GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Mengenal Perbedaan Toner dan Serum, Sudah Tahu Mana yang Tepat Buat Kulitmu?

Ditinjau oleh: dr. Sarafina G.-23 Jul 2022
Perbedaan Toner dan Serum Diricare

Banyak jenis skincare yang bertujuan untuk membuat kulit lebih sempurna. Kadang, satu jenis skincare dengan jenis lainnya punya tekstur yang sama tetapi berbeda dalam hal fungsi dan cara pemakaian. Untuk toner dan serum, apakah kamu sudah tahu perbedaannya? Kalau kamu belum tahu perbedaan toner dan serum, berikut simak penjelasan lengkapnya.


Toner

Toner dianggap sebagai skincare yang mampu membantu memperbaiki masalah kulit. Sementara beberapa orang tidak menganggap skincare yang satu ini perlu dimasukkan dalam rutinitas harian merawat kulit. Lantas apa itu toner dan manfaatnya untuk kulit, terutama kulit wajah?


Toner adalah produk perawatan kulit yang teksturnya seperti air. Fungsi toner untuk menghilangkan minyak berlebih pada kulit. Bagi kamu yang memiliki kulit mudah berjerawat, produk ini sangat bermanfaat. Produk toner yang terbuat dari bahan alami, juga bisa membantu menenangkan kulit, mencerahkan, dan menghalau tanda-tanda penuaan.


Fungsi toner

Umumnya, toner berfungsi membersihkan kulit secara menyeluruh. Seringkali dalam suatu produk diformulasikan menjadi astringen untuk menghilangkan sisa minyak dan kotoran yang menempel pada kulit. Sedangkan sejumlah produk inovatif, memformulasikan toner tidak hanya menghilangkan sisa kotoran pada kulit wajah, tetapi juga memberikan nutrisi pada kulit setelah dibersihkan. Seperti produk Custom Toner dari klinik Diri yang merangkum manfaat dari toner untuk kulit wajah.


Toner ini tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi kulit kusam, flek, bekas jerawat, pori-pori besar, dan tanda-tanda aging lainnya. Toner yang diformulasikan oleh tim ahli dan dokter berpengalaman ini, membantu menenangkan kulit dan bersifat anti inflamasi sehingga cocok untuk kulit sensitif. Nah, buat kamu yang bertipe kulit mudah jerawatan, bisa memakai Custom Acne Toner yang bermanfaat meredakan jerawat meradang dan mencegah produksi sebum penyebab jerawat.


Seperti dalam memilih produk skincare yang baru, kamu perlu memilah kandungan mana yang baik dan perlu dihindari sesuai tipe kulitmu. Pesan dokter kulit, pastikan toner tidak terlalu mengeringkan atau mengiritasi kulit. Baca label komposisi pada produk yang kamu pilih, dan waspadai kandungan alkohol di dalamnya karena cenderung mengeringkan kulit.


Untuk kulit berminyak, pilihlah toner yang bersifat anti bakteri dan pengelupasan. Fungsinya agar menurunkan produksi sebum, mengangkat sel kulit mati, dan mencegah jerawat tumbuh. Cara pemakaian toner dengan tepat, berikut ikuti setiap langkahnya.


Cara memakai toner dengan tepat

Cara pemakaian toner sebagai pembersih ekstra, tergantung pada jenis toner yang dipakai. Jenis toner dibedakan berdasarkan aplikatornya. Untuk jenis toner spray, kamu tinggal menyemprotkan pada kulit wajah usai mencuci muka. Sedangkan jenis toner lainnya, diaplikasikan menggunakan bola kapas dan diseka dengan lembut pada kulit wajahmu. Mudah bukan cara memakai toner?


Selain memperhatikan cara yang benar, kamu juga perlu memakai toner di waktu yang tepat. Toner, paling baik dipakai setelah kamu membersihkan wajah. Karena toner membantu membersihkan kulit secara ekstra jika masih ada sisa kotoran setelah mencuci muka.


Toner perlu dipakai sebelum kamu memakai krim, serum, atau produk perawatan lainnya. Dalam sehari, bisa dipakai dua kali atau disesuaikan dengan rutinitas membersihkan wajahmu dalam sehari.


