GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
lifestyle

8 Model Rambut Bob Nungging Layer yang Nggak Pernah Out of Date

Ditinjau oleh dr. Flora F-09 Nov 2022
sejarah rambut bob nungging

Gaya rambut berperan besar dalam membangun penampilan seseorang. Kalau kamu lebih suka rambut pendek, banyak sekali gaya rambut yang bisa kamu pilih. Salah satunya model rambut bob nungging layer yang dari awal abad 19 hingga saat ini masih disukai. Meski sudah sejak lama dipakai, rambut bob selalu populer dan enggak pernah out of date. Kenapa bisa begitu, coba cek sejarah dan referensi model potongan rambut bob berikut ini.


Sejarah rambut bob nungging layer

Model rambut bob nungging layer merupakan salah satu variasi dari gaya rambut bob. Rambut bob, mulai dikenal sejak tahun 1890-an. Polaire, aktris dan penyanyi dari Prancis memakai rambut pendek bergaya bob pertama kali. Sementara pada masa itu, budaya secara umum belum bisa menerima citra perempuan dengan potongan rambut pendek.



Pada masa itu, peran gender perempuan digambarkan dengan potongan rambut panjang. Sehingga siapapun yang memakai potongan rambut pendek, dinilai memberontak budaya. Polaire tidak membawa perubahan besar, karena gaya potongan rambutnya dikritik habis-habisan. Bahkan pada debutnya di New York, ia dinilai sebagai perempuan paling jelek karena rambutnya pendek. Tetapi pada tahun 1920-an, perubahan besar memberikan napas segar.


Seorang penari yang memiliki pengaruh besar dalam fashion, Irene Castle, memotong rambutnya untuk kenyamanan. Kemudian pilihan gaya ini disebut sebagai Castle Bob. Perempuan pada umumnya di masa itu sulit meniru gaya rambutnya karena penata rambut menolak menata gaya rambut pendek dan dianggap kontroversial. Beberapa penata rambut juga tidak tahu bagaimana melakukannya tetapi tukang cukur melakukannya.


Sebuah berita yang dimuat Washington Post tahun 1925 menuliskan industri kecantikan berubah besar-besaran pada tahun tersebut. Banyak salon penata rambut baru dibuka, bahkan jumlahnya hingga empat kali lipat dari lima tahun sebelumnya. Ini secara langsung dipengaruhi oleh populernya potongan rambut bob yang menawarkan citra cantik yang mandiri, independen, dan penuh semangat.


Pandangan lainnya, beranggapan bahwa potongan rambut bob melambangkan perempuan yang aktif dan sadar kesehatan. Gaya rambut bob dinilai praktis, karena masa-masa Perang Dunia I, perempuan memotong rambutnya untuk mengambil tugas militer dan pekerjaan Palang Merah. Setelah tahun ini, perempuan mendapatkan ruang dalam memilih gayanya. Mereka tak melulu harus berambut panjang, tetapi bisa lebih variatif sesuai persona masing-masing.

Setelah tahu sejarah potongan rambut bob, apakah kamu tertarik style yang lebih spesifik dengan model rambut bob nungging layer? Nah, karena model potongan rambut ini variasi dari gaya rambut bob, yuk selami referensi model rambutnya berikut ini.


Model rambut bob nungging layer

Model rambut bob, mungkin tak asing buatmu. Tetapi dengan variasi nungging dan berlayer, sudah tahukah kamu seperti apa bentuknya secara spesifik?

Rambut pendek dengan aksen ‘nungging’ bagian belakang, membuat terlihat lebih dekoratif. Gaya potongan rambut ini berlapis dan subtil pada bagian belakang atau atas tengkuk membentuk layer. Ini yang disebut model rambut bob nungging layer. Kalau referensi model potongan ini, yuk cek daftarnya di bawah.


Inverted bob panjang

Kalau kamu suka dengan potongan rambut bob variasi panjang, cobalah inverted bob panjang. Model rambut bob sebahu pada bagian samping ini cocok untuk membingkai bentuk wajah hati dan oval. Sedangkan bagian belakang, akan menciptakan volume dengan potongan nungging dari atas tengkuk menyamping hingga bahu.


