GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
lifestyle

13 Cara Menghilangkan Henna di Tangan, Praktis dan Aman untuk Kulit

Ditinjau oleh dr. Intan-16 Nov 2022
Cara menghilangkan Henna

Menghias tangan dengan tato temporer akan bertahan selama dua minggu jika memakai henna. Henna adalah semacam tinta berbahan daun tanaman pacar yang familiar untuk seni menghias tangan dengan pola rumit atau dikenal dengan mehndi. Ketika henna dioleskan di kulit, molekul lawone di dalamnya akan menempel pada lapisan kulit terluar dan mengikat keratin. Cara menghilangkan henna di tangan bisa dilakukan dengan langkah dan bahan tertentu.


Henna yang paling aman untuk kulit bukanlah yang berwarna hitam, tetapi yang umumnya menghias tangan mempelai pengantin perempuan di India, yakni memakai henna yang berwarna cokelat kemerahan atau tone warna oranye. Henna murni juga lebih aman karena tidak menyebabkan reaksi alergi dan iritasi. Nah, selanjutnya begini lho cara menghilangkan henna di tangan secara aman dan tepat.


Cuci dengan sabun anti bakteri

Kalau kamu perlu cara menghilangkan henna di tangan dengan cepat dan mudah, cobalah membasuhnya dengan sabun anti bakteri dan air. Langkah ini mungkin sangat sederhana, tetapi efektivitasnya dalam memudarkan henna tak bisa disepelekan.


Cara pertama ini, sedikit membuat kulit tanganmu lebih kering. Karena kemungkinan besar sabun anti bakteri mengandung alkohol. Artinya, setelah mencuci tangan untuk menghilangkan henna dengan sabun anti bakteri, jangan lupa untuk oleskan pelembap ya.


Olesi dengan micellar water

Micellar water ialah toner yang dianggap paling lembut. Kamu mungkin tak percaya, dengan kelembutan cairan pembersih ini, warna henna pada tangan bisa perlahan memudar. Cara menghilangkan henna di tangan dengan cepat menggunakan micellar water, cukup tuangkan cairan micellar pada waslap dan gosok perlahan ke kulit.

Buat kamu yang memiliki kulit sensitif, cara ini paling aman. Micellar water juga diformulasi bebas parfum dan pewarna sehingga tak berpotensi mengiritasi.


Memakai baby oil

Baby oil bisa berperan memudarkan warna henna yang menempel pada kulit, khususnya di tangan. Langkah yang perlu dilakukan adalah cukup oleskan secara merata pada bagian tangan yang bertato henna. Setelah mengoles dan menggosoknya dengan lembut, jangan lupa mencuci area tersebut untuk mengangkat residu henna.


Sabun dan air hangat

Berbeda dengan langkah yang pertama, langkah keempat ini mengandalkan peran air hangat yang bisa membuka pori-pori sehingga henna yang menempel bisa terangkat. Pilih sabun yang lembut ya, biar saat menggosok tangan tetap terasa nyaman. Cara menghilangkan henna di tangan dengan langkah ini bisa diulangi dua hingga tiga kali sehari. Penting untuk diingat, karena air hangat membuat kelembapan kulit menurun, jangan lupa oleskan losion pelembap setelah melakukan langkah ini.


Jus lemon

Banyak skincare yang memformulasikan vitamin C untuk mencerahkan kulit. Salah satu bahan alami yang mengandung vitamin C ialah jeruk lemon. Lemon bisa membantu menghilangkan henna di tangan. Cara yang perlu kamu lakukan, potong lemon menjadi dua atau empat bagian. Kemudian gosokkan lemon pada kulit secara lembut selama 2-3 menit. Selanjutnya bilas lemon dari kulit dengan air hangat. Terakhir keringkan menggunakan handuk dengan cara ditepuk-tepuk lalu oleskan pelembap.


Penting kamu perhatikan, kalau kulitmu sensitif, hindari langkah ini ya. Soalnya, sifat asam dari air lemon dapat mengiritasi kulitmu. Tetapi kalau jenis kulit normal, cukup aman hanya perlu memberikan losion pelembap dengan bahan yang lembut.


