GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Flek Hitam di Wajah Susah Sekali Hilang? Mungkin Ini Penyebabnya!

Ditinjau oleh dr. Elita M-24 Nov 2022
penyebab flek hitam sulit hilang

Tanda-tanda kulit yang sehat serta ternutrisi bisa dilihat dari tampilan luarnya yang nampak lembab, kenyal, dan cerah. Menjaga tampilan kulit tetap sehat terhitung susah-susah gampang. Kamu tentu bisa mendapatkan kulit sehat dengan mudah jika rajin merawatnya serta menjaga pola hidup sehat. Sayangnya tidak semua orang sadar jika pola hidup sehat berpengaruh banyak pada kesehatan kulit. Ternyata mengonsumsi makanan tertentu bisa mengakibatkan kemunculan flek hitam pada kulit. Yuk, cari tahu lebih lengkap tentang pantangan makanan untuk wajah flek hitam. Meliputi apa sajakah?


Mengapa Flek Hitam Bisa Muncul?

Sebelum mencari tahu jenis-jenis makanan yang harus dihindari agar tak menimbulkan flek hitam, sebaiknya kamu harus tahu dulu apa yang jadi pemicu munculnya flek hitam di permukaan kulit.


Kemunculan flek hitam akibat dari proses hiperpigmentasi pada kulit, yakni ketika zat pigmen bernama melanin berproduksi terlalu banyak sehingga muncullah bercak-bercak kehitaman di bagian permukaan kulit.


Ada banyak faktor yang jadi pemicu sel melanin ini aktif berproduksi. Kebanyakan penyebabnya karena faktor genetik, usia, fluktuasi hormon, bekas inflamasi atau bekas luka. Walau dark spot dapat sembuh dengan sendirinya, tapi memakan waktu yang tidak sebentar dan bisa jadi baru pulih berbulan-bulan kemudian. Jadi bila kamu ingin meredakan dark spot dengan kilat, butuh bantuan perawatan dari luar dan juga menjaga asupan makanan.


Bagaimana Cara Mengatasi Dark Spot Membandel?

Flek hitam atau dark spot memang terkenal sebagai salah satu keluhan kulit yang susah dihilangkan karena butuh waktu yang lama. Mengakibatkan banyak orang jadi merasa tidak percaya diri dengan tampilan kulitnya.


Jika kamu ingin mempercepat proses pemulihannya, kamu bisa mengoleskan obat topikal yang mengandung bahan pencerah seperti vitamin C, niacinamide, atau alpha arbutin. Di samping itu, mengonsumsi makanan bervitamin dan kaya antioksidan juga membantu mempercepat dark spot memudar.


Makanan yang tinggi vitamin, nutrisi, serat, dan antioksidan di antaranya: alpukat, ikan, labu, wortel, kentang, buah-buahan citrus, sayur-sayuran hijau, dan kacang-kacangan. Memasukkan daftar makanan tersebut ke dalam menu makanan sehari-harimu dapat meningkatkan vitalitas kulit sehingga kulitmu lebih bercahaya dan sehat.


Makanan yang Harus Dihindari Supaya Flek Hitam Cepat Pudar

Tidak sedikit wanita jadi merasa insecure ketika flek hitam mulai bermunculan di permukaan kulit. Banyak yang sampai merasa frustasi karena flek hitam tak kunjung hilang meski sudah melakukan berbagai macam perawatan serta mengonsumsi makanan dan suplemen bernutrisi tinggi. Apakah kamu juga mengalami hal yang sama?


Kalau sudah begitu, bisa jadi penyebabnya karena kamu masih terus memakan beberapa jenis makanan yang sebenarnya bisa memperparah kondisi dark spot. Berikut ini beberapa makanan yang jadi pantangan untuk wajah berflek hitam.


Makanan dan Minuman Mengandung Susu

Mengonsumsi produk-produk makanan dan minuman yang mengandung susu ternyata harus dibatasi jika kamu punya masalah flek hitam di wajah. Sebab, kebanyakan produk susu mengandung hormon sintetis yang diturunkan dari sapi perah.