Inverted bob dengan layer panjang

Karakter gaya potongan layer adalah bertingkat dan tidak rata. Bagaimana kalau model rambut bob nungging layer panjang? Bagian samping kanan dan kiri terlihat subtil dan tidak rata. Sedangkan bagian belakang, masih khas dengan potongan bob yang terkesan ‘nungging’ atau bervolume. Model rambut ini, cocok buat kamu yang memiliki bentuk wajah bulat maupun oval.


Inverted bob pendek

Model rambut bob nungging pendek atau inverted bob yang jatuhnya bagian samping bisa disesuaikan dengan bentuk wajah. Kamu bisa berkonsultasi pada hairstylist untuk mendapatkan hasil sempurna. Kalau untuk wajah bulat, baiknya bagian samping jatuh di bawah dagu. Gaya rambut bob juga bisa membuat penampilanmu terlihat lebih simpel dan memesona.


Bob nungging dengan poni

Kalau kamu ingin tampil cute dengan poni, bisa juga menambahkan dalam model rambut bob. Saat dikombinasikan dengan poni, model rambut yang enggak pernah kedaluwarsa ini akan tampak menarik.

Karena bagian depan cukup dramatis dengan tambahan poni, maka pertimbangkan bagian samping dipotong dengan lebih lembut. Ini akan membantu membangun penampilanmu lebih feminin. Kamu bisa menambahkan banyak jenis aksesori rambut dengan gaya potongan rambut ini. Misalnya menambahkan bando yang jatuh di tengah kepala sehingga sisa-sisa bagian samping menutup pangkal rahang.


Curly inverted bob

Model rambut bob nungging layer bisa dipakai semua jenis rambut. Tidak hanya rambut lurus, rambut curly juga cantik dengan model rambut ini. Rambut ikal dengan volume sempurna, bisa terlihat elegan dengan gaya rambut bob.

Untuk mendapatkan penampilan sempurna dengan rambut ikalmu, jangan malas untuk merawatnya ya. Bukankah rambut dengan ikal yang lembut dan sehat akan membuat penampilanmu lebih stand out?


Long inverted bob dengan poni

Masih dengan tambahan poni, kalau kamu suka gaya rambut bob sebahu atau agak panjang, bisa kok. Bahkan model rambut bob nungging layer ini bisa membuatmu terlihat modis dan bold. Untuk penampilan yang lebih berani, kamu juga bisa mempertimbangkan mewarnai rambut sesuai dengan seleramu.


Inverted bob untuk wajah bulat

Gaya potongan rambut yang tepat jatuh ke samping, sering kali membuat bentuk wajah bulat terlihat semakin tegas. Tips biar memecah garis wajah, cobalah model bob nungging layer dengan tekstur. Pastikan juga memilih potongan bob yang lebih panjang atau bagian samping jatuh di bawah dagu. Hindari model yang lebih pendek, karena membuat tulang pipi terlihat jelas dan wajah terlihat lebih lebar.


Inverted bob berombak

Gaya potongan rambut modern unggul dengan variasi tekstur. Dengan model rambut bob, kamu juga bisa mengadopsi tekstur rambut dalam penampilanmu. Tekstur diciptakan dengan lapisan, bisa dibuat rata. Bisa juga dibuat acak sehingga terlihat kekinian dengan tampilan messy hair. Jangan salah, gaya rambut choppy inverted bob ini sangat mudah ditata. Cukup menyisirnya dengan jari dan kamu akan terlihat menajubkan.


Kedelapan referensi model rambut bob nungging layer di atas bisa kamu jadikan inspirasi dalam memilih gayamu. Selain mengaplikasikan hairstyle yang nggak pernah out of date, penting buatmu memakai produk hair care yang tepat. Kalau memiliki keluhan rambut rontok dan menipis serta ketombe, konsultasikan pada dokter ahli dan tim klinis berpengalaman di klinik Diri.

 

Sumber:

https://www.leonstudioone.com/school/cosmetology-school/the-history-of-the-bob/

https://www.smithsonianmag.com/arts-culture/the-history-of-the-flapper-part-4-emboldened-by-the-bob-27361862/

https://www.thetrendspotter.net/inverted-bob-haircuts/


Tag:
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.