GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan wanita

10 Rekomendasi Merk Pil KB yang Aman untuk Ibu Menyusui

Ditinjau oleh dr. Winda-30 Mei 2023

Apa sih pil KB yang aman untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui? Walaupun menyusui termasuk ke dalam KB alami, tetapi kamu tetap membutuhkan pil KB tambahan jika ingin menunda kehamilan untuk jangka panjang. Agar aman untuk kesehatan ibu dan bayi, kamu tidak bisa asal memilih pil KB yang ada di pasaran.

Yuk, cari tahu rekomendasi pil KB yang aman untuk ibu menyusui, beserta dengan informasi kandungan di dalamnya. Berikut daftarnya!



1. Pil KB Andalan Laktasi

Pertama, ada pil KB Andalan Laktasi. Pil KB yang satu ini mengandung hormon progesteron yang berfungsi untuk mencegah pelepasan sel telur. Pil KB Andalan Laktasi efektif mencegah kehamilan tanpa mengganggu proses pemberian ASI eksklusif. Cara minum pil KB Andalan Laktasi adalah 6 minggu pasca melahirkan. Apabila sudah mulai menstruasi kembali, ibu boleh meminum pil KB ini pada hari pertama menstruasi dan dilanjutkan setiap hari pada jam yang sama.

Harga pil KB Andalan Laktasi cukup terjangkau yaitu sekitar Rp14.000 per strip. Komposisinya mengandung Linestrenol 0,5 mg. Untuk menjaga kualitas ASI, busui dianjurkan untuk banyak minum air putih dan mencukupi nutrisi selama mengkonsumsi pil ini.


2. Pil KB Diane

Banyak perempuan yang takut mengkonsumsi pil KB karena efek sampingnya yang dapat mempengaruhi hormon. Pil KB Diane mengandung progestin cyproterone acetate (CPA), yang merupakan hormon sintesis yang bisa menghambat reseptor androgen. Selain berfungsi menunda kehamilan, kandungan tersebut juga bisa mencegah minyak berlebih pada kulit dan mengatasi jerawat.


Cukup minum 1 tablet satu kali setiap hari. Harga pil KB Diane adalah sekitar Rp134.000 per pcs dengan isi 35 tab. Untuk penderita migrain, diabetes melitus, dan penyakit hati, konsultasikan dosis yang tepat ke dokter demi keamanan.


3. Pil KB Yasmin

Pil KB Yasmin termasuk salah satu pil KB yang sangat aman dan tidak memberikan efek samping gangguan hormon kepada penggunanya. Pil KB Yasmin mampu menjaga berat badan tetap stabil, siklus menstruasi tetap normal, tidak menimbulkan jerawat, serta cocok digunakan bagi penderita anemia.

 

Pil KB Yasmin juga bisa mencerahkan kulit jika diminum secara teratur 1 kali sehari, 1 tablet mulai dari hari pertama haid hingga seterusnya. Biasanya pil ini diminum setelah makan. Harganya sekitar Rp235.000 per box. Kandungannya terdiri dari drospirenon 3 mg dan etinilestradiol 0,03 mg. Namun, ada efek samping dari pil KB Yasmin yang mungkin timbul seperti nyeri punggung, mual, diare, nyeri payudara, dan migrain.


4. Pil KB Planotab

Mau pil KB yang aman dengan harga yang terjangkau? Pil KB Planotab ini bisa jadi pilihan yang tepat. Kandungan progestin levonorgestrel dan etinil estradiol membuat pil KB Planotab efektif mencegah kehamilan, sekaligus aman dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Harga untuk satu stripnya sangat terjangkau mulai dari Rp7.000-an saja. Efek samping yang mungkin ditimbulkan dari pil KB Planotab antara lain seperti peningkatan kadar gula darah dan gangguan metabolisme tubuh.


5. Pil KB Microlut

Kandungan levonorgestrel pada pil KB Microlut mampu mencegah kehamilan selama 72 jam setelah berhubungan intim, loh. Pil KB ini juga bisa berfungsi untuk menstabilkan siklus menstruasi yang tidak teratur. Efek samping yang mungkin ditimbulkan seperti mual, diare, alergi, nyeri pada payudara, dan mudah lelah. Harga yang dipatok untuk pil KB Microlut adalah Rp55.000 per box dengan isi 35 tablet.


6. Pil KB Yaz

Untuk mengkonsumsi pil KB Yaz, kamu dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Aturan minumnya adalah satu tablet setiap hari, satu kali sehari, sejak menstruasi pertama. Efek samping dari pil KB ini adalah nyeri pada payudara, emosi yang tidak stabil, migrain, dan mual. Harga untuk satu box nya adalah sekitar Rp290.000.


7. Pil KB Microgynon

Selanjutnya, pil KB lain yang aman untuk ibu menyusui adalah pil KB Microgynon. Pil KB ini mengandung dua hormon estrogen dan progesteron yang lebih aman dan efektif menunda kehamilan. Namun, bagi kamu yang memiliki penyakit endometriosis, penyakit hati berat, tumor hati, atau pankreatitis sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk penggunaan dan dosis yang tepat.

Harga satu box pil KB Microgynon adalah Rp16.000 dengan 21 tablet. Kandungannya terdiri dari levonorgestrel 150 mcg, ethinylestradiol 30 mcg, dan 7 tablet plasebo. Bisa diminum sebelum dan sesudah makan.


8. Pil KB Nogestat

Pil KB Nogestat dapat berfungsi sebagai alat kontrasepsi darurat yang bisa mencegah kehamilan selama 72 jam atau 3 hari setelah berhubungan seksual tanpa perlindungan. Namun, obat ini memiliki efek samping seperti mual, terutama pada 3 bulan awal pemakaian, bisa meningkatkan berat badan, dan hilangnya gairah seksual. Harga satu box pil KB Nogestat adalah Rp43.000.


9. Pil KB Andalan FE

Satu lagi pil KB dari merk Andalan yang bisa kamu gunakan untuk menunda kehamilan saat menyusui. Pil KB Andalan FE juga sudah dilengkapi dengan zat besi, sehingga cocok digunakan untuk perempuan aktif yang memiliki banyak kegiatan. Kandungan zat besi pada tablet ini juga bisa mengurangi nyeri atau perut kram saat haid. Agar kerja pil KB ini lebih efektif, kamu harus disiplin mengkonsumsinya di jam yang sama. Harga pil KB Andalan FE adalah Rp8.500 per strip yang berisi 28 tablet.


10. Pil KB Exluton Limas

Last but not least, rekomendasi pil KB yang aman untuk busui lainnya adalah pil KB Exluton Limas. Pil KB yang mengandung lynestrenol ini bisa menyebabkan efek samping seperti sakit kepala, mood swing, perubahan berat badan, atau penurunan toleransi glukosa. Harganya sekitar Rp34.000 per strip.

Untuk mendapatkan pil KB yang aman untuk ibu menyusui terbaik, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terpercaya dan berpengalaman di Klinik Diri.

 

Sumber:

https://www.mooimom.id/mamapedia/7-merk-pil-kb-untuk-ibu-menyusui-yang-aman

https://review.bukalapak.com/mom/rekomendasi-merek-pil-kb-101470

banner-artikel
Tag:
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.