GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Mirip tapi Berbeda, Inilah Perbedaan Essence dan Serum agar Kamu Tak Salah Pilih

Ditinjau oleh: dr. Deviana H.-21 Agt 2022
Perbedaan Essence dan Serum Diricare

Tren perawatan wajah ala Korea selatan atau yang terkenal dengan istilah 10 Steps Korean Skincare Routine sempat menjadi kiblat kecantikan orang-orang di seluruh dunia. Banyak orang sudah mengikuti tren tersebut dan senang dengan hasilnya di kulit mereka. Tetapi sebagian orang lainnya merasa kewalahan dengan rutinitas skincare harian yang berlapis-lapis. Apalagi dalam tren perawatan wajah ala Korea itu menggunakan bermacam-macam produk yang mirip sehingga membuat bingung. Salah satu yang kerap membingungkan orang-orang adalah perbedaan essence dan serum.


Apakah kamu termasuk orang yang bingung membedakan kegunaan essence dengan serum? Meskipun sekilas bentuk keduanya seperti tak ada beda, ternyata kegunaan essence dan serum berbeda. Supaya kamu tidak salah dalam menggunakannya, mari simak penjelasan artikel ini sampai selesai.


Apakah Essence Itu?

Essence adalah produk skincare berbahan dasar air. Sebenarnya yang meluncurkan essence pertama kali adalah brand kosmetik dari Jepang di tahun 1897. Namun, pada saat itu bukan menggunakan istilah “essence” melainkan “eudermine”.


Beberapa tahun kemudian, K-Beauty tren memperkenalkannya kembali dengan istilah essence yang meledak di pasaran. Banyak brand dari seluruh dunia pun berlomba-lomba membuat essence yang dapat membantu meredakan berbagai keluhan di kulit. Oleh karena itulah, orang-orang kesulitan membedakan essence dan serum.

Pada dasarnya essence mengandung berbagai bahan aktif untuk memberikan hidrasi pada kulit. Lalu, fungsi lain dari essence untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan kulit. Waktu paling tepat saat mengaplikasikan essence adalah setelah toner dan sebelum memakai serum.


Essence akan mengembalikan kadar air pada kulit yang sempat hilang sehabis cuci muka. Di samping itu, essence akan membantu serum jadi terserap lebih baik ke dalam kulit.


Komposisi yang Umumnya Ada dalam Essence

Supaya bisa membedakan antara essence dan serum dengan lebih mudah, berikut daftar komposisi dasar yang ada di setiap produk essence:

1. Air, sebagai komposisi dasar essence guna menghidrasi kulit

2. Glycerin, salah satu bahan pelembab agar mengembalikan kadar air pada kulit yang hilang sehabis cuci muka

3. Hyaluronic acid, membantu hidrasi dan mengenyalkan kulit

4. Ekstraksi berbagai bahan alami (bunga Calendula, Centella, dan lainnya), sebagai bahan antioksidan yang bisa sedikit mengurangi keluhan pada kulit

5. Vitamin, mineral, dan lipid, dapat memberikan nutrisi pada kulit supaya lebih kuat


Keuntungan Memakai Essence

Meskipun essence dan serum sama-sama penting karena keduanya punya fungsi yang berbeda, tetapi jika kamu kewalahan memakai keduanya, kamu bisa hanya memakai salah satunya saja menyesuaikan kebutuhan kulit. Berikut penjelasan singkat keuntungan pemakaian essence untuk kulit.

1. Memberikan hidrasi tambahan yang tidak cukup hanya dari toner

2. Menguatkan skin barrier

3. Meningkatkan kesehatan kulit

4. Mengembalikan pH kulit

5. Melembutkan permukaan kulit

6. Menjaga kulit dari bahaya radikal bebas dan paparan UV


Apakah Serum Itu?

Berbeda dengan essence yang konsistensinya ringan karena bahan dasarnya air dan lebih berfokus untuk memberikan hidrasi, konsistensi serum cenderung lebih pekat.


Sebab mengandung banyak bahan aktif dan memang berfungsi untuk menyembuhkan keluhan kulit secara khusus. Contohnya garis halus, warna kulit tidak merata, jerawat, bekas jerawat, dan sebagainya.


Di dalam serum juga memiliki banyak sekali molekul aktif yang bisa menyusup ke dalam permukaan kulit, sehingga kulit dapat bermanifestasi secara optimal hanya dalam pemakaian yang singkat. Maka dari itu, kulit akan jauh membaik meskipun baru memakai serum hanya beberapa hari saja.


Walaupun hanya dengan mengaplikasikan serum saja sudah bisa melembabkan kulit, tetapi kamu juga tetap perlu mengaplikasikan pelembab agar kandungan serum yang sudah terserap ke dalam kulit tidak menguap sia-sia.


Komposisi Utama yang Umum Ada di Dalam Serum

Waktu yang tepat untuk memakai serum adalah setelah essence dan sebelum produk bertekstur berat dan kental seperti pelembab dan sunscreen. Namun, bila kamu memilih tidak memakai essence, pakailan serum sesaat setelah toner. Lalu bisa memakai serum satu sampai dua kali dalam sehari tergantung kebutuhan kulit.


Serum ada berbagai macamnya karena setiap produk serum hanya berkonsentrasi pada satu permasalahan kulit. Setiap perusahaan kecantikan biasanya akan memproduksi jenis serum berikut:

1. Serum untuk mencegah tanda-tanda penuaan dengan bahan utama Retinol dan Bakuchiol

2. Serum pencerah memiliki bahan utama Vitamin C, Ferulic Acid, Licorice Root, Kojic Acid, Glycolic Acid, dan sebagainya

3. Serum untuk hidrasi seringnya mengandung Vitamin B5 dan Hyaluronic Acid

4. Serum kaya antioksidan di dalamnya ada Vitamin C, Vitamin A, dan Vitamin E

5. Serum terkhusus kulit sensitif umumnya mengandung Niacinamide

6. Serum mengatasi jerawat seringnya mengandung Salicylic Acid

7. Serum yang bisa memperbaiki tekstur kulit biasanya mengandung Glycolic Acid


Keuntungan Memakai Serum

Jika kamu ingin sekali menghilangkan suatu masalah kulit yang sangat mengganggu, memakai serum adalah pilihan yang tepat. Berikut ini keuntungan yang bisa kamu rasakan bila memakai serum.

1. Serum terhitung cepat menyerap meski konsistensinya kental

2. Bisa menenangkan kulit sensitif

3. Meningkatkan tampilan kulit dan tampak awet muda

4. Melindungi kulit dari radikal bebas dan kerusakan dari luar


Itu dia penjelasan singkat tentang perbedaan essence dan serum. Kamu tidak harus memakai keduanya jika memang kewalahan dengan rangkaian skincare routine yang terlalu banyak. Cukup pakai salah satu produk dengan melihat kondisi dan kebutuhan kulit.


Kalau keluhan di kulitmu masih belum mereda, lebih baik konsultasikan masalah kulitmu pada dokter berpengalaman. Hanya tiga langkah mudah, kamu bisa mulai konsultasi gratis dan dapatkan rekomendasi produk dari dokter dengan harga terjangkau. Yuk, mulai konsultasi sekarang.


Referensi:

https://www.healthline.com/health/what-is-essence#vs-toner

https://www.cocokind.com/blogs/news/what-s-the-difference-between-serum-and-essence

https://www.healthline.com/health/benefits-of-face-serum#whats-a-serum

Tag:
essence
serum
serum wajah
tipe kulit
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.