GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
lifestyle

Bibir Kering dan Pecah-pecah, Atasi dengan Rutin Memakai Lip Balm

Tim Penulis Diri-05 Jun 2023
solusi bibir kering dan pecah-pecah lip balm

Bibir kering dan pecah-pecah kerap dialami dan jadi masalah keseharian. Keluhan ini bisa diatasi dengan perawatan sederhana, yaitu memakai lip balm secara rutin. Lip balm adalah produk perawatan bibir yang dibuat untuk menggenapkan kelembapan yang hilang dan mencegah kekeringan yang merusak kulit bibir.


Selain mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, lip balm juga memiliki manfaat lebih spesifik. Manfaat ini tergantung bagaimana formula dalam produk sehingga bisa mengatasi sejumlah masalah bibir lebih subtil. Yuk, simak berikut penjelasan lengkapnya.


Manfaat lip balm

Pada situasi apapun, lip balm merupakan produk perawatan bibir yang berguna. Selain didesain dengan kemasan handy, lip balm juga memiliki bahan pokok untuk menutrisi bibir dan menjaganya tetap lembap. Biar kamu paham betul apa manfaat lip balm, berikut ini cek daftarnya.


1.  Melembapkan bibir

Manfaat pertama ini merupakan khasiat paling umum dari lip balm. Jika kamu termasuk orang yang bibirnya mudah kering, pastikan membawa lip balm ke mana pun kamu pergi. Karena mengoleskan ‘balsam bibir’ secara teratur bisa membuat bibirmu lembut dan kenyal.


2.  Melindungi bibir dari paparan matahari

Kalau kamu sering beraktivitas di luar ruangan, memakai lip balm perlu dilakukan secara rutin. Pasalnya, lip balm dapat membantu melindungi bibir dari paparan matahari. Kamu tahu ‘kan kalau sinar UV efeknya terlampau keras jika menerpa kulit, termasuk bibir? Bibir yang terpapar matahari terus menerus dapat menyebabkan hiperpigmentasi. Ini tak hanya membuat bibir kering dan pecah-pecah, tetapi juga warnanya lebih gelap.


3.  Menyembuhkan bibir pecah-pecah

Seperti yang telah dipaparkan di atas, manfaat lip balm bisa mengatasi bibir pecah-pecah. Meski enggak instan dan perlu dibiasakan memakai lip balm secara rutin, tapi kamu wajib memilih cara ini untuk menjaga kecantikan bibir.


4.  Mengangkat sel kulit mati

Lip balm memiliki banyak sekali khasiat kalau kamu memilih formula produk secara tepat. Banyak sekali produk lip balm yang memiliki kemampuan untuk mengelupaskan sel kulit mati dari bibirmu secara lembut. Hasilnya, bibirmu akan terlihat lebih sehat dan sel kulit bibir baru akan menghalau warna kusam bibir.


5.  Primer sebelum memakai lipstik

Lipstik yang tidak fleksibel ketika diaplikasikan ke bibir, bisa diatasi dengan memakai primer terlebih dahulu. Ini merupakan salah satu fungsi lip balm, yaitu sebagai primer yang memberikan kemudahan dalam mengaplikasikan lipstik, khususnya lipstik matte.


6.  Melindungi regenerasi sel kulit baru

Ketika tidur, tubuh menyembuhkan dan meregenerasi sel baru. Saat itu pula, bibir mungkin akan mengering karena mekanisme alamiah tubuh. Nah, kamu perlu memakai lip balm saat tidur untuk mencegah kering dan pecah-pecah. Untuk itu, pilih lip balm yang mengandung nutrisi baik untuk melindungi dan membantu bibir tetap kenyal.


7.  Mewarnai bibir

Banyak sekali produk lip balm dan memiliki formula yang berbeda-beda. Kalau kamu tak suka memakai lipstik, bisa memakai lip balm atau pelembap bibir semacam lip tint yang tidak hanya menjaga bibir tetap lembap tetapi juga memberikan rona cerah pada bibirmu.


8.  Mencerahkan warna bibir

Kalau kamu rutin menggunakan lip balm, kamu tidak akan mengalami keluhan. Mulai dari menjaga bibir lembap, enggak pecah-pecah, ditambah mengurangi potensi hiperpigmentasi. Artinya, bibir akan berwarna lebih cerah dan bintik-bintik hitam akan pudar.


