GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
lifestyle

Ketahui Cara Bleaching Rambut yang Aman agar Rambut Tak Cepat Rusak

Tim penulis Diri-11 Nov 2022
cara bleaching rambut

Proses pewarnaan rambut membuat rambut jadi rentan rusak akibat terpapar zat kimia. Apalagi saat masa pewarnaan, harus melalui proses bleaching terlebih dulu supaya warna pigmen cat rambut bisa lebih menyala. Nah, bleaching inilah yang kerap jadi akar kerusakan rambut. Lantas bagaimana cara bleaching yang benar untuk meminimalisir kerusakan? Yuk, ketahui lebih lanjut tentang efek bleaching rambut pada artikel berikut ini.


Apa Itu Bleaching Rambut?

Bleaching adalah proses kimiawi untuk mematikan zat pigmen pada batang rambut, sehingga warna batang rambut jadi cerah. Semakin lama proses bleaching berlangsung, rambut semakin memutih akibat semakin banyaknya zat pigmen yang dimatikan.

Fungsi melakukan bleaching rambut untuk memudahkan batang rambut diberi berbagai macam warna agar dapat memberikan hasil akhir yang lebih memuaskan tampilan. Nantinya setelah mematikan zat pigmen, warna cat rambut jadi lebih mencolok apalagi di rambut orang Asia yang secara natural berwarna gelap.


Efek Samping Bleaching Rambut

Meskipun bleaching rambut bermanfaat untuk menonjolkan pigmen warna pada proses pewarnaan rambut, tidak bisa dipungkiri zat kimia yang terkandung pada krim bleaching seperti amonia, alkalin, hidrogen peroksida dapat berdampak buruk pada rambut. Lalu, apa sajakah efek samping bleaching rambut?


Menyakiti Kulit Kepala

Proses bleaching rambut membutuhkan beberapa waktu dan lamanya waktu tergantung dari jenis rambut. Untuk rambut gelap seperti rambut orang Asia, memerlukan waktu kurang lebih 30 menit, sedangkan untuk rambut terang hanya memerlukan waktu sekitar 10-20 menit.

Semakin lama proses bleaching berlangsung, kulit kepala akan terasa sedikit perih, gatal, nyeri dan tidak jarang memberi efek kulit panas seperti terbakar. Sensasi menyakitkan yang ditimbulkan tersebut akibat dari kandungan bahan kimia yang keras pada krim bleaching.


Batang Rambut Jadi Sangat Kering

Efek samping bleaching yang paling sering dirasakan orang-orang adalah batang rambut jadi sangat kering. Selama proses bleaching, batang rambut mengalami oksidasi akibat senyawa hidrogen peroksida.


Senyawa tersebut bekerja memecah molekul pada sel melanin atau zat pewarna rambut. Akibat pemecahan molekul melanin itu, warna natural pada batang rambut pun memudar dan siap diwarnai dengan berbagai pigmen warna yang diinginkan.


Rambut Rentan Rusak

Sudah disebutkan sebelumnya krim bleaching mengandung berbagai senyawa kimia yang keras. Penggunaannya pada rambut memang aman, tetapi mengorbankan kesehatan rambut. Biasanya setelah selesai bleaching, kondisi batang rambut jadi lebih rapuh, tipis, dan bercabang.

Kondisi tersebut adalah indikasi batang rambut sudah mengalami kerusakan yang cukup parah. Bila tidak segera melakukan perawatan, kerusakan rambut yang lebih lanjut seperti kerontokan jadi tidak bisa terhindarkan.


Muncul Reaksi Alergi

Orang-orang yang memiliki kulit sensitif harus berhati-hati saat berniat melakukan bleaching. Sebelum memulai, sebaiknya perhatikan komposisi krim bleaching tersebut dan memastikan tidak ada senyawa kimia yang mengundang reaksi alergi.

Ketika kulit sensitif berkontak dengan senyawa kimia keras bisa saja menimbulkan iritasi yang ditandai dengan kulit kepala yang jadi kemerahan, lalu diikuti rasa gatal, panas seperti tersengat, dan jaringan permukaan kulit jadi melepuh.


Cara Meminimalisir Kerusakan Rambut Akibat Bleaching

Setelah membaca beberapa potensi efek samping yang timbul dari pemakaian krim bleaching, tetapi tidak perlu terlalu panik karena penggunaan krim bleaching pasti aman asal cara penggunaannya benar.

Di bawah ini akan dipaparkan cara-cara meminimalisir rambut rusak atau menimbulkan respon tubuh yang tak diinginkan dari pemakaian krim bleaching. Apa saja?


 Lakukan Survey

Sebelum mulai mewarnai rambut, langkah pertama yang tidak boleh luput adalah lakukan survey terlebih dulu. Kamu bisa minta rekomendasi dari orang terdekat yang sudah berpengalaman mewarnai rambut. Di samping itu, kamu juga bisa langsung datang ke salon dan bertanya tentang krim bleaching yang bagus langsung pada ahlinya untuk mengurangi risiko.

Sehabis mendapatkan saran produk, jangan lupa periksa komposisi krim bleaching. Tahap ini sangat penting terutama bagi pemilik kulit sensitif, sebab bahan kimia dalam krim bleaching dapat menimbulkan respon alergi pada kulit.


