GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Berapa Lama Skincare Bekerja Maksimal pada Kulit Wajah? Begini Penjelasannya

Ditinjau oleh dr. Flora F-08 Nov 2022
berapa lama waktu skincare bekerja

Berapa lama skincare bekerja maksimal pada kulit, membuat banyak orang penasaran karena ingin cepat melihat hasil yang diimpikan. Banyak pula yang tak sabar dengan waktu sedikit lebih lama untuk mendapatkan kulit wajah yang lembut, glowing, dan kencang. Tahukah kamu, bahwa skincare bekerja membutuhkan waktu. Apabila kamu ingin tahu berapa lama jenis skincare rutin bekerja maksimal, yuk simak penjelasan berikut ini.



Pembersih

Terdapat tiga jenis pembersih wajah, mulai dari sabun cuci muka, krim pembersih, dan toner. Ketiganya memiliki fungsi yang sama, yaitu mengangkat bersih sisa kotoran yang menempel pada kulit wajah dan minyak. Pada formula yang spesifik, misalnya mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida, kamu tak perlu panik ketika jerawat tumbuh selama satu hingga dua minggu pemakaian.


Menurut Mona Gohara, MD., profesor klinis di Yale, pembersih kulit tidak benar-benar lama menempel pada kulit. Seperti sabun wajah yang hanya sebentar membasuh kotoran kemudian luruh dibilas air. Jadi, pembersih perlu waktu lama untuk melihat hasilnya. Penting buat kamu ketahui, pertama kali yang wajib kamu kenali adalah respons kulit terhadap pembersih wajah. Jika kulit terasa kering setelah memakai pembersih wajah, itu berarti skincare pembersihmu kandungannya terlalu keras. Indikator pembersih wajah yang baik dan sesuai akan membuat kulit lembut serta halus setelah pemakaian.


Retinol dan retinoid

Retinoid merupakan bahan aktif yang paling banyak diformulasikan dalam skincare yang mengencangkan dan mengurangi garis-garis halus. Berapa lama skincare bekerja maksimal, khususnya yang mengandung retinoid dan retinol, membutuhkan waktu beberapa minggu bahkan berbulan-bulan, menurut dokter Joshua Zeichner dari Mount Sinai Hospital.


Hasil kerja maksimal dari skincare dengan retinoid akan melewati proses pengelupasan terlebih dahulu. Pada minggu pertama dan kedua, kulit akan mengelupas. Gejalanya seperti iritasi, tetapi ini merupakan proses mengangkat sel kulit mati pada lapisan atas kulit dan memicu regenerasi sel kulit baru.


Tips agar skincare bekerja maksimal dan tetap ditoleransi oleh kulit wajah, gunakan sesekali sesuai anjuran. Jika kamu belum cukup siap untuk memakai skincare dengan retinoid, karena membutuhkan komitmen, saran Zeichner pilih formula skincare yang lebih stabil.


Skincare untuk mengatasi jerawat

Keluhan kulit wajah yang hampir semua orang mengalaminya ialah masalah jerawat. Ada banyak sekali macam obat jerawat, termasuk yang bersifat lipofilik atau mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida. Lipofilik adalah fungsi untuk memecah lemak pada pori-pori. Kedua kandungan ini, asam salisilat dan benzoil peroksida, bermanfaat mengurangi dan menghilangkan jerawat meradang, komedo putih, serta komedo hitam. Nah, berapa lama skincare dengan dua formula ini bekerja maksimal? Secara umum obat jerawat akan menampakkan kerja optimal setelah dipakai selama dua minggu pertama.


Jelas dokter kulit bersertifikat yang berbasis di New York, Dendy Engelman, jeda waktu juga diperlukan agar formula skincare bisa efektif bekerja. Sebelum kamu menambahkan skincare lainnya, biarkan selama satu menit agar meresap. Secara alamiah, sel-sel kulit akan regenerasi sekitar 28 hari. Dengan waktu pemakaian tiga bulan, maka kulit berjerawat akan dibersihkan dan disesuaikan dalam tiga siklus perawatan. Jika telah memakainya selama tiga bulan dan tidak mengalami hasil yang signifikan, maka beralih ke produk yang berbeda bisa dilakukan.