9.  Melindungi bibir dari kerusakan

Keluhan paling banyak tentang bibir, adalah kulitnya mengelupas karena kering. Ini bisa disebabkan terpapar sinar UV matahari tanpa perlindungan, atau terus-menerus menjilat bibir. Perlu kamu ketahui, dengan menjilat bibir, air liur akan transfer ke permukaan kulit pada bibir. Ini bisa menyebabkan kulit semakin kering lho! Jadi, hindari menjilat bibir dan upayakan untuk selalu melindungi bibir jika beraktivitas di luar ruangan.


Itulah deretan manfaat dari lip balm yang dipakai secara rutin. Lebih penting lagi, ketahui kandungan yang perlu ada di dalam lip balm dan kandungan apa saja yang perlu dihindari dalam penjelasan selanjutnya.


Kandungan lip balm yang paling efektif

Sejumlah bahan dalam lip balm perlu kamu perhatikan. Bahan yang baik untuk melembapkan bibir dan tidak memicu risiko, antara lain, madu, shea butter, minyak biji bunga matahari, minyak kelapa, minyak jojoba, minyak zaitun, squalene, vitamin E, dan asam hialuronat.


Lip balm dengan bahan di atas, bisa kamu andalkan untuk mengatasi masalah pada bibir, terutama ketika bibir kering, pecah-pecah, dan kusam atau warnanya tak cerah. Paling penting lagi, pilih lip balm yang mengandung vitamin E. Karena vitamin ini bertindak sebagai antioksidan yang dapat menjadi pelindung kulit.


Menurut rekomendasi Elaine Kung, MD., dokter kulit bersertifikasi, lip balm umumnya berbahan petrolatum yang sering dianggap sebagai salah satu bahan pelembap paling efektif. Tambahnya lagi, petrolatum dapat efektif mengurangi risiko kulit kehilangan lebih banyak air daripada minyak mineral, silikon, dan lanolin.


Kandungan lip balm yang perlu dihindari

Tidak jarang produk memformulasikan aroma atau tekstur produk yang bisa membuat bibir menurun kelembapannya. Alih-alih melembapkan, memilih kandungan lip balm yang salah justru bisa merusak bibir.


Saran Dylan Alston, MD., dokter kulit bersertifikasi, hindari lip balm yang mengandung mentol, benzoakain, asam salisilat, dan fenol. Bahan tersebut meski memberikan sensasi dingin, tetapi biasanya mengelupas lapisan luar kulit dan membuat bibir semakin kering serta rentan mengalami kerusakan.


Sedangkan lip balm dengan label komposisi menyertakan fenol atau phenol, biasanya bersifat eksfoliatif. Ini bisa membuat bibir semakin kering kalau kamu enggak cocok memakainya. Nah, buat kamu yang berkulit sensitif, hindari produk lip balm mengandung citral, minyak peppermint, geraniol, campuran wewangian, serta cinnamaldehyde.


Tips memilih lip balm

Untuk membantumu memilih lip balm yang paling cocok, kamu bisa mengikuti tips ini. Pertama, pilih lip balm yang tidak mengiritasi dengan menghindari bahan-bahan kandungan tertentu. Dengan memilih kandungan yang aman, kamu bisa memakainya bahkan ketika tidur.


Tips kedua, pilih yang sesuai dengan kebutuhanmu. Kalau untuk mengatasi kulit kering, maka kamu bisa memilih lip balm mengandung moisturizer. Berbeda jika untuk melindungi bibir dari terpaan sinar UV, maka pilih lip balm yang mengandung SPF. Selanjutnya, pakai lip balm seperti lip tint yang sekaligus memberikan rona pada bibir tanpa memakai lipstik.


Tips selanjutnya, terdapat berbagai katagori lip balm. Di antaranya, untuk melembapkan, mewarnai, berbahan organik, atau balm untuk pengobatan. Oleh karena banyak sekali formula dari produk, ketahui tujuanmu dalam memakai lip balm.


Itulah penjelasan mengenai manfaat lip balm dan kandungan baik dalam lip balm. Selain merawat bibir, kamu juga perlu memberikan perawatan yang baik pada kulit, bukan? Untuk kebutuhan perawatan kulit, biar enggak salah pilih dan mendapatkan treatment planning dari dokter berpengalaman, kamu bisa konsultasi secara online di klinik Diri.

 

Sumber:

https://www.myglamm.com/glammstudio/benefits-of-lip-balm

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/best-lip-balms-for-chapped-lips#common-causes

https://www.byrdie.com/does-chapstick-make-your-lips-more-chapped-6825041#toc-does-lip-balm-make-your-lips-more-chapped


banner-artikel
Tag:
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.