GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan rambut

Urutan Penggunaan Produk Hair Care yang Tepat agar Hasil Maksimal

Tim Penulis Diri-26 Des 2023
Urutan Penggunaan Produk Hair Care yang Tepat agar Hasil Maksimal

Rambut adalah mahkota wanita. Jadi, siapa sih yang nggak ingin punya rambut sehat, indah, kuat, dan berkilau? Sama seperti anggota tubuh lainnya, rambut juga perlu perawatan. Supaya, memiliki rambut sehat terawat nggak cuma jadi angan-angan. Sayangnya, belum banyak orang yang paham tentang produk hair care, dan cara mengaplikasikannya yang tepat ke rambut. Sehingga, bukannya hasil yang memuaskan, tapi malah timbul masalah baru seperti ketombe.


So, gimana sih urutan merawat rambut yang benar itu? Mari simak informasinya di artikel berikut ini!


1. Gunakan Hair Oil sebelum Keramas

Sebelum mulai keramas, dianjurkan untuk menggunakan hair oil terlebih dahulu ya. Hair oil ini bisa berupa minyak zaitun, minyak kemiri, ataupun minyak kelapa. Hair oil berguna untuk menjaga kelembaban alami rambut dan kulit kepala. Ini sangat bermanfaat, terutama bagi kamu yang punya kulit kepala yang cenderung kering, dan rambut yang mudah rapuh/patah.


Cara menggunakannya, yakni oleskan secukupnya ke seluruh helai rambut dan kulit kepala. Kemudian, pijat-pijat sebentar agar hair oil lebih meresap. Diamkan selama 15-30 menit, atau paling lama 1 malam dengan dibungkus handuk. Setelah itu, kamu bisa keramas setelahnya.


2. Pilih Shampo sesuai Kebutuhan Rambut

Keramas juga jangan asal mencuci rambut dengan sabun. Kamu perlu memilih produk yang tepat dengan kondisi dan jenis rambut kamu, seperti shampo khusus rambut kering, rambut berminyak, rambut berketombe, atau rambut rontok. Selain itu, hindari shampo yang mengandung zat kimia keras, seperti ammonium lauryl sulfate, sodium lauryl sulfate, dan lainnya.


Nah, untuk pemakaiannya, ambil shampo secukupnya, dan aplikasikan hanya di kulit kepala saja. Artinya, kamu nggak perlu sampai mencucinya hingga ujung rambut. Ini menghindari bagian ujung rambut agar tidak terlalu kering. Rutinlah keramas setidaknya 2x seminggu, atau lebih jika diperlukan.


3. Aplikasikan Hair Conditioner

Setelah shampo dibilas, barulah gunakan hair conditioner di ujung rambut. Ingat ya, hanya di ujung rambut. Kalau kamu pakai sampai ke kulit kepala, justru berpotensi menyebabkan rambut mudah lepek dan berketombe. Penggunaan conditioner ini bertujuan untuk melembabkan rambut, menguatkan akar, dan menjaga agar rambut tetap berkilau. 

Ambil secukupnya, lalu diamkan 3-5 menit untuk menutrisi rambut, dan bilas hingga bersih. Pemakaian conditioner secara teratur, setidaknya seminggu sekali, bisa mengatasi permasalahan rambut kering dan bercabang, loh.


4. Gunakan Hair Mask

Nah, kalau conditioner berfungsi untuk melembabkan, hair mask digunakan untuk memberikan perawatan ekstra pada rambut, terutama untuk memperbaiki, menghidrasi secara mendalam, atau memperkuat rambut. Biasanya digunakan satu atau dua kali seminggu setelah shampo, dibiarkan lebih lama dari conditioner agar bahan-bahan perawatan dapat meresap dengan baik, yakni antara 5-20 menit sebelum dibilas.


5. Gunakan Hair Tonic 

Setelah beberapa menit sehabis keramas, dalam kondisi rambut yang tidak terlalu basah atau kering, kamu bisa gunakan hair tonic di bagian akar rambut. Langsung semprotkan atau tetes di beberapa bagian kepala, kemudian pijat dengan lembut agar produk hair tonic meresap dengan baik.


