GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Sering Keliru, Ini Perbedaan Moisturizer dan Pelembab

Tim Penulis Diri-04 Jul 2024

Kamu masih bingung dengan istilah moisturizer dan pelembab?


Hah, bukannya keduanya sama, ya?


Hayoo, meskipun keduanya punya fungsi umum yang sama, nyatanya, baik moisturizer maupun pelembab punya perbedaan dari segi komposisi dan manfaat spesifiknya, loh.


Nah, supaya kamu nggak keliru lagi dengan dua produk ini, yuk simak perbedaan moisturizer dan pelembab di artikel berikut!


Apa itu Moisturizer?

Moisturizer adalah produk perawatan kulit yang digunakan untuk membuat kulit menjadi lembab dan lembut. Produk ini bekerja dengan cara menambah atau mempertahankan kadar air dalam lapisan kulit terluar, sehingga mencegah kekeringan dan iritasi.


Apa itu Pelembab?

Pelembab adalah istilah yang lebih dikenal dan digunakan pada produk-produk yang dipasarkan di Indonesia. Dari segi komposisi, pelembab mengandung air sebagai bahan utamanya. Lain halnya dengan moisturizer, fungsi pelembab adalah untuk menjaga kelembaban kulit yang sudah ada. Pelembab akan membentuk sebuah lapisan di permukaan kulit yang membantu mencegah air yang berada di sel-sel kulit wajah menguap.


Manfaat Moisturizer dan Pelembab

Moisturizer atau pelembab memiliki berbagai manfaat untuk kulit, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Berikut adalah beberapa manfaat utamanya:


1. Mencegah Kekeringan

Moisturizer dan pelembab membantu menjaga kelembaban kulit dengan menarik dan mengunci air di dalamnya, sehingga mencegah kulit menjadi kering dan bersisik.


2. Melembutkan Kulit

Dari segi kandungannya, moisturizer dan pelembab mengandung emolien yang melembutkan dan menghaluskan tekstur kulit, membuatnya terasa lebih lembut dan kenyal.


3. Melindungi Kulit

Pelembab dapat membentuk lapisan pelindung di permukaan kulit, sementara moisturizer akan mengunci kandungan air dalam kulit. Keduanya membantu melindungi dari faktor lingkungan yang berbahaya, seperti polusi dan angin kering. 


4. Mengurangi Tanda Penuaan

Kulit yang terhidrasi dengan baik cenderung menunjukkan lebih sedikit tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus. Beberapa pelembab dan moisturizer juga mengandung bahan anti-penuaan seperti retinol dan antioksidan.


5. Menyeimbangkan Produksi Minyak

Pelembab dan moisturizer dapat membantu menyeimbangkan produksi minyak alami kulit. Kulit yang terlalu kering dapat memicu produksi minyak berlebih sebagai mekanisme kompensasi, yang bisa menyebabkan jerawat. 


6. Memperbaiki Fungsi Pelindung Kulit

Pelembab dan moisturizer dapat membantu memperbaiki dan memperkuat lapisan pelindung kulit, yang penting untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah iritasi.


7. Mengurangi Iritasi dan Kemerahan

Beberapa pelembab dan moisturizer akan mengandung bahan-bahan yang menenangkan dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi iritasi, kemerahan, dan peradangan pada kulit.


8.  Memperbaiki Kulit yang Rusak

Manfaat pelembab dan moisturizer yang terakhir adalah dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak, baik dari paparan sinar matahari, produk perawatan kulit yang keras, atau kondisi lingkungan yang ekstrem.


Perbedaan Moisturizer dan Pelembab

Kandungan dan Komposisinya

Dari segi komposisinya, moisturizer mengandung kombinasi antara air dengan bahan-bahan aktif, seperti humektan,  emolien, oklusan, ceramides, antioksidan, juga berbagai macam vitamin yang bagus untuk hidrasi kulit. Sementara itu, komposisi pelembab lebih banyak mengandung air, dengan tambahan bahan aktif tertentu.


Tekstur dan Konsistensinya

Umumnya, moisturizer memiliki tekstur yang sedikit lebih kental daripada pelembab. Sehingga, moisturizer akan cocok untuk kamu yang punya kondisi kulit kering dan butuh kelembaban ekstra. Sedangkan pelembab, karena memiliki konsistensi cair dan ringan, akan cocok digunakan untuk kamu yang memiliki kulit berminyak.


Cara Kerjanya

Moisturizer bekerja dengan cara mengunci kandungan air dan mineral di dalam kulit, sehingga kulit menjadi lembab dan lembut. Sementara itu, pelembab bekerja dengan cara membentuk lapisan minyak di dalam kulit untuk mencegah hilangnya kadar air pada kulit wajah. 


Waktu Penggunaannya

Waktu penggunaan pelembab dan moisturizer juga sedikit berbeda, loh! Pelembab biasanya digunakan pada pagi serta malam hari, sementara moisturizer bisa digunakan kapan saja, pun ketika kulit sedang kering, kasar, atau mengelupas.


Nah, itulah penjelasan mengenai perbedaan antara moisturizer dan pelembab. Semoga, setelah memahami informasi di atas, kamu jadi bisa memilih untuk menggunakan produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu, ya.


Kamu juga bisa loh konsultasi dengan dokter ahli terkait produk-produk perawatan kulit wajah. Yuk, install aplikasi Diricare, dan mulai dapatkan produk skincare tepat, tanpa harus coba-coba!


Referensi:

https://kumparan.com/hello-ladies/serupa-tapi-tak-sama-ini-perbedaan-moisturizer-dan-pelembap-1ymOHfJc6Gc/full

https://bruv.co.id/perbedaan-moisturizer-dan-pelembab/

https://tanskin.id/perbedaan-moisturizer-dan-pelembab/


banner-artikel
Tag:
tips
tekstur kulit
peremajaan kulit
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.