GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Rahasia di Balik Kulit Sehat dan Bercahaya ala Seleb Korea, Kamu Bisa Memilikinya, lho!

Ditinjau oleh: dr. Flora F.-10 Apr 2023
Rahasia Kulit Sehat Bercahaya ala Seleb Korea Diricare

Beberapa tahun terakhir demam Korea sedang melanda di seluruh dunia. Selain karena budaya pop-nya, Korea juga terkenal karena para selebritinya memiliki visual menawan. Tampilan kulit selebriti Korea yang glowing dan mulus, sukses membuat orang-orang terpukau sampai berlomba-lomba mencari tahu rahasia kulit putih Korea.


Kalau kamu termasuk salah satu orang yang mengidamkan kulit sehat dan cerah ala Korea, artikel ini akan menguraikan rahasia dan langkah perawatan wajah yang dilakukan para artis Korea. Penasaran? Yuk, simak sampai tuntas.


Formula Skincare ala Korea

Beberapa tahun terakhir berbagai produk skincare dari Korea memenuhi berbagai rak di toko kecantikan seluruh dunia, termasuk Indonesia. Selain harganya yang terjangkau, produk skincare Korea rata-rata menggunakan bahan-bahan alami sehingga menjadi favorit banyak orang.


Namun, yang membuat formula skincare asal Korea ini unik adalah variasi produknya yang bermacam-macam dengan fungsi yang berbeda-beda. Di samping itu, jumlah tahapan perawatan wajah ala Korea yang berlapis-lapis juga menarik perhatian banyak orang.


Tidak heran lambat laun skincare ala Korea menjadi kiblat tren kecantikan di seluruh dunia. Sebenarnya apa alasan skincare Korea bisa digandrungi sejuta umat?


1. Mempopulerkan Metode Pembersihan Double Cleansing

Pernahkah kamu mendengar metode pembersihan wajah dengan double cleansing? Metode ini mulai populer setelah ritual “10 Tahap Skincare ala Korea” menjadi tren, sehingga banyak orang melakukan metode double cleansing dalam ritual perawatan wajah harian mereka.


Nyatanya metode ini memang sangat ampuh membersihkan wajah secara maksimal hingga ke dalam pori-pori. Setelah melakukan metode ini, banyak orang merasakan perbedaan pada wajah mereka yang jadi lebih bersih, halus, dan jarang berjerawat.


Membersihkan wajah dengan metode double cleansing ini selalu mulai dari pembersih wajah berbahan dasar air atau minyak. Gunanya untuk menghapus riasan dan membersihkan minyak serta kotoran yang menyumbat pori-pori. Baru selanjutnya mencuci wajah dengan sabun pembersih berbahan foam atau gel agar pori-pori bersih maksimal bebas jerawat.


2. Semua Rangkaian Produk Memiliki Fungsi yang Berbeda

Langkah perawatan wajah ala Korea ini memang berlapis-lapis sehingga memerlukan banyak produk skincare. Meski sekilas terlihat mirip, setiap produk skincare mempunyai fungsinya sendiri-sendiri dan masing-masing produk saling melengkapi untuk mempercantik tampilan kulit.


Misalkan saja toner. Produk skincare ini meski sejenis tetapi berdasarkan fungsi terbagi jadi dua, yaitu exfoliating toner dan hydrating toner. Keduanya nampak mirip tapi fungsinya sama sekali berbeda. Exfoliating toner berguna untuk mengangkat sel kulit mati, sementara itu hydrating toner fungsinya melembabkan kulit agar tidak dehidrasi.


Selain itu, produk lain yang terlihat mirip tapi punya fungsi yang berlainan adalah essence dan serum, moisturizer dan sleeping mask, ampoule dan serum, dan lain-lain.  


3. Urutan Pemakaian Skincare Adalah Kunci Kulit Glowing

Berdasarkan prinsip perawatan kulit ala Korea, kunci dari kulit yang sehat dan glowing adalah layering. Apa itu? Layering adalah urutan dari rangkaian perawatan skincare yang dimulai dari membersihkan wajah sampai ke tahap terakhir, yakni melembabkan.


Pada saat layering, kamu harus memperhatikan tekstur produk skincare. Selalu mulai dari tekstur yang paling ringan seperti toner. Baru setelah itu lanjut dengan essence dan serum yang memiliki tekstur lebih tebal. Berakhir dengan moisturizer yang umumnya bertekstur paling pekat untuk mengunci kelembaban di pori-pori agar kulit tidak dehidrasi.


