GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
seksualitas pria

Sering Ereksi saat Pagi atau Morning Wood, Apakah Normal? Ssst…Cari Tahu Faktanya!

Ditinjau oleh dr. Aghis-27 Des 2022
apa itu morning wood cari tahu faktanya

Kinerja biologis tubuh terkadang membuat bertanya-tanya. Seperti ketika mengalami ereksi saat Anda bangun tidur pada pagi hari. Apakah morning wood atau penis ‘mengeras’ saat pagi ini normal? Menurut ahli urologi, morning wood adalah sebutan populer untuk ereksi, khususnya ketika dialami pagi hari. Selanjutnya, berikut penjelasan mengenai penyebab morning wood dan kapan harus mewaspadai kondisi tak normal terkait ereksi menurut pakar.


Penyebab Morning Wood

Morning wood kerap tak dipahami secara mendalam. Malahan sering diabaikan dan penyebabnya tak dimengerti secara jelas. Tetapi menurut dokter ahli, morning wood dikontrol oleh  sistem saraf parasimpatis yang juga mengontrol fungsi ereksi. Selain itu, cek penjelasan lengkapnya berikut.


Kinerja sistem saraf parasimpatis

Sistem saraf parasimpatik umumnya dikaitkan sebagai respons fight-or-flight yang sering dipakai menjelaskan kondisi psikologis. Dalam kaitannya dengan morning wood, sistem saraf parasimpatis berfungsi untuk  mengontrol berbagai aktivitas tubuh saat sedang istirahat dan bersifat restoratif. Mudahnya, saraf ini bertanggung jawab untuk hal-hal yang kerap tak disadari, termasuk dalam sistem pencernaan, membuang limbah tubuh, dan gairah seksual.


Saat tidur sistem saraf parasimpatis aktif sehingga ereksi juga bisa dialami ketika tidur. Menurut dokter ahli, ereksi sebenarnya bisa terjadi kapan pun, termasuk ketika tidur. Tetapi karena kesadaran penuh ketika bangun tidur, maka Anda hanya akan menyadari morning wood saat bangun tidur. Perlu Anda ketahui, bahwa sistem saraf parasimpatis juga berperan membuat rileks dan mengatur detak jantung lebih lambat.


Testosteron tinggi

Alasan lain mengapa Anda bangun dan mengalami ereksi, adalah karena level tertinggi testosteron pada pagi hari. Hormon testosteron juga berperan besar dalam kesehatan seksual pria secara keseluruhan. Tentu saja ini dimulai ketika masa pubertas. Ketika usia 30-an, intensitas morning wood karena dorongan hormon testosteron meningkat. Tetapi seiring bertambahnya usia,  kadar testosterone menurun dan pada usia 70-an mencapai level terendah testosteron.


Saat bangun tidur, testosteron tinggi dan berkontribusi pada ereksi. Ereksi pagi atau morning wood, juga dialami karena tingkat testosteron pada level tertinggi. Tetapi seiring bertambahnya usia, juga akan menurun intensitasnya.


Apabila Anda ingin mendapatkan rekomendasi untuk performa optimal dalam aktivitas seksual, konsultasikan secara daring pada dokter di sini. Selama perawatan berlangsung, Anda bisa tanya-jawab gratis dengan tim dokter berpengalaman.


Mendapatkan rangsangan

Morning wood bisa dialami ketika mendapatkan rangsangan pada penis. Belum tentu rangsangan seksual atau gairah seksual yang disengaja, tetapi bisa karena tak sengaja tergesek pakaian dalam atau Anda menggosok penis saat tertidur. Bahkan, saat tidur tubuh merespons rangsangan fisik dengan penis berdiri tegak atau ereksi.


Tubuh rileks

Morning wood tidak mungkin terjadi sepanjang hari. Selain didorong tiga penyebab di atas, tubuh dalam kondisi rileks juga bisa berperan sebagai pendorong ereksi. Kok bisa begitu? Jadi, saat tubuh rileks berpotensi melepaskan hormon testosteron. Artinya, morning wood juga bisa jadi penanda Anda tidur dengan nyaman atau membuat tubuh merasa rileks.

