular yang paling umum. Jenis virus HPV ada lebih dari 100, dan hampir semua orang yang aktif secara seksual akan terinfeksi setidaknya satu jenis HPV. Perlu Anda ketahui, dari ratusan jenis virus ini, tidak semuanya menyebabkan kutil kelamin.

Gejala penyakit ini, meliputi munculnya benjolan kecil seperti bunga kol. Warnanya seperti kulit atau mungkin abu-abu. Karena ukurannya kecil, kutil kemaluan rawan pecah karena tergesek celana dalam atau ketika beraktivitas seksual. Terdapat berbagai perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi bibir kemaluan bentol dan gatal karena HPV. Tetapi disarankan untuk mendapatkan vaksin yang disediakan oleh penyedia layanan kesehatan.


Rambut yang tumbuh ke dalam

Apakah Anda sering mencukur atau waxing rambut kemaluan? Jika tidak dilakukan secara benar, bisa memicu bibir kemaluan bentol dan gatal. Kondisi ini disebabkan rambut tumbuh ke dalam dan terkadang muncul menyerupai jerawat yang gatal dan nyeri. Benjolan karena rambut tumbuh ke dalam ini mungkin berisi nanah. Kulit di sekitar benjolan berwarna lebih gelap.

Cara mengatasi bibir kemaluan bentol dan gatal karena folikulitis, kompres hangat area tersebut. Hindari mencabut rambut area kemaluan tanpa treatment dari ahlinya ya!


Candida atau infeksi ragi

Infeksi ragi atau jamur sangat umum terjadi pada wanita. Sekitar 75 persen wanita akan mengalaminya pada area tertentu setidaknya sekali sepanjang hidupnya. Ketika terjadi infeksi jamur, Anda mungkin merasakan gatal diikuti rasa terbakar, perubahan warna pada kulit, dan keluarnya cairan dari vagina.

Candida adalah sejenis ragi yang diproduksi berlebih sehingga mengganggu keseimbangan pH di area kemaluan. Infeksi jamur candida ini, bisa dipicu terlalu banyak mengonsumsi gula, minum obat antibiotik, dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Selain keenam penyebab bibir kemaluan bentol dan gatal di atas, terdapat kondisi lain tetapi jarang terjadi, yaitu kanker vulva. Biasanya berbentuk benjolan atau luka pada vulva dan sering menyebabkan gatal.

Setelah mengetahui sejumlah penyebabnya, berikut ini cara mengatasi bibir kemaluan bentol dan gatal.


Cara mengatasi bibir kemaluan bentol dan gatal

Pengobatan gatal-gatal pada area genital, tergantung pada kondisi spesifik. Kalau menyebabkan gatal kecil, kemungkinan akan hilang dengan sendirinya. Nah, untuk mengatasi terjadinya bentol dan gatal pada bibir kemaluan, lakukan beberapa cara ini:

  1. Jaga area genital tetap bersih dan memiliki pH seimbang.
  2. Cuci pakaian, handuk, dan seprei secara teratur.
  3. Hindari memakai pakaian dalam yang ketat.
  4. Kenakan pakaian dalam yang menyerap keringat.
  5. Hindari memakai wewangian, sabun cuci baju yang keras, dan bahan kimia yang mengiritasi.

Ketika bibir kemaluan bentol dan gatal tak tertahankan, Anda wajib berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan diagnosa dan pengobatan tepat. Umumnya, dokter akan memberikan resep salep atau krim yang bisa dibeli di apotek. Di antaranya, salep antibiotik, krim anti gatal, krim anti jamur, dan krim hidrokortison.

Bibir kemaluan bentol dan gatal, apakah normal? Gatal dengan intensitas ringan dan bentol yang tidak menyakitkan, biasanya tidak berbahaya. Tetapi apabila rasa gatal diikuti gejala lainnya dan mengganggu, tentu Anda perlu mendapatkan diagnosa secara medis. Penting pula diperhatikan, kalau terasa gatal hindari menggaruknya dengan kasar. Karena bisa membuat area tersebut terluka dan rentan mengalami infeksi.

Itulah penjelasan mengenai penyebab serta cara mengatasi bibir kemaluan bentol dan gatal. Untuk kondisi yang disebabkan dermatitis, mungkin kamu mengalaminya pada kulit area lain. Nah, kalau kamu memiliki keluhan pada kulit wajah, seperti jerawat, kamu bisa konsultasi caranya mengatasi pada dokter ahli yang berpengalaman di klinik Diri (Link: https://diricare.com/).

 

Sumber:

https://www.healthywomen.org/content/article/whats-causing-itchy-bumps-near-my-vagina

https://www.verywellhealth.com/itchy-pubic-hair-causes-and-treatment-for-genital-itching-5189919

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/12324-sexual-health-genital-itching


Tag:
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.