GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan wanita

Wanita Harus Tahu, Ini List Minuman yang Dilarang Saat Haid!

Ditinjau oleh dr. Winda-22 Jun 2023
minuman dilarang saat haid

Setiap wanita mengalami gejala dan pengalaman yang berbeda ketika sedang haid atau datang bulan. Selama haid, ada banyak mitos yang berkembang soal makanan dan minuman yang harus dihindari. Misalnya, mitos tentang minum air dingin yang dapat menyebabkan penggumpalan darah, padahal faktanya tidak demikian. Lalu, minuman apa saja yang dilarang saat haid dan sebaiknya mengonsumsi minuman apa ketika sedang haid? Berikut penjelasannya!


Minuman yang dilarang saat haid

Sebenarnya, tidak ada minuman spesifik yang harus dihindari untuk dikonsumsi selama haid atau menstruasi. Namun, beberapa wanita mungkin menghindari beberapa minuman tertentu karena memberi efek tidak nyaman pada tubuh jika diminum ketika sedang menstruasi. Berikut adalah beberapa minuman yang sebaiknya dihindari atau dikurangi untuk dikonsumsi ketika menstruasi:


1. Minuman berkafein

Meminum minuman berkafein seperti kopi, teh hitam, atau minuman energi dengan kandungan kafein dapat meningkatkan kegelisahan, iritabilitas, dan rasa tidak nyaman di perut. Selain itu, minuman berkafein juga dapat memberikan efek diuretik yang dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil dan mempercepat pembuangan cairan dari dalam tubuh. Selama haid, wanita cenderung mengalami retensi yang lebih besar.


Seperti yang disebutkan di atas, minuman berkafein dapat meningkatkan kegelisahan, iritabilitas, yang meningkatkan gejala PMS dan dapat menyebabkan perubahan mood. Untuk itu, sebaiknya hindari minuman berkafein selama haid, ya. 


2. Minuman berkarbonasi 

Pernah dengar tentang minuman berkarbonasi atau bersoda dapat melancarkan haid? Faktanya itu hanya mitos. Minuman berkarbonasi tidak dapat mempercepat menstruasi. Mengonsumsi minuman berkarbonasi ketika haid justru dapat meningkatkan rasa tidak nyaman atau keluhan nyeri haid.


Minuman berkarbonasi atau minuman bersoda dapat menyebabkan perut kembung dan meningkatkan ketidaknyamanan gastrointestinal. Mengalami kembung dan rasa tidak nyaman di perut saat haid merupakan hal yang tidak menyenangkan, bukan? Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengkonsumsi minuman berkarbonasi atau bersoda ketika haid, ya.


3. Minuman beralkohol 

Minuman beralkohol dapat mempengaruhi produksi hormon dalam tubuh termasuk hormon yang ada dalam siklus menstruasi. Fluktuasi hormon saat haid dapat mempengaruhi suasana hati. Mengonsumsi minuman beralkohol dapat memperburuk gejala perubahan mood. Selain itu, alkohol juga dapat menyebabkan rasa nyeri yang lebih buruk ketika haid. Karena itu, mengurangi konsumsi alkohol atau menghindarinya selama menstruasi dapat membantu menjaga keseimbangan hormon dan mengurangi rasa tidak nyaman.


Perlu diingat setiap wanita memiliki gejala dan pengalaman menstruasi yang berbeda-beda. Jika kamu memiliki kekhawatiran tentang minuman atau makanan tertentu selama menstruasi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapat saran yang lebih spesifik.


Minuman yang direkomendasikan saat haid

Setelah mengetahui beberapa minuman yang dilarang saat haid, berikut adalah beberapa minuman yang dapat mengurangi rasa tidak nyaman dan menjaga kesehatan selama haid:


1. Air putih

Saat sedang haid, tubuh wanita cenderung kehilangan lebih banyak cairan melalui darah yang dikeluarkan. Minum banyak air putih penting untuk menjaga hidrasi tubuh dan menggantikan cairan yang hilang. Hal ini dapat membantu mengurangi retensi air, mengatasi pembengkakan, dan memperbaiki sirkulasi darah.


Air putih juga dapat membantu mengurangi nyeri haid meskipun tidak secara langsung. Dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi, dapat menjaga elastisitas dan fungsi normal jaringan tubuh termasuk rahim. Hal ini dapat mengatasi kontraksi rahim yang menyebabkan nyeri haid. Oleh karena itu, pastikan untuk minum setidaknya 8 gelas air sehari atau lebih sesuai kebutuhan tubuhmu.


2. Teh herbal

Teh herbal juga dikenal sebagai tisane, umumnya tidak mengandung kafein karena terbuat dari bahan-bahan non-teh. Misalnya, teh jahe, chamomile, peppermint, dan raspberry leaf tea. Teh jahe dapat membantu meredakan kram perut, sementara chamomile dan peppermint dapat membantu menenangkan sistem pencernaan dan meredakan ketidaknyamanan perut. Raspberry leaf tea diketahui dapat membantu mengatur siklus menstruasi.


3. Minuman hangat 

Minuman hangat seperti teh herbal atau teh jahe dapat meredakan kram perut yang sering dialami wanita ketika sedang haid. Hangatnya minuman dapat memberi efek relaksasi pada otot-otot perut dan mengurangi ketegangan. Selain itu, minuman hangat juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Selama haid, aliran darah pada area panggul bisa terhambat yang dapat menyebabkan rasa nyeri. Minuman hangat dapat membantu memperluas pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke area tersebut sehingga mengurangi rasa tidak nyaman.


4. Jus sayuran dan buah-buahan

Jus sayur dan buah mengandung banyak vitamin, mineral dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Selama haid, tubuh mungkin membutuhkan asupan nutrisi yang lebih tinggi untuk menggantikan kehilangan darah atau menjaga energi. Contohnya, jus buah-buahan seperti delima dan ceri dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan nyeri menstruasi.


5. Susu almond atau kedelai

Susu nabati ini mengandung nutrisi penting seperti kalsium dan vitamin D, yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan mengurangi ketidaknyamanan fisik selama haid. Selain itu, bagi beberapa wanita yang alergi susu sapi, meminum susu almond dan kedelai dapat menjadi alternatif yang baik untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D.


Selain menghindari 3 minuman di atas, penting untuk menjaga pola makan seimbang dengan makanan yang kaya nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein nabati juga penting untuk menjaga kesehatan selama menstruasi. Jika kamu memiliki kekhawatiran tertentu terkait gejala atau rasa tidak nyaman selama haid atau menstruasi, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapat saran medis yang tepat. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter terbaik dari Klinik Diri.


Sumber: 

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/103/makanan-dan-minuman-yang-harus-dihindari-saat-haid 

https://www.healthshots.com/intimate-health/menstruation/expert-reveals-how-drinking-alcohol-during-your-period-can-wreak-up-your-monthly-cycle/

https://www.helpingwomenperiod.org/7-drinks-to-help-reduce-period-cramps/ 

https://www.alodokter.com/komunitas/topic/apa-saja-efek-samping-minum-soda-saat-haid



banner-artikel
Tag:
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.