GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
lifestyle

8 Alternatif Pengganti Aseton yang Lebih Aman dan Mudah Didapat

Tim Penulis Diri-10 Feb 2023
menghilangkan kutek tanpa aseton

Selain memakai henna, cara lain untuk mempercantik kuku adalah dengan memulaskan kutek beraneka warna. Namun cara efektif untuk menghilangkan cat kuku adalah dengan memakai aseton yang sayangnya berpotensi merusak kuku karena berasal dari bahan kimia keras. Apakah ada cara menghilangkan kutek kuku secara alami?  Yuk, intip jawabannya di artikel berikut.


Aseton Sebagai Penghapus Cat Kuku

Aseton merupakan senyawa yang sifatnya mudah terbakar, mudah menguap, dan bisa larut dalam air. Sudah sejak dulu aseton digunakan di industri kecantikan untuk menghapus kutek kuku secara efektif, sebab dapat meluruhkan lapisan cat kuku secepat kilat.


Meski aseton cukup aman digunakan, tetapi jika pemakaiannya berlebihan, aseton bisa merusak jaringan kuku karena dapat menimbulkan iritasi. Bahkan pada beberapa orang yang kulitnya sensitif, bisa terjadi respon alergi saat bersentuhan dengan aseton.


Alternatif Lain Pengganti Aseton

Lalu apakah ada bahan alternatif lain yang lebih aman untuk menghapus kutek kuku? Untungnya jawabannya ada. Cukup banyak bahan-bahan lain yang lebih ramah di kulit tapi juga sama ampuhnya dengan aseton untuk menghapus cat kuku. Berikut adalah daftar bahan alternatif aseton yang bisa kamu coba.


1. Pasta Gigi

Pasta gigi bisa jadi bahan pengganti aseton yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di rumah. Dalam sebuah pasta gigi terkandung ethyl acetate yang juga terdapat di dalam aseton, sehingga kamu bisa memakai pasta gigi untuk menghapus kutek kuku.


Lantas bagaimana cara menghapus cat kuku dengan pasta gigi? Kamu cukup mengeluarkan pasta gigi sedikit dan oleskan secara perlahan di permukaan kuku dengan sikat gigi yang sudah tidak terpakai. Nanti cat kuku akan mengelupas sendiri.


2. Deodoran

Siapa sangka ternyata deodoran juga bisa jadi alternatif pengganti aseton. Akan tetapi, agar tetap terjaga higienitasnya jangan pakai deodoran stick melainkan pakai deodoran jenis spray. Untuk pengerjaannya sangat mudah.


Pertama, siapkan kapas dan deodoran spray. Kemudian, semprotkan deodorant secukupnya pada kapas dan usapkan kapas tersebut ke kuku yang masih dilapisi kutek. Memakai deodorant memang tidak bisa sekali usap langsung hilang. Jadi, kamu perlu mengulangi beberapa kali sampai kutek kuku benar-benar terhapus.


3. Hand Sanitizer

Hand sanitizer termasuk salah satu barang yang ada di sekitarmu dan sering kamu bawa ke mana-mana. Ternyata kamu juga bisa memanfaatkan hand sanitizer sebagai pengganti aseton karena mengandung kadar alkohol yang tinggi, sehingga cukup efektif untuk mengelupas lapisan cat kuku.


Cara menggunakan hand sanitizer untuk menghapus kutek juga sangat mudah. Kamu hanya perlu menuangkan sedikit hand sanitizer ke kapas atau tisu. Kemudian, gosokkan ke kuku dan ulangi terus sampai kutek kuku mengelupas sempurna.


4. Parfum

Di dalam parfum ada kandungan alkohol yang cukup tinggi, terutama pada body mist atau cologne. Jadi, parfum bisa jadi alternatif pengganti aseton darurat yang kerjanya cukup efektif dan banyak wanita telah membuktikan keberhasilannya. Kamu cukup semprotkan produk parfum ke kapas atau kertas tisu secukupnya. Kemudian, gosok-gosokkan ke kukumu dan ulangi terus hingga cat kuku hilang.