4. Menepuk Wajah Lebih Baik dari Menggosok Wajah

Orang-orang pada umumnya menggosok kulit wajah mereka saat sedang memakai skincare. Akan tetapi, metode perawatan wajah ala Korea memperkenalkan metode yang berbeda, yaitu dengan menepuk-nepukkan kulit.


Ternyata menepuk-nepuk kulit saat mengaplikasikan skincare di kulit wajah lebih efektif daripada menggosoknya, karena produk akan lebih cepat meresap sehingga tak meninggalkan residu pada wajah yang tak jarang malah bisa menyumbat pori-pori. Produk skincare yang bisa terserap sempurna membuat hasil di kulit jadi lebih maksimal.


Langkah Perawatan Wajah Seperti Selebriti Korea

Tampilan kulit yang cerah, sehat, dan glowing sudah menjadi standar kecantikan ideal semenjak seleb-seleb Korea mulai mendunia. Lantas apa rahasia di balik kulit putih dan sehat mereka? Berikut langkah perawatan wajah ala artis Korea yang bisa kamu lakukan di rumah.


1. Double Cleansing

Langkah pertama dalam perawatan wajah selalu mulai dari pembersihan. Gunakan pembersih berbahan dasar air atau minyak untuk menyeka riasan, sebum, dan kotoran dari kulit dan pori-pori. Setelah itu, bilas residunya dengan sabun cuci muka berbahan dasar gel atau foam, sehingga kulit bersih sampai ke dalam pori.


2. Toner

Toner merupakan produk skincare yang konsistensinya paling ringan. Maka gunakan toner tepat setelah membersihkan wajah. Fungsi dari toner adalah untuk melembabkan, mengembalikan pH kulit setelah mencuci wajah, mengelupas sel kulit mati, dan mempersiapkan kulit agar menyerap produk skincare selanjutnya yang lebih pekat.


3. Essence, Serum, Ampoule

Setelah mengaplikasikan toner, langkah selanjutnya adalah mengoleskan produk skincare berkonsentrasi tinggi seperti essence, serum, atau ampoule. Fungsi dari ketiganya untuk memberikan vitamin serta memperbaiki masalah kulit, seperti kulit tidak merata, jerawat, flek hitam, dan lain-lain.


Namun, kamu tidak harus memakai ketiganya bersamaan. Kamu bisa hanya memakai serum saja, atau memilih essence yang kandungannya lebih ringan, maupun ampoule yang umumnya isi kandungannya lebih tinggi dari serum.


4. Moisturizer

Supaya seluruh rangkaian produk yang sudah terserap kulit tak menjadi sia-sia, kamu harus menguncinya dengan mengoleskan moisturizer. Kegunaan pelembap sangat penting untuk menjaga kadar air pada kulit, sehingga kulit tidak dehidrasi. Sebab kulit yang dehidrasi menjadi akar permasalahan kulit yang meliputi wajah berminyak, jerawat, komedo, dan lainnya.


6. Sheet Mask

Untuk tambahan kelembaban yang ekstra, biasanya selebriti Korea akan memakai sheet mask sebelum tidur. Masker wajah ini bermanfaat untuk melembabkan kulit, serta di dalamnya mengandung bahan aktif yang bagus untuk kulit. Tampilan kulit jadi lebih mulus, cerah, sehat, dan glowing saat bangun tidur. Namun tentu kandungan sheet mask yang beragam perlu dipertimbangkan dengan hati-hati sehingga sesuai dengan kondisi kulitmu.


Demikian ulasan tentang rahasia kulit putih Korea. Untuk mendapatkan kulit sehat dan glowing seperti selebriti Korea, memang memerlukan usaha dan ketelatenan. Selain melakukan perawatan wajah di rumah, konsultasikan permasalahan kulitmu ke dokter terpercaya.


Diricare menawarkan konsultasi gratis. Hanya dengan tiga langkah mudah, kamu sudah bisa mendapatkan personalized skincare sesuai kebutuhan kulitmu atas saran dari dokter berpengalaman.


Referensi:

https://www.harpersbazaar.com/beauty/skin-care/a28648869/best-korean-skin-facial-tips/

https://www.byrdie.com/korean-beauty-secrets

https://www.allure.com/gallery/k-pop-stars-nighttime-skin-care-routines-steps-products

Tag:
skincare
cerah
glowing
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.