Perawatan untuk spot hitam pada kulit wajah

Spot hitam pada kulit wajah disebabkan paparan matahari, bekas jerawat, dan hiperpigmentasi karena faktor lainnya. Berbeda dengan perawatan sebelumnya, untuk menghilangkan spot hitam pada kulit wajah perlu dilakukan terus-menerus. Ini berarti perawatan instan tidak akan pernah memberikan hasil yang maksimal.


Skincare yang bertujuan menghilangkan spot hitam salah satunya mengandung hidrokuinon. Dokter biasanya akan merekomendasikan perawatan selama dua bulan. Tetapi jika skincare anti dark spot mengandung vitamin C, waktu yang dibutuhkan akan lebih lambat untuk mendapatkan hasil optimal. Pencerah kulit yang diaplikasikan secara topikal, membutuhkan beberapa minggu untuk bekerja secara maksimal.


Skincare untuk pengelupasan

Pengelupasan atau eksfoliasi bisa dilakukan dengan produk scrub atau bahan kimia menggunakan asam hidroksi. Pengelupasan sebenarnya sama tujuannya dengan menghilangkan spot hitam dan meratakan warna kulit wajah. Tetapi, jenis produknya mungkin berbeda. Misalnya berbentuk krim, serum, ataupun gel. Berapa lama skincare bekerja maksimal untuk pengelupasan? Kamu perlu memakainya secara rutin selama satu hingga tiga bulan untuk mendapatkan kulit yang diimpikan.


Pelembap

Pelembap membantu kulit cukup terhidrasi dan melembutkan sel-sel kulit kasar di permukaan kulit. Efek dari hidrasi cukup, kulit akan lebih kenyal. Pelembap bekerja maksimal setelah diaplikasikan dalam hitungan menit. Rekomendasinya, pakai pelembap dengan formula ceramide, asam hialuronat, dan gliserin untuk mendapatkan manfaat langsung dan jangka panjang. Ditambah lagi, pelembap yang diaplikasikan pada siang hari perlu memiliki perlindungan SPF.


Krim mata

Apakah kamu punya keluhan kantung bawah mata dan mata panda? Ini merupakan alasan perlunya memakai krim mata. Yaitu untuk merangsang produksi kolagen dan elastin yang mengatasi kedua keluhan tersebut.


Bahan yang diformulasikan dalam krim mata, umumnya mengandung vitamin C, peptida, asam hialuronat, kafein, dan kandungan eksfoliatif. Fungsinya untuk mengencangkan kulit dan meratakan warna kulit di bawah mata. Skincare yang diaplikasikan pada kulit bawah mata akan bekerja maksimal mengatasi keluhanmu sekitar tiga hingga empat minggu setelah memakainya secara rutin.


Tabir surya

Berapa lama skincare bekerja maksimal, ternyata berkaitan dengan urutan dalam mengaplikasikannya pada kulit wajah. Untuk tabir surya perlu dipakai terakhir setelah kamu memakai pelembap dan atau serum. Lakukan pemakaian skincare secara berurutan, mulai dari membersihkan kulit, memakai toner, aplikasikan pelembap, dan satu menit kemudian baru oleskan tabir surya. Setelah menyimak penjelasan tentang berapa lama skincare bekerja maksimal di atas, apakah kamu sudah mengaplikasikan urutan skincare secara benar? Penting untukmu memakai urutan skincare secara tepat. Apabila kamu memakai skincare rutin dan sudah tepat urutannya tetapi tidak menampakkan hasil optimal, maka kamu bisa mengganti dengan produk lebih berkualitas. Untuk itu, konsultasikan pada dokter berpengalaman dan tim klinis yang memformulasikan skincare sesuai kebutuhan kulitmu di klinik Diri




Sumber:

https://www.brides.com/story/how-long-it-takes-skincare-products-to-work

https://www.allure.com/story/how-long-time-between-skin-care-products

https://www.marieclaire.com/beauty/a13136028/how-long-it-takes-skincare-products-to-work/

Tag:
skincare
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.