GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
lifestyle

Ingin Cepat Hamil? Ikuti Tips Berikut yang Patut Dicoba

Ditinjau oleh dr.WInda-29 Mar 2023
cara cepat hamil

Cukup banyak pasangan yang ingin segera punya momongan tepat setelah menikah. Kehadiran anak memang jadi momen membahagiakan bagi pasangan suami istri apalagi yang masih baru menikah. Lalu, bagaimana caranya supaya bisa langsung cepat hamil? Yuk, cari tahu cara berhubungan intim agar cepat hamil yang akan diulas di artikel berikut.


Faktor yang Meningkatkan Wanita Cepat Hamil

Ketika sudah ingin merencanakan kehamilan dengan pasangan, pastikan kamu sudah mengumpulkan berbagai informasi terkait kehamilan. Salah satu informasi yang perlu kamu ketahui adalah faktor-faktor yang meningkatkan potensi wanita supaya cepat hamil.


Mengutip dari situs kesehatan Healthline, salah satu cara ampuh untuk meningkatkan potensi kehamilan bukan dengan melakukan hubungan intim setiap hari, melainkan berhubungan intim di waktu yang tepat, yakni ketika wanita sedang berada di periode masa subur.


Kapan masa subur wanita berlangsung? Jika dihitung melalui metode kalender manual, masa subur dimulai dari lima hari sebelum masa ovulasi sampai satu hari setelah masa ovulasi, dan masa ovulasi adalah hari ke-14 dihitung dari hari pertama mulai menstruasi.


Berhubungan intim di masa-masa tersebut dapat meningkatkan potensi hamil, karena ovarium mulai menghasilkan sel telur matang yang akan dilepaskan menuju uterus. Jika sel telur dalam perjalanannya menuju uterus bertemu dengan sperma, maka akan terjadi kehamilan.


Bagaimana Cara Tahu Masa Ovulasi Sudah Datang?

Cara paling mudah untuk mengetahui seorang wanita sudah masuk periode subur melalui sistem penanggalan. Sayangnya tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang teratur, sehingga sistem kalender tidak bisa dilakukan oleh semua wanita. Lantas bagaimana cara tahu masa ovulasi bagi perempuan yang siklus menstruasinya tidak teratur? Yuk, ikuti cara berikut.


1. Cek Tekstur Lendir Serviks

Cara mudah mengetahui masa ovulasi dengan memperhatikan tekstur lendir rahim. Bila sedang masa subur, tekstur mukus akan lengket seperti putih telur dan berwarna bening.


2. Cek Suhu Tubuh Basal

Saat masa subur, suhu tubuh basal wanita akan lebih hangat dari biasanya. Kamu disarankan mengecek temperatur suhu tubuh tepat saat bangun tidur sekitar 14 hari setelah hari pertama mensturasi.


Apakah Ada Posisi Hubungan Intim yang Bikin Cepat Hamil?

Tidak ada posisi hubungan intim tertentu yang terbukti secara ilmiah bikin cepat hamil. Namun, ada beberapa posisi yang memungkinkan sperma bisa langsung bertemu dengan sel telur.

Mengutip dari Healthline, beberapa posisi hubungan intim yang direkomendasikan untuk pasangan yang ingin cepat hamil adalah missionary dan doggy style. Kemudian, disarankan untuk meletakkan bantal di bagian punggung belakang selagi berhubungan intim agar sperma berenang langsung menuju ke tempat sel telur berada.


Seberapa Sering Melakukan Hubungan Intim Supaya Cepat Hamil?

Ternyata berhubungan intim setiap hari agar cepat hamil hanyalah mitos. Sebab, berhubungan intim terlalu sering dan setiap hari malah akan menurunkan kualitas dan jumlah sperma, Sebuah studi di tahun 2005 yang dilakukan oleh sebuah lembaga bernama Fertility and Sterility menyebutkan hubungan intim idealnya dilakukan setiap 2-3 hari sekali. Namun, hubungan intim yang dilakukan setiap hari atau dua hari sekali di masa subur juga dapat meningkatkan potensi hamil.


Hal yang terpenting kalau ingin cepat hamil adalah lakukan hubungan intim dengan santai dan jangan terjadwal karena justru akan memicu stres. Bangun mood dan romantisme dengan pasangan supaya program kehamilan dapat berhasil.


Tips Supaya Bisa Cepat Hamil

Berikut ini terdapat beberapa tips yang bisa kamu praktekkan bila ingin cepat memiliki momongan. Apa saja?


1. Orgasme

Orgasme pada laki-laki sangat penting untuk mencapai kehamilan. Wanita memang tidak harus mencapai orgasme untuk hamil, tetapi bila perempuan mendapatkan orgasme potensi hamil akan meningkat. Pasalnya saat wanita orgasme, rahim akan mengeluarkan lendir yang dapat membantu sperma mencapai sel telur.


2. Awasi Berat Badan

Wanita yang punya rencana hamil harus mulai memperhatikan berat badan. Dokter tidak akan menyarankan kehamilan pada wanita yang underweight maupun obesitas. Oleh sebab itu, perhatikan pola makan dan rajin olahraga agar berat badan terjaga.


3. Tidak Merokok

Rokok mengandung banyak sekali karsinogen atau zat beracun yang merusak jaringan tubuh. Orang yang berencana menjalani program hamil harus berhenti merokok secara aktif maupun pasif. Merokok dapat mengakibatkan mandul, keguguran, dan menurunkan kualitas sperma.


4. Kurangi Kafein

Bagi kamu yang setiap hari mengonsumsi kopi, sebaiknya mulai kurangi asupan kopi apabila berencana mengikuti program hamil. Asupan kafein dalam jumlah banyak (lebih dari lima gelas dalam satu hari) akan meningkatkan risiko infertil.


Kapan Sebaiknya Berkonsultasi ke Dokter?

Tidak semua orang langsung hamil meski telah berkali-kali mencoba. Sebaiknya segera konsultasi dengan dokter bila sudah mengalami beberapa hal berikut:

  1. Siklus menstruasi tidak teratur.
  2. Tidak menstruasi berbulan-bulan di usia yang masih produktif.
  3. 3.   Mengalami endometriosis.
  4. 4.   Pernah keguguran.
  5. 5.   Pernah melakukan operasi hernia.
  6. 6.   Pernah mengalami infeksi di organ reproduksi.


Itu dia informasi terkait cara berhubungan intim agar cