GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Nggak Banyak yang Tahu, Begini 10 Rahasia Muka Glowing Alami

Ditinjau oleh: dr. Sarafina G.-16 Mei 2023
Rahasia Muka Glowing Alami Diricare

Wajah yang bercahaya dan terlihat sehat merupakan idaman banyak orang. Untuk mendapatkannya, berbagai cara rela ditempuh. Mulai dari menjalani perawatan kulit sehari-hari, perawatan mingguan dan bulanan, hingga menjalani pola hidup yang mendukung kecantikan kulit. Tak sedikit juga yang tersandung kerikil dan mengalami keluhan di tengah usahanya dalam merawat kulit wajah. Apabila kamu pernah mengalaminya, ketahui rahasia muka glowing alami dalam ulasan di bawah ini.


Cara membuat wajah glowing secara alami

Terdapat sejuta cara dalam mendapatkan muka glowing. Tetapi tak semua yang diterapkan dapat berhasil. Cara-cara yang efektif justru tak banyak diketahui, padahal mencakup kebiasaan baik sehari-hari. Kalau kamu ingin membuat wajah putih glowing secara alami dan permanen, berikut cara yang bisa kamu praktikkan.


1. Minum cukup air mineral

Setiap sel pada kulit membutuhkan cukup cairan agar berfungsi dengan baik. Kamu bisa membuktikan sendiri, bahwa rahasia muka glowing ada pada kecukupan minum air mineral. Jika kamu dehidrasi, atau kurang minum, kulit akan terlihat kusam dan keriput. Sebaliknya, jika kamu minum setidaknya 8 gelas dalam sehari, maka kulit akan terlihat lebih segar. Cara ini juga telah dibuktikan dalam studi tahun 2015 dilansir Healthline¸ bahwa terdapat hubungan kuat antara minum lebih banyak air dan kulit lebih sehat.


2. Makan makanan bernutrisi

Makanan yang mengandung antioksidan dan kaya vitamin, seperti dalam sayuran dan buah-buahan, bermanfaat untuk menjaga kulit bercahaya. Selain perlu banyak konsumsi sayur dan buah segar, kamu juga perlu memenuhi kebutuhan lemak sehat dalam tubuh. Lemak sehat dalam minyak ikan membuat kulitmu cukup kencang karena bahan tersebut memicu produksi kolagen lebih baik.


3. Menjaga kelembapan kulit

Menjaga kelembapan kulit penting untuk kamu lakukan. Alasannya, selain membuat kulit putih, juga tampak glowing. Oleh karena itu, pilih produk skincare yang bersifat melembapkan dan sesuai dengan kulitmu. Salah satunya produk dari DiriCare yang mengandung vitamin C dan bermanfaat untuk menstimulasi produksi kolagen, yaitu Custom Face Serum. Serum yang diformulasikan untuk mengurangi minyak berlebih ini, juga membantu kulit kusam tampak lebih glowing.


4. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Ketika kamu beraktivitas di luar ruangan, usahakan memakai pelindung kulit. Seperti memakai pakaian berlengan panjang, nyaman, dan kenakan topi bertepi lebar untuk melindungi kulit wajahmu. Disamping itu, kenakan Custom Sunscreen dari DiriCare yang mengandung niacinamide. Niacinamide merupakan bahan aktif yang melindungi kulit dari sinar UV dan berfungsi mencerahkan serta memberikan efek glowing pada kulit wajah.


5. Rutin membersihkan muka

Dermatologis merekomendasikan untuk rutin membersihkan wajah pada malam setelah beraktivitas dan pagi hari sebelum memulai kegiatan. Setelah olahraga dan berkeringat, kamu juga disarankan untuk membersihkan kulit dari minyak dan kotoran yang menempel pada kulit wajah.


Untuk membersihkan wajah, kamu bisa memakai facial wash yang berfungsi ganda, yaitu deep cleansing sekaligus hydrating atau melembapkan. Cara ini bisa ditempuh dengan rutin mengenakan Custom Facial Wash dari DiriCare. Sabun pencuci wajah ini bisa dipakai semua tipe kulit, dan mengandung Cocamidopropyl Betaine yang efektif mengangkat kotoran serta kandungan Sodium Lactate yang mengangkat minyak berlebih.


