GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Ini Perbedaan Cleanser dan Micellar Water, Lebih Baik Mana?

Ditinjau oleh dr. Intan-10 Jan 2024
Ini Perbedaan Cleanser dan Micellar Water, Lebih Baik Mana?

Buat kamu yang sering melakukan double cleansing, pasti tahu ya mengenai produk-produk pembersih wajah satu ini. Yap, baik cleanser maupun micellar water punya fungsi yang sama nih untuk membersihkan wajah dari bekas make up, debu, dan minyak yang menempel di kulit setelah beraktivitas seharian. Tapi, tahukah kamu kalau sebenarnya, cleanser dan micellar water itu berbeda? Nah, buat kamu yang penasaran, mari kita ulas apa sih bedanya cleanser dengan micellar water berikut ini!


Apa itu Cleanser?

Cleanser adalah produk yang dirancang khusus untuk membersihkan wajah dari kotoran, minyak, make up, hingga zat-zat lain yang menempel di kulit sepanjang hari. Cleanser biasanya digunakan saat ingin memulai rutinitas perawatan kulit, atau saat ingin make up. Jenis cleanser juga beragam. Mulai dari gel, minyak, cream, balm, hingga busa. Kamu bisa memilih jenis cleanser berdasarkan kondisi dan masalah kulit.


Cara Kerja Cleanser

Cleanser mengandung bahan-bahan yang berperan dalam membersihkan kulit. Misalnya seperti surfactant, bahan kimia yang dapat melarutkan minyak dan kotoran. Molekul surfaktan dalam cleanser membantu memecah partikel minyak dan kotoran, sehingga dapat diangkat dan dibilas dengan air. Cleanser dapat menembus ke dalam pori-pori untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel di dalamnya, membantu mencegah timbulnya jerawat dan komedo. 


Sebagian besar produk cleanser diformulasikan dengan pH yang seimbang untuk menjaga keseimbangan alami kulit. Selain itu, cleanser juga diperkaya bahan-bahan yang bisa melembabkan dan mengenyalkan kulit, seperti Hyaluronic Acid.


Apa itu Micellar Water?

Sementara itu, micellar water adalah produk pembersih wajah yang ringan dan efektif dalam mengangkat kotoran, minyak, serta sisa make up dari kulit. Namanya berasal dari istilah "micelles", yaitu partikel kecil yang terdiri dari molekul-molekul pembersih berupa surfaktan. Micelles inilah yang berperan menarik kotoran dengan cara mengikatnya lalu mengangkatnya dari kulit.


Micellar water tidak mengandung bahan-bahan aktif seperti alkohol atau sabun yang bisa mengeringkan kulit. Bahkan, sebagian micellar water dirancang untuk bisa digunakan tanpa harus membilasnya dengan air.


Cara Kerja Micellar Water

Ketika micellar water diteteskan ke kapas dan diaplikasikan pada kulit wajah, micelles akan menarik kotoran, minyak, serta sisa-sisa make up dari permukaan kulit. Micelles memiliki struktur yang bisa menarik kotoran ke dalam inti bola kecil mereka. Bagian luar micelles bersifat hidrofilik (menarik air), sedangkan bagian dalamnya bersifat hidrofobik (menarik minyak dan kotoran).


Micelles bekerja tanpa perlu gesekan yang keras pada kulit. Tentunya, ini membuat proses pengangkatan kotoran dan sisa make up lebih lembut dan bisa merusak kulit. Meskipun begitu, produk ini mampu membersihkan dengan cukup efektif, bahkan hingga make up yang waterproof.