Selalu Ikuti Petunjuk

Tidak jarang orang-orang suka mengabaikan petunjuk pemakaian yang tertera di bungkus produk. Kebiasaan ini bisa saja memberikan dampak buruk apalagi jika produk yang hendak dipakai mengandung bahan-bahan kimia keras.


Oleh karena itu, saat akan memulai bleaching, selalu baca dengan seksama seluruh peringatan yang tertera. Kemudian, ikuti seluruh petunjuk pemakaian secara runtut sesuai yang tercantum untuk mengurangi potensi efek samping.


Pakai Pengaman

Krim bleaching memang mengandung berbagai senyawa kimia keras. Apabila ceroboh menggunakannya dan terjadi kontak langsung dengan kulit dapat menimbulkan reaksi yang cukup fatal.

Untuk menghindarinya, selalu gunakan alat pengaman seperti sarung tangan. Lalu, perhatian cara pemakaiannya jangan sampai langsung mengenai kulit.


Selalu Pakai Timer

Sudah disebutkan sebelumnya salah satu faktor yang merusak rambut adalah melakukan bleaching yang terlalu lama. Makanya sangat penting menyiapkan stopwatch saat proses bleaching berlangsung supaya terhindar dari pemakaian yang terlalu lama.

Dengan langkah preventif ini kamu dapat mengurangi efek samping bleaching rambut yang menimbulkan kerusakan parah.


Cara Bleaching Rambut Sendiri di Rumah

Sebaiknya bleaching rambut memang harus dilakukan oleh ahlinya di salon. Tetapi jika ingin menghemat biaya, kamu juga bisa melakukannya sendiri di rumah. Bagaimana cara bleaching rambut yang tak merusak rambut?

  1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan, yakni produk bleaching, sarung tangan, kuas, tudung penutup kepala, dan wadah untuk mencampur krim bleaching.
  2. Selalu ikuti dan perhatikan langkah-langkah serta peringatan yang tertera di bungkus produk.
  3. Mulai campur produk bleaching ke wadah yang kamu siapkan dengan bantuan kuas. Jangan lupa juga pakai sarung tangan untuk melindungi kulit tangan agar tak kontak terlalu banyak dengan bahan kimia pada krim bleaching.
  4. Oleskan krim bleaching ke rambut yang sudah bersih secara hati-hati. Usahakan untuk tidak mengenai telinga, area kulit lain, dan juga baju.
  5. Setelah selesai mengoleskan seluruh produk ke area rambut yang diinginkan, tutup rambut dengan tudung plastik.
  6. Pasang stopwatch supaya kamu bisa tahu kapan saatnya membilas krim bleaching tersebut untuk menghindari kerusakan karena pemakaian bleaching yang terlalu lama.
  7. Ketika waktu yang ditentukan sudah selesai, segera bilas rambut dengan air hangat.
  8. Saat membilas rambut, jangan lupa usapkan shampo dan kondisioner agar rambut benar-benar bersih serta bisa mengembalikan kelembaban rambut yang hilang.
  9. Berikan vitamin rambut setelah selesai membilas rambut untuk memberi tambahan kelembaban di kulit kepala dan batang rambut


Langkah Pertolongan Pertama Jika Timbul Reaksi Alergi karena Bleaching Rambut

Munculnya reaksi alergi setelah mulai bleaching cukup sering terjadi. Penyebabnya, orang-orang tidak tahu jika mereka punya alergi terhadap salah satu komposisi krim bleaching. Bila sudah terlanjur memakai krim bleaching dan timbul reaksi alergi, kamu bisa ikuti langkah pertolongan pertama di bawah ini.

  1. Segera bilas krim bleaching dan jangan lupa lindungi tangan dengan sarung tangan.
  2. Siram area yang teriritasi dengan air dingin selama sepuluh menit.
  3. Meskipun muncul sensasi gatal atau perih, tahan untuk tidak menggosok, menggaruk, atau menyentuh area yang iritasi agar tidak semakin parah.
  4. Jika setelah dibilas masih belum ada tanda membaik, selalu bersihkan area yang iritasi  dan kompres menggunakan es batu.
  5. Namun, jika tanda alergi jadi semakin parah segera konsultasikan ke dokter untuk mendapati penanganan medis.

Itu dia ulasan lengkap tentang efek bleaching rambut dan juga langkah-langkah bleaching yang benar. Jangan pernah abaikan kesehatan rambut karena rambut adalah mahkota yang dapat memancarkan cantikmu. Jika memiliki keluhan rambut seperti ketombe dan rambut rontok, tidak perlu ragu konsultasi ke dokter. Diricare menyediakan konsultasi dokter gratis. Kemudian dokter akan merekomendasikan produk perawatan dengan harga terjangkau. Tunggu apalagi, yuk mulai konsultasi di sini!

Sumber:

https://www.healthline.com/health/scalp-bleach#risks

https://www.zalahair.com/blog/side-effects-of-bleaching-hair/

https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/beauty/all-the-harmful-side-effects-of-getting-your-hair-bleached/articleshow/80384238.cms

https://www.healthline.com/health/how-long-to-leave-bleach-on-hair#how-long-to-leave-on


Tag:
tips
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.