GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Inilah 7 Cara Terbaik Dapatkan Kulit Glowing Semulus Porselen

Ditinjau oleh dr. Sarafina G-20 Okt 2022
rahasia-tips-kulit-glowing

Mendapatkan kulit bebas jerawat, cerah, dan semulus porselen tidak lagi jadi persoalan sulit. Kamu hanya perlu telaten merawat kulit dan mengerti kebutuhan kulitmu. Di samping itu, cobalah ikuti cara-cara berikut ini untuk dapatkan kulit sehat, terawat, dan glowing. Yuk, simak artikel ini sampai selesai.


Cuci Muka Dua Kali Sehari

Kulit wajah yang sehat haruslah bersih, bebas dari debu, sebum, polusi, dan segala bentuk kotoran yang menutupi pori-pori. Kalau kulitmu termasuk tipe mudah berminyak, pastikan cuci muka dua kali sehari supaya tak mudah berjerawat.

Berdasarkan sebuah studi oleh National Library of Medicine, jerawat lebih cepat sembuh jika mencuci wajah dua kali sehari. Sedangkan bila mencuci wajah hanya sekali sehari dapat memperparah pertumbuhan jerawat. Begitu pula dengan yang mencuci wajah lebih dari dua kali sehari, karena kelenjar sebum terstimulasi sehingga memicu pertumbuhan jerawat.


Pakai Produk Pembersih yang Lembut

Berbagai produk kecantikan saling berlomba menarik konsumen dengan memasukkan komposisi yang jadi primadona saat ini. Contohnya niacinamide, alpha hydroxy acid, tea tree oil, centella asiatica, dan sebagainya.

Walaupun komposisi tersebut sangat menggiurkan, tetapi para ahli menyarankan untuk memakai produk pembersih wajah yang lembut, komposisinya seminimal mungkin, dan tidak mengandung alkohol serta parfum. Menurut percobaan oleh PubMed Central, pembersih wajah yang lembut efektif menjaga kesehatan wajah dan mengurangi jerawat.

Saran ini tidak terbatas untuk kulit yang rentan berjerawat dan sensitif saja, untuk tipe kulit normal, kering, hingga berminyak pun disarankan memakai produk pembersih yang lembut.


Tidak Menekan Jerawat

Kondisi kulit terbaik sekalipun pasti pernah merasakan tumbuhnya jerawat. Ketika jerawat sedang meradang, pasti jadi terasa tidak nyaman yang tidak jarang diikuti rasa nyeri. Munculnya jerawat akibat adanya sumbatan pada pori-pori oleh sebum, kotoran, dan polusi yang kemudian terinfeksi bakteri p acnes.

Sering kali orang jadi tidak percaya diri ketika jerawat menghampiri kulit wajah mereka karena cukup mengganggu penampilan. Maka dari itu mereka kerap menyentuh dan menekan jerawat, berharap jerawat bisa cepat kempes dan hilang.

Sayangnya cara tersebut malah akan memperparah inflamasi jerawat dan memperlama proses penyembuhan jerawat. Efeknya membuat bekas jerawat lebih susah hilang dan jerawat akan tumbuh lagi dengan mudah.


Mengurangi Kebiasaan Menyentuh Wajah

Kadang-kadang tanpa sadar kamu punya kebiasaan menyentuh kulit wajah di tengah-tengah aktivitas. Nah, kalau kamu mendambakan wajah yang bersih dan sehat, kurangilah kebiasaan buruk menyentuh wajah selain saat mencuci muka.

Meski kamu merasa tanganmu bersih, tetapi kamu tidak pernah tahu kalau jari-jari tanganmu terdapat minyak, kotoran, bakteri, dan zat luar lainnya yang tidak terlihat.

Maka dari itu ketika sembarangan menyentuh wajah dengan tangan dapat menyebabkan peradangan jerawat bertambah parah. Bahkan kulit yang semula sehat dan bersih jika sering disentuh sembarangan juga dapat mendatangkan jerawat dengan mudah.


Menjaga Kadar Air pada Kulit

Kamu tidak perlu menghamburkan banyak uang untuk membeli produk perawatan terkini demi kulit glowing. Kamu bisa mendapatkan kulit dambaanmu dengan cara sederhana, yakni tetap jaga kadar air kulit wajahmu.

Caranya dengan memenuhi asupan air harian dan tidak pernah lupa menggunakan pelembab setelah mencuci muka. Bila kulit wajah terjaga hidrasinya, produksi sebum jadi terkontrol dan dapat mencegah kerusakan oleh radikal bebas. Jerawat pun jadi enggan mampir di kulit wajah.

Jangan lupa sesuaikan produk pelembab sesuai tipe kulit. Gunakanlah pelembab yang teksturnya padat jika tipe kulitmu normal cenderung kering. Lalu, bagi pemilik tipe kulit berminyak bisa memakai pelembab yang teksturnya gel karena lebih ringan.


Selalu Memakai Sunscreen

Selain pelembab, produk perawatan kulit yang tak kalah penting adalah sunscreen. Mengapa pemakaian sunscreen sangat penting dan harus diaplikasikan setiap hari walau di dalam ruangan? Sebab, sinar UV dapat merusak jaringan kulit.

Kulit yang kerap terpapar sinar UV akan mengalami hiperpigmentasi, mudah keriput, memunculkan flek hitam, dan sunburn.

Selain itu, paparan UV juga dapat membuat kulit lebih mudah berjerawat. Jaringan kulit yang terpapar dirusak oleh UV, sehingga lama-kelamaan menyebabkan inflamasi. Bila kamu tidak terbiasa mengaplikasikan sunscreen setiap hari, maka jerawat akan susah sembuh.


Eksfoliasi

Sel kulit mati yang tidak segera disingkirkan dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Lalu, sel kulit mati yang dibiarkan juga dapat membuat tampilan kulit jadi kusam, kasar, dan sedikit menua. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, solusinya ialah rutin melakukan eksfoliasi.

Eksfoliasi bisa menyingkirkan sel kulit mati, sebum, komedo, dan kotoran membandel. Idealnya lakukan eksfoliasi dua sampai tiga kali dalam seminggu. Jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi karena sel-sel kulit sehat jadi tergerus dan menyebabkan munculnya break out.

Jenis-jenis eksfoliasi sekarang ada bermacam-macam yang bisa kamu pilih sesuai preferensi. Kamu bisa memilih memakai clay mask, toner, sheet mask, hingga serum. Biasanya eksfoliator menggunakan komposisi AHA, BHA, retinol, dan PHA.

Demikian cara terbaik merawat kulit agar glowing, sehat, dan cerah. Di samping memerlukan ketelatenan, untuk mendapat tampilan kulit sehalus porselen juga wajib memakai produk yang tepat dan sesuai kondisi kulit. Mulai konsultasi online gratis di Diricare bersama dokter berpengalaman. Lalu, dapatkan skincare custom yang menyesuaikan kondisi dan kebutuhan kulitmu dengan harga terjangkau.



Sumber:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-get-clear-skin#general-tips

https://www.healthline.com/health/skin/how-to-get-clear-skin#exfoliate

Tag:
tips
glowing
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.