Itulah empat penyebab paling umum dari morning wood atau ereksi yang baru disadari ketika bangun tidur. Bagaimana jika tidak mengalami morning wood? Yuk, cek fakta selanjutnya.


Morning Wood Dialami Pria setiap Usia

Ereksi ternyata tidak hanya dialami ketika usia pubertas. Bahkan menurut pendapat ahli, janin laki-laki di dalam rahim pun juga mengalami ereksi penis. Apakah ini normal?

Ereksi merupakan kinerja saraf, yaitu sistem parasimpatis yang telah dijelaskan di atas. Itu berarti apabila anak laki-laki usia 3 tahun mengalami ereksi, itu normal. Pada pria dewasa, ereksi bisa didorong indera yang bekerja seperti pengecap, penciuman, dan perasa. Indera mendorong secara seksual sehingga memicu pelepasan neurotransmitter. Hal ini menyebabkan pelebaran pembuluh darah di penis. Artinya banyak darah mengalir ke penis dan mengalami ereksi.


Ereksi pagi umum terjadi pada pria segala usia. Tetapi pada usia sekitar pertengahan usia 40-an, testosteron menurun sehingga akan lebih jarang mengalami morning wood.

Morning wood bisa dikatakan sebagai pengalaman yang sehat dan normal. Ini juga menandai bahwa sistem saraf bekerja dengan baik serta aliran darah dalam dan sekitar penis berfungsi dengan baik. Tetapi kapan perlu mewaspadai morning wood?


Morning Wood yang Tidak Normal

Apabila Anda mengalami morning wood setiap hari, sebenarnya merupakan tanda yang normal pada kesehatan reproduksi. Tetapi, apabila terjadi perubahan frekuensi secara drastis, maka Anda perlu berkonsultasi pada dokter ahli urologi. Mungkin ada masalah kesehatan reproduksi yang mendasar dan perlu segera ditangani.


Selain itu, morning wood yang tidak normal bisa disebabkan oleh gangguan sistem saraf atau aliran darah yang tidak berjalan dengan baik. Faktor yang menyebabkan morning wood tidak normal, antara lain sebagai berikut:


  1. Kelebihan berat badan
  2. Mengalami gangguan psikis, seperti depresi dan stres
  3. Lipid darah tinggi
  4. Tekanan darah tinggi
  5. Diabetes
  6. Merokok dan minum terlalu banyak minuman beralkohol


Di samping faktor penyebab morning wood tidak normal yang disebutkan di atas, penis sulit atau tidak ereksi bisa menandai mengalami masalah kesehatan seksual atau disfungsi ereksi. Disfungsi ereksi didorong berbagai faktor, termasuk kesehatan fisik  yang umum dialami. Seperti penyakit jantung dan pembuluh darah, arteri tersumbat, hipertensi, cedera penis atau area sekitar penis, komplikasi karena operasi, penyakit ginjal kronis, diabetes tipe 2, sklerosis ganda, dan penyakit Peyronie.


Beberapa resep obat juga bisa memicu disfungsi ereksi. Di antaranya, adalah obat antidepresan, obat tekanan darah, obat penenang, obat maag, dan obat penekan nafsu makan. Seseorang yang mengalami disfungsi ereksi, bisa karena masalah psikologis seperti kecemasan tentang performa seksual, depresi, stres kronis, dan rendah diri.


Nah, kalau Anda mengalami keluhan berkaitan dengan morning wood dan disfungsi ereksi, konsultasi pada dokter ahli untuk mendapatkan solusi harus segera dilakukan. Sebagai rekomendasi, Anda bisa konsul secara online di klinik Diri untuk mendapatkan rencana perawatan yang tepat.

 

Sumber:

https://www.menshealth.com/sex-women/a19548523/what-is-morning-wood/

https://health.clevelandclinic.org/men-get-morning-erections-5-answers-questions/

https://www.forhims.com/blog/what-morning-wood-says-about-your-health

https://rexmd.com/learn/morning-wood-what-and-why


banner-artikel
Tag:
solusi
tips
disfungsi ereksi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.