Kalau toner begitu bermanfaat membersihkan dan menutrisi kulit, lantas apa manfaat dari serum? Masih perlukah memakai serum jika sudah memakai toner? Nah, untuk menjawab semua itu, kamu perlu mengetahui betul perbedaan toner dan serum berdasarkan fungsi serta formulasinya.


Serum

Serum sangat berbeda dengan toner. Kalau toner berfungsi sebagai pembersih dengan manfaat lebih, serum adalah cairan yang pekat mengandung bahan aktif untuk memperbaiki keluhan pada kulit wajah. Misalnya, serum mengandung niacinamide yang mencerahkan, asam hialuronat yang menghidrasi, hingga asam salisilat untuk mengatasi jerawat. Bahkan, kalau kulitmu cenderung kering, sensitif, muncul garis halus tanda penuaan, hingga kerutan, dapat diatasi dengan formulasi cairan pekat ini.


Jenis serum bisa dibedakan berdasarkan kandungan bahan aktif di dalamnya. Sehingga kamu perlu mengenali kondisi kulitmu sebelum menjatuhkan pilihan pada salah satu produk serum wajah.


Perbedaan toner dan serum tampak jelas di sini, sebab serum jauh lebih terkonsentrasi daripada toner. Oleh karena itu, secara harga cenderung lebih mahal daripada toner ataupun krim perawatan jenis lain.


Fungsi serum

Pemakaian serum dengan kandungan bahan aktif tertentu, bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Pada umumnya, fungsi serum antara lain dapat menghidrasi, menenangkan, melindungi, mengelupas, menyegarkan, dan semua fungsi tersebut tergantung bahan aktif yang terkandung. Paling populer, serum mengandung asam hialuronat, niacinamide, dan asam glikolat.


Menurut dokter kulit, meskipun serum dapat memberikan banyak manfaat untuk kulit wajah. Tetapi tak bisa menggantikan produk rutin harianmu.


Cara memakai serum

Waktu terbaik memakai serum ialah setelah kamu membersihkan dan mengaplikasikan toner pada kulit wajah. Cara memakai serum, yaitu dengan menuangkan seukuran kacang polong di atas kulit yang sudah bersih dan kering. Ratakan secara lembut dengan jari telunjuk dan jari tengah. Tepuk-tepuk dengan halus agar meresap sempurna. Biasanya, kandungan akan terserap kulit setelah 30 hingga 60 detik. Setelah jeda waktu tersebut, kamu bisa memakai produk lain, misalnya krim malam, pelembap, minyak wajah, ataupun tabir surya.


Setelah mengetahui penjelasan tentang fungsi dan cara memakai serum yang tepat, apa serum terbaik untuk kulit wajahmu? Dokter kulit merekomendasikan untuk mengetahui kebutuhanmu terlebih dahulu sebelum memutuskan serum yang terbaik. Kalau kamu bingung memilihnya, konsultasikan pada tim klinis dan dokter ahli yang berpengalaman di klinik Diri. Buat kamu yang memiliki kulit sensitif dan cenderung berjerawat, Custom Acne Spot Serum mengandung asam salisilat dan BHA yang membantu mengatasi sebum dalam pori-pori kulit.


Untuk mengatasi mata panda dan dark spot bekas jerawat, Custom Face Serum mengandung vitamin C yang bersifat sebagai antioksidan. Dengan serum mengandung antioksidan, produksi kolagen akan terstimulus sehingga dapat mengurangi kerutan halus serta memperbaiki tekstur kulit.


Selain itu, Custom Face Serum juga dapat mengatasi masalah kulit kusam. Produk ini diformulasi mengandung vitamin C, salmon DNA, benzoil peroksida, BHA/asam salisilat, dan sulfur yang membantu membuat kulit terlihat lebih glowing.

Itulah penjelasan tentang perbedaan toner dan serum. Meskipun keduanya bukan skincare rutin yang wajib dipakai, tetapi kamu perlu memasukkannya dalam rutinitas perawatan harian untuk mendapatkan manfaat yang kamu impikan pada kulit wajahmu.


Referensi:

https://www.byrdie.com/what-does-toner-do

https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/a37339406/what-is-face-serum-how-to-apply/

Tag:
toner
serum wajah
serum
skincare
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.