Perbedaan Cleanser dengan Micellar Water

Terdapat beberapa perbedaan antara cleanser dengan micellar water, baik dari segi formulasi, cara kerja, maupun fungsi utamanya. Kamu bisa cek berikut ini:


1. Komposisi dan Formulasi

  • Cleanser: Cleanser hadir dalam berbagai jenis, gel, minyak, cream, balm, hingga busa. Umumnya, cleanser mengandung surfaktan, pelembab, serta bahan-bahan lain untuk membersihkan kulit dari kotoran, minyak, dan sisa make up. Cleanser juga dapat dirancang untuk berbagai jenis kulit.
  • Micellar Water: Micellar water merupakan produk pembersih berbahan dasar air, sehingga jauh lebih ringan. Produk ini mengandung micelles, yakni molekul pembersih yang menarik minyak dan kotoran dari kulit, dan tidak mengandung alkohol dan sabun yang membuat kulit menjadi kering. Biasanya, micellar hanya memerlukan sedikit bilasan saat setelah digunakan, atau bahkan tidak memerlukan bilasan sama sekali. 



2. Cara Kerja

  • Cleanser: Molekul surfaktan dalam cleanser membantu memecah partikel minyak dan kotoran, sehingga dapat diangkat dan dibilas dengan air. 
  • Micellar Water: Kandungan micelles bekerja menarik kotoran, minyak, dan sisa make up dari kulit, tanpa perlu gesekan yang kuat. Saat diaplikasikan pada kapas, micelles akan menarik kotoran, minyak, serta sisa-sisa make up dari permukaan kulit. Bagian luar micelles bersifat hidrofilik (menarik air), sedangkan bagian dalamnya bersifat hidrofobik (menarik minyak dan kotoran).


3. Tujuan Penggunaan

  • Cleanser: Umumnya, cleanser digunakan sebagai langkah pertama dalam rutinitas pembersihan kulit. Cleanser membersihkan kulit secara menyeluruh dari berbagai kotoran, minyak, serta make up sebelum lanjut ke langkah perawatan kulit selanjutnya.
  • Micellar Water: Sementara itu, micellar water sering digunakan untuk menghilangkan sisa make up, kotoran, atau sebagai langkah awal membersihkan wajah sebelum menggunakan facial wash. Micellar water juga bisa menjadi pilihan saat tidak ada air bersih untuk mencuci muka.


4. Bilasan

  • Cleanser: Sebagian besar cleanser memerlukan bilasan dengan air setelah digunakan untuk menghilangkan residu produk dan kotoran dari kulit.
  • Micellar Water: Beberapa micellar water dirancang untuk tidak memerlukan bilasan dengan air. Namun, beberapa produk micellar water juga dapat dibilas jika diinginkan.


5. Kandungan Bahan

  • Cleanser: Formulasi cleanser bisa berbeda-beda, tergantung dari jenisnya. Namun, secara umum, cleanser biasanya mengandung surfaktan, pelembab, bahan aktif untuk masalah kulit tertentu, dan sebagainya.
  • Micellar Water: Formulasi micellar water umumnya lebih sederhana. Berbahan dasar air, micelles, dan bahan-bahan ringan yang cocok untuk kulit sensitif.


Oke, itulah informasi mengenai bedanya cleanser dengan micellar water yang bisa kamu ketahui. Keduanya memiliki peran dalam rutinitas perawatan kulit. Namun, micellar water sering dianggap sebagai alternatif yang lebih ringan dan praktis, bisa dibawa-bawa saat perjalanan karena tidak perlu dibilas. Sedangkan, cleanser memiliki berbagai jenis dan formulasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit yang berbeda-beda.


Nah, kalau kamu ada pertanyaan lebih lanjut mengenai kandungan dan kegunaan cleanser maupun micellar water, yuk download aplikasi Diri Care! Kamu bisa konsultasi dengan dokter ahli mengenai dua produk ini, atau produk perawatan tubuh lainnya. 



Referensi:

https://journal.sociolla.com/beauty/perbedaan-makeup-remover-cleanser-micellar-water?page=2

https://www.beautynesia.id/beauty/serupa-tapi-tak-sama-cari-tahu-perbedaan-dan-manfaat-dari-cleansing-balm-cleansing-oil-dan-micellar-water/b-278699/4

banner-artikel
Tag:
double cleansing
make up remover
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.