5. Hairspray

Hairspray mengandung kandungan alkohol tinggi sehingga ampuh untuk menghapus lapisan kutek di kuku. Caranya simpel sekali, kamu tinggal semprotkan hairspray ke kuku sedikit demi sedikit sampai cukup membasahi seluruh permukaan kuku. Selanjutnya, usapkan kuku dengan kapas atau kertas tisu. Nanti cat kuku akan melumer dan bisa langsung terkelupas.


6. Pelapis Kutek

Selain untuk melapisi dan mempercantik visual kuku, ternyata pelapis kutek atau top coat juga bisa berfungsi untuk menghapus cat kuku.

Kamu tinggal mengoleskan top coat di atas lapisan kutek sampai merata. Setelah memastikan seluruh permukaan kuku sudah tertutupi top coat, kamu harus segera mengusap kukumu menggunakan kapas selagi top coat masih dalam keadaan basah agar cat kuku bisa terhapus sempurna.


7. Cuka Apel dan Jus Jeruk

Kombinasi cuka apel dan jus jeruk dapat kamu manfaatkan sebagai pengganti aseton. Berkat kandungan asam alami dalam cuka apel dan jus jeruk, membuat keduanya ampuh mengelupas cat kuku tanpa perlu usaha keras.


Caranya cukup tuangkan cuka apel bersama jus jeruk secukupnya ke dalam sebuah wadah kecil. Lalu gunakan kapas yang sudah digulung kecil, kemudian celupkan ke dalam air cuka apel dan jus jeruk yang sudah kamu siapkan sebelumnya.


Letakkan gulungan kapas tersebut di atas kuku dan tekan selama 15 detik. Selanjutnya cat kuku akan mulai melunak dan kamu bisa mengelupasnya pelan-pelan sampai tidak ada cat kuku yang tersisa.


8. Lemon

Buah lemon tidak hanya segar di lidah, tetapi juga punya manfaat lain untuk menghapus cat kuku. Kadar asam yang tinggi pada buah lemon dapat membantu melunakkan cat kuku sehingga kamu mudah untuk mengelupasnya.


Kamu bisa memakai irisan lemon dengan cara menggosokkan irisan lemon di atas lapisan kutek selama satu menit dan pastikan untuk tidak mengenai kutikula kuku supaya tidak iritasi. Setelah selesai, lap satu arah dengan tisu kering. Cat kuku pun akan rontok secara perlahan.


Tidak hanya terbatas dengan irisan lemon saja, menghapus cat kuku juga bisa dengan air perasannya. Caranya, rendam buntalan kapas sampai air perasan lemon terserap. Lalu, letakkan kapas di atas kutek sampai melunak. Barulah kamu bisa mengelupas sampai kuku sudah tidak tertutupi cat kuku lagi.


Itu dia informasi lengkap seputar aseton dan cara menghilangkan kutek kuku secara alami. Perawatan kuku juga sama pentingnya seperti merawat jaringan tubuh lainnya. Jadi, kamu wajib memelihara kesehatan kuku dengan rajin memotong kuku dan pastikan kondisinya selalu bersih.


Selain itu, pastikan juga kamu tidak mengalami keluhan rambut rontok atau masalah kulit. Namun bila sudah terlanjur mengalaminya, kamu bisa berkonsultasi ke Diricare. Langsung registrasi via online, kamu akan terhubung dengan dokter berkualitas yang bisa membantu mengatasi berbagai keluhan seperti jerawat, rambut rontok, atau wajah kusam. Yuk, tunggu apalagi? Daftar segera di sini!


Sumber:

https://coteshop.co/blogs/news/how-to-remove-nail-polish

https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/beauty/the-6-best-ways-to-remove-nail-polish-without-a-remover/articleshow/60391435.cms


Tag:
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.