Hair tonic mengandung bahan-bahan yang diklaim dapat merangsang pertumbuhan rambut baru, membantu menjaga kesehatan kulit kepala dengan menyediakan nutrisi, mengurangi ketombe, mencegah kerontokan rambut, dan mengatasi masalah seperti kulit kepala kering atau iritasi.


6. Gunakan Hair Vitamin atau Serum

Setelah menggunakan hair tonic, lengkapkan juga rutinitas perawatan rambut kamu dengan hair serum atau vitamin. Kamu bisa gunakan di ujung rambut agar rambut tetap lembab, lembut, serta melindungi dari kerusakan lingkungan. Selain itu, hair serum juga mengandung bahan-bahan yang dapat melindunginya dari panas alat styling, mengurangi kekusaman, dan memberikan kilau.


7. Semprotkan Hair Mist

Nah, kalau ingin rambut kamu wangi, kamu bisa gunakan hair mist. Apalagi kalau kamu sering beraktivitas di luar ruangan, atau sering bepergian menggunakan motor dan kendaraan umum, hair mist membantu menjaga rambut dari paparan sinar matahari, mencegah rambut kusam, halus, juga tetap wangi. Kamu bisa semprotkan hair mist di rambut saat sebelum atau setelah bepergian.


8. Sisir Rambut

Siapa nih yang jarang menyisir rambut? Rutin menyisir rambut ternyata mampu menjaga tekstur rambut tetap lembut dan tidak mudah kusut loh. Saat kamu menyisir, minyak alami rambut akan didistribusikan dari folikel ke ujung rambut. Gerakan menyisir yang lembut juga dapat memberikan efek relaksasi pada kulit kepala dan memberikan perasaan nyaman.


Pastikan untuk menggunakan sisir yang sesuai dengan jenis rambut kamu agar tidak merusak rambut. Dan perlu diperhatikan juga nih, menyisir rambut secara berlebihan atau dengan keras, juga dapat menyebabkan kerusakan, terutama jika rambut masih basah. Oleh karena itu, penting untuk menyisir dengan lembut dan hati-hati.


9. Rutin Melakukan Trimming

Trimming adalah proses memotong ujung rambut secara teratur untuk menghilangkan bagian yang rusak atau bercabang. Ini juga termasuk langkah perawatan rambut yang penting untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Beberapa di antaranya, menghilangkan ujung rambut rusak atau bercabang, mencegah kerontokan lebih lanjut, dan merangsang pertumbuhan yang lebih sehat. Trimming disarankan dilakukan setiap 6-8 minggu sekali, dan dapat disesuaikan lagi sesuai kebutuhan kamu, girls.


10. Perawatan dari Dalam

Terakhir, selain menggunakan bermacam produk hair care untuk perawatan rambut dari luar, kamu juga perlu merawatnya dari dalam. Caranya, dengan mengkonsumsi makanan sehat, minum air putih yang cukup, dan memastikan bahwa nutrisi yang kamu dapatkan itu cukup. Nutrisi yang baik dari dalam juga sangat penting untuk kesehatan rambut.


Oke, itulah beberapa tips atau urutan penggunaan produk hair care yang tepat untuk hasil perawatan rambut yang maksimal. urutan produk hair care dapat disesuaikan dengan kebutuhan rambut masing-masing individu. Kamu juga bisa konsultasikan dengan penata rambut atau dokter ahli untuk mengetahui produk dan rutinitas perawatan yang paling sesuai dengan kondisi rambut kamu. Klik link ini untuk mulai konsultasi secara online dan gratis! 


Referensi:

https://www.dove.com/id/stories/tips-and-how-to/hair-care-tips-advice/6-urutan-merawat-rambut-dengan-benar.html

https://www.beautynesia.id/fashion/step-by-step-menggunakan-produk-hair-care-pemula-wajib-tau/b-232985

https://www.fimela.com/beauty/read/4493305/7-urutan-perawatan-rambut-agar-sehat-dan-berkilau?page=3 



banner-artikel
Tag:
suplemen rambut
serum rambut
rambut rontok
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.