GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Penyebab Spider Veins di Wajah dan Cara Menghilangkannya

TIm Penulis Diri-19 Agt 2024
Penyebab Spider Veins di Wajah dan Cara Menghilangkannya

Pernah nggak, kamu melihat atau mengalami munculnya urat nadi yang berbentuk seperti sarang laba-laba, tepat di bawah lapisan kulit? Nah, itu namanya spider veins. Kondisi ini biasa muncul di kaki atau wajah dan mudah sekali terlihat. 


Meskipun tidak menimbulkan rasa sakit, beberapa orang merasa cukup terganggu dengan munculnya spider veins di kulit mereka. Hmm, memangnya, apa sih penyebab spider veins dan apakah bisa dihilangkan? Yuk, simak artikel ini untuk tahu jawabannya! 


Apa itu Spider veins?

Spider veins, atau yang dikenal dengan istilah medis telangiectasia, adalah kondisi munculnya pembuluh darah kecil pada permukaan kulit yang bentuknya seperti garis-garis halus, bercabang, atau laba-laba. 


Spider veins merupakan bentuk varises ringan, bisa muncul di bagian tubuh mana saja, namun area yang paling sering memunculkan spider veins adalah di paha bagian dalam dan wajah.


Meskipun biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, bagi sebagian orang, spider veins bisa sangat mengganggu penampilan mereka, loh. Sehingga, banyak yang berusaha mencari cara untuk menghilangkannya. 


Apa saja Gejala Spider Veins?

Ciri-ciri atau gejala spider veins meliputi:


1. Bentuk yang Menyerupai Jaring Laba-laba

Spider veins biasanya tampak seperti jaring laba-laba atau cabang-cabang yang halus di kulit. Warnanya bisa merah, biru, ungu, atau hijau, tergantung pada warna kulit dan kedalaman pembuluh darah.


2. Ukuran yang Kecil

Umumnya, spider veins memiliki ukuran yang kecil, dengan panjang sekitar beberapa milimeter hingga beberapa sentimeter. Biasanya, spider veins tidak menimbulkan rasa sakit, meskipun untuk beberapa orang, kondisi ini dapat menimbulkan rasa sedikit gatal atau ketidaknyamanan.


3. Terlihat di Permukaan Kulit

Spider veins terletak di lapisan kulit yang lebih dangkal, sehingga akan terlihat jelas di permukaan kulit. Mereka sering kali muncul membentuk pola yang rumit atau berbentuk bintang.


Penyebab Spider Veins

Beberapa faktor dapat menyebabkan atau berkontribusi terhadap munculnya spider veins, di antaranya:


1. Genetik

Kecenderungan untuk mengembangkan spider veins dapat diwariskan dalam keluarga. Jika orang tua atau anggota keluarga lainnya memiliki spider veins, kemungkinan kamu juga akan mengalaminya lebih tinggi.


2. Perubahan Hormonal

Perubahan hormon selama kehamilan, pubertas, menopause, atau penggunaan pil KB dapat melemahkan katup pembuluh darah dan menyebabkan spider veins. 


3. Paparan Sinar Matahari

Sinar ultraviolet dari matahari dapat merusak kulit dan pembuluh darah di bawahnya, yang menyebabkan spider veins, terutama di wajah. 


4. Penuaan

Seiring bertambahnya usia, pembuluh darah dan katup vena dapat melemah. Kondisi ini membuat darah lebih sulit mengalir kembali ke jantung, menyebabkan penumpukan dan pelebaran pembuluh darah.


5. Obesitas

Berat badan berlebih dapat memberi tekanan ekstra pada pembuluh darah, terutama di kaki, sehingga meningkatkan risiko spider veins.


6. Trauma atau Cedera

Cedera atau trauma pada kulit dan pembuluh darah di bawahnya, dapat menyebabkan kerusakan yang mengakibatkan spider veins.


7. Gaya Hidup yang Buruk

Kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol berlebihan dapat merusak pembuluh darah dan mengganggu sirkulasi darah. Hal ini dapat meningkatkan risiko spider veins.


8. Kehamilan

Selama kehamilan, volume darah dalam tubuh akan meningkat untuk mendukung pertumbuhan janin. Ini bisa memberi tekanan tambahan pada pembuluh darah, terutama di kaki, sehingga menyebabkan spider veins. Perubahan hormon selama kehamilan juga dapat memicu munculnya spider veins.


9. Kondisi Medis Tertentu

Kondisi medis, seperti tromboflebitis superfisial (peradangan pada vena superfisial), gangguan sirkulasi, atau tekanan darah tinggi dapat mempengaruhi pembuluh darah dan menyebabkan spider veins.


Cara Menghilangkan Spider Veins

Mengobati spider veins dapat dilakukan melalui berbagai metode, baik secara medis maupun mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Berikut beberapa cara untuk menyembuhkan spider veins:


Perawatan Medis

1. Skleroterapi

Prosedur ini melibatkan penyuntikan larutan kimia (sclerosant) secara langsung ke dalam pembuluh darah yang terkena. Sehingga, pembuluh darah mengalami iritasi, menyempit, dan akhirnya menghilang. Skleroterapi sangat efektif untuk menghilangkan spider veins dan biasanya membutuhkan beberapa sesi untuk hasil yang optimal.


2. Terapi Laser

Terapi laser menggunakan sinar cahaya yang intens untuk menargetkan dan menghancurkan pembuluh darah kecil tanpa merusak kulit di sekitarnya.


3. Intense Pulsed Light (IPL) Therapy

Mirip dengan terapi laser, IPL menggunakan spektrum cahaya yang luas untuk menargetkan pembuluh darah. Treatment ini sering digunakan untuk spider veins yang lebih dekat ke permukaan kulit.


4. Elektrodesikasi dan Pembedahan

Metode ini melibatkan penggunaan arus listrik untuk membakar dan menghancurkan pembuluh darah. Biasanya, metode ini akan diterapkan untuk kasus-kasus tertentu.


Perubahan Gaya Hidup

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan yang sehat, dapat mengurangi tekanan pada pembuluh darah di kaki. Sehingga, resiko kemunculan spider veins dapat berkurang.


2. Olahraga Teratur

Dengan berolahraga, akan meningkatkan sirkulasi darah dan membantu mencegah munculnya spider veins. Aktivitas seperti berjalan, berlari, atau berenang sangat dianjurkan.


3. Hindari Paparan Sinar Matahari Berlebih

Gunakan tabir surya dan pakaian pelindung untuk menghindari kerusakan kulit yang dapat memicu atau memperburuk spider veins, terutama di area wajah.


Selain melakukan cara-cara di atas, penting juga untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis. Mereka dapat memberikan diagnosis yang tepat dan merekomendasikan perawatan terbaik sesuai dengan kondisi kamu. 


Itulah penjelasan ringkas mengenai spider veins, mulai dari pengertian, ciri atau gejala, penyebab, hingga cara untuk menghilangkannya. Dengan melakukan perawatan medis secara rutin dan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, spider veins dapat diobati secara efektif, dan risiko spider veins muncul kembali dapat diminimalkan.




Referensi:

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/apa-itu-spider-veins

https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-7-penyebab-dan-cara-mengatasi-spider-veins

https://www.klikdokter.com/info-sehat/kulit/cara-atasi-spider-vein-pembuluh-darah-pecah-di-wajah

Tag:
solusi
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.