Scrub pengelupasan kulit

Eksfoliasi atau pengelupasan kulit bisa menghilangkan henna di tangan. Caranya, rendam tangan dalam air hangat terlebih dahulu. Lalu pakai loofah untuk menggosok lembut area yang ditato henna. Langkah ini juga membantu mengelupas sel kulit mati. Atau bisa juga memakai lulur dengan scrub untuk pengelupasan kulit yang bisa dibeli di toko terdekat.


Air lemon dan soda kue

Menggunakan pasta campuran dari soda kue dan air perasan lemon merupakan salah satu cara menghilangkan henna di tangan. Langkahnya, pertama campurkan air dari satu buah lemon dengan soda kue hingga menjadi pasta. Kedua, oleskan pasta tersebut di tangan dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Terakhir, bilas dengan air hangat dan oleskan pelembap untuk mencegah kulit kering atau mengalami iritasi.


Apabila kamu bermasalah dengan kulit kering, kusam, hingga gejala iritasi, ada baiknya mendapatkan perawatan yang terpercaya. Untuk itu, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter berpengalaman di klinik Diri. Selanjutnya skincare akan diformulasikan oleh tim klinis sesuai dengan kondisi kulitmu.


Rendam air garam

Natrium klorida dalam garam dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan menjaga sel-sel kulit hidup tetap sehat. Kamu bisa menggunakan air garam sebagai cara menghilangkan henna di tangan secara cepat. Cukup dengan merendam tanganmu, tato henna akan terangkat.


Langkah pertama yang perlu dilakukan, siapkan dua sendok makan garam, bisa garam meja, garam Epsom, atau garam Himalaya. Tuangkan dalam air hangat dan aduk hingga larut. Kemudian, rendam tanganmu ke dalam air garam selama dua puluh menit. Terakhir, bilas dengan air mengalir hingga residu terangkat bersih.


Pasta gigi yang mengandung pemutih

Produk pasta gigi ada yang mengklaim berkhasiat memutihkan gigi. Ini bisa kamu manfaatkan untuk menghapus henna di tanganmu. Kamu cukup mengoleskan pasta gigi di tangan, diamkan hingga kering. Kemudian gosok dengan sikat gigi berbulu halus dan cuci hingga bersih setelahnya.


Minyak zaitun dan garam

Cara menghilangkan henna di tangan selanjutnya, cukup aman dilakukan. Dengan mencampurkan minyak zaitun dan garam, kamu bisa menghilangkan pewarna dari daun tanaman pacar yang menempel di kulit tangan. Untuk memakainya, gunakan kapas untuk mengoleskan campuran minyak zaitun dan garam pada tangan. Sebelum mengoleskan, basahi dulu tangan dengan waslap basah.


Minyak kelapa dan gula pasir

Seperti yang telah diulas di atas, scrub bisa mengangkat sel kulit mati, termasuk mengangkat sisa henna di tanganmu. Cara yang bisa kamu lakukan dengan mudah, campurkan minyak kelapa dan gula pasir. Kemudian gosokkan kedua campuran bahan tersebut pada kulit tanganmu. Kamu bisa memakai loofah atau waslap agar scrubbing lebih mudah.


Kondisioner rambut

Kalau henna pada rambut, akan luruh ketika kamu memakai kondisioner. Kondisioner juga bisa kamu manfaatkan sebagai cara menghilangkan henna di tangan. Oleskan kondisioner pada tangan berhenna, kemudian diamkan sesaat agar menyerap sepenuhnya. Untuk membasuh residu henna dan kondisioner, bilas dengan air hangat hingga bersih ya.


Makeup remover

Tidak hanya mengangkat riasan di wajah, makeup remover bisa dimanfaatkan untuk menghapus henna di tangan. Untuk memakainya, tuangkan makeup remover di kapas kemudian gosokkan lembut pada tangan. Kamu perlu mengulangi ini berulang kali agar henna terangkat sepenuhnya.

Itulah tiga belas cara menghilangkan henna di tangan. Selain praktis dan mudah mendapatkan bahan ampuh untuk mengangkat tato temporer dengan henna, langkah di atas juga cukup aman untuk kamu lakukan. Sebagai rekomendasi terbaik, kalau kamu memiliki masalah kulit dan belum mendapatkan solusi, cobalah konsultasi pada dokter berpengalaman dan tim ahli di klinik Diri


Sumber:

https://www.byrdie.com/remove-henna-5093775

https://www.medicalnewstoday.com/articles/324757

https://www.healthline.com/health/how-to-remove-henna


Tag:
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.