6. Makan dan minum minuman mengandung probiotik

Minuman atau makanan dengan kandungan probiotik tidak hanya menjaga sistem pencernaan serta sistem kekebalan tubuh bekerja secara baik. Menurut studi tahun 2014 yang dipublikasikan dalam Benef Microbes Journals, bakteri baik ini juga dapat berkontribusi pada rambut sehat dan kulit tampak bercahaya. Probiotik merupakan bakteri baik yang dikenal dengan lactobacillus dan bafidobacterium. Sajian yang mengandung probiotik antara lain yoghurt, kefir, kimchi, kombucha, dan beberapa jenis keju.


7. Mendapatkan tidur cukup

Merawat kulit wajah, menurut Academy of American Dermatology, tidak harus rumit dan mahal. Perawatan sederhana dengan rutin membersihkan, menjaga kelembapan, dan perlindungan kulit dari paparan sinar UV cukup sudah untuk membuat kulit bercahaya. Tetapi jangan lewatkan pola hidup sehat, seperti salah satunya cukup tidur.


Sebuah studi tahun 2015 dilakukan oleh peneliti dari Department of Dermatology, University Hospitals Case Medical Center¸ Cleveland, Ohio, Amerika Serikat, menemukan bahwa kurang tidur berkaitan dengan penuaan kulit, berkurangnya fungsi skin barrier, dan kualitas kulit wajah menurun. Berdasarkan dari temuan studi tersebut, setidaknya kamu wajib mendapatkan tidur malam selama 7-9 jam setiap hari. Tujuannya untuk membantu kulit lebih sehat, regenerasi bekerja secara baik, dan kulit tetap glowing.


8. Memakai masker nanas

Perawatan alami bisa jadi pilihan untuk membuat kulit muka glowing alami. Suzie Howe, direktur pelatihan di Himalaya, dilansir Vogue, mengatakan bahwa nanas mengandung vitamin C yang mencerahkan kulit secara alami dan mengurangi garis-garis halus.


Buah nanas segar juga mengandung bromelain yang bermanfaat memecah kulit mati dan mengurangi flek hitam. Dari manfaatnya tersebut, kamu bisa mencampurkan seperempat buah nanas ukuran sedang dengan oatmeal dan satu cangkir teh chamomile. Aduk ketiga bahan tersebut menjadi pasta, lalu aplikasikan pada kulit wajah menjadi masker. Masker ini bisa dipakai dua kali seminggu agar bekerja secara optimal.  


9. Pijat muka

Rahasia muka glowing alami, bisa didapat dengan menjaga sirkulasi darah pada wajah. Seperti dengan memijat muka dengan lembut, maka otot-otot wajah terlatih dan sirkulasi darah bekerja secara baik. Menurut arahan pendiri pijat wajah, Vibhuti Arora, pijatan pada wajah bisa dilakukan dengan sapukan jari-jari ke luar dari dahi. Berikan tekanan ringan pada gerakan tersebut untuk mengencangkan kulit.


Kemudian letakkan kedua telapak tangan di pelipis dan dorong ke belakang untuk mengangkat sisi wajah. Ketika melakukan gerakan ini, tahan selama lima detik dan ulangi sebanyak dua kali.


10. Latihan yoga

Berbeda dengan memijat wajah, dengan tujuan yang sama yaitu agar kulit wajah bercahaya, kamu bisa melakukan yoga. Yoga bisa dilakukan setiap hari, karena menurut Sandeep Agarwalla, instruktur yoga, latihan konsisten akan bekerja lebih efektif. Berdasarkan rekomendasi Agarwalla, kombinasikan gerakan asana, pranayama, shat kriya, dan meditasi untuk mendapatkan kulit awet muda serta kenyal.


Itulah sepuluh cara untuk membuat wajah tampak bercahaya secara alami. Bagaimana dengan rahasia muka glowing alami yang kamu lakukan selama ini? Apabila yang kamu lakukan tak efektif dalam mencapai tujuan, perlu kiranya mengkonsultasikan pada dokter berpengalaman sehingga mendapatkan rekomendasi paling tepat sesuai tipe kulitmu.

 

Referensi:

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/home-remedies-for-glowing-skin#avoid-excess-heat

https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-get-glowing-skin#lifestyle-changes

https://www.artofliving.org/meditation/meditation-for-you/tips-for-skin-glow

https://www.vogue.in/beauty/content/20-different-ways-to-get-the-most-glowing-skin-of-your-life

banner-artikel
Tag:
glowing
cerah
skincare
kusam
tips
sabun cuci muka
serum wajah
sunscreen
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.