Hormon yang dibawa dari sapi tersebut dapat tak sengaja terserap oleh tubuh manusia sehingga menyebabkan fluktuasi hormon di tubuh manusia. Hormon yang tak stabil ini dapat berpengaruh pada produksi sel melanin di jaringan kulit jadi lebih aktif.

Kedelai


Walau kedelai termasuk ke dalam kacang-kacangan yang tentunya kaya akan antioksidan alami, tapi ternyata jika tidak membatasi konsumsinya, bisa memperlambat pemulihan flek hitam di kulit.


Mengapa bisa begitu? Kacang kedelai mengandung zat bernama phytoestrogen. Zat ini mirip dengan hormon estrogen yang diproduksi tubuh. Bila kedelai dikonsumsi secara berlebihan, dapat berpengaruh pada fluktuasi hormon sehingga flek hitam jadi lebih sulit hilang.


Gula

Rasa lezat dari makanan dan minuman manis memang sungguh menggoda. Minuman manis seperti boba, es kopi, es coklat memang terasa segar dan enak. Belum lagi berbagai kue dan jajanan manis yang memanjakan lidah. Namun, kamu harus berhati-hati dan jangan sampai dikonsumsi terlalu sering.


Konsumsi gula berlebihan berdampak pada angka glikemik yang tinggi. Tubuh memang memerlukan gula yang kemudian dibakar menjadi kalori untuk energi. Akan tetapi, jika asupan gula berlebihan, makanan dan minuman manis tersebut bisa jadi racun bagi tubuh karena memicu peradangan sel, menurunkan produksi kolagen, mempercepat penuaan, dan memperburuk hiperpigmentasi.


Makanan Pedas dan Berminyak

Gorengan dan makanan dengan cita rasa pedas tentu sulit ditolak karena rasanya yang menggugah selera. Tapi jika ingin kulit tetap sehat, lembab, dan cerah tanpa flek hitam, tentunya harus mengurangi konsumsi makanan pedas dan berminyak.


Kedua jenis makanan tersebut mengandung lemak tinggi. Jika dimakan berlebihan dapat menginflamasi tubuh. Tentu saja akan berdampak buruk pada kesehatan kulit yang memicu hiperpigmentasi sehingga flek hitam di wajahmu susah memudar.


Minuman Berkafein

Hampir semua orang menyukai kopi dan teh. Bagaimana tidak, kedua minuman tersebut rasanya enak, mudah diolah, ringan di mulut sehingga cukup menyegarkan tenggorokan. Belum lagi kandungan kafein di dalamnya dapat menyuntikkan energi tambahan sehingga tak mudah mengantuk.


Sayangnya konsumsi minuman berkafein yang berlebihan dapat mengakibatkan ketidakseimbangann hormon. Tubuh pun akan terpicu memproduksi hormon kortisol dan estrogen lebih banyak lagi. Kedua hormon tersebut berpengaruh langsung pada tampilan kulit, sehingga kulit jadi lebih kusam dan mudah mengalami hiperpigmentasi.


Nah, itu dia kelima pantangan makanan untuk wajah flek hitam. Apabila kamu mendambakan kulit yang sehat, glowing, dan cerah, tidak hanya cukup dengan perawatan saja, tetapi juga harus menjaga asupan makanan, serta mengatur pola tidur yang teratur.


Namun kalau keluhan kulitmu tak kunjung membaik, bisa jadi ada permasalahan kulit yang lebih serius dan butuh ditangani oleh dokter ahli. Kamu bisa konsultasi online secara gratis di Diricare yang bekerja sama dengan para dokter berpengalaman. Setelah konsultasi, dokter akan merekomendasikan produk yang sesuai dengan kondisi kulitmu. Yuk, mulai konsultasi sekarang!


Sumber:

https://lipaniskincare.com/fight-hyperpigmentation-diet-guide/

https://www.shefinds.com/collections/avoid-these-foods-dark-spots/#slide-3

banner-artikel
Tag:
solusi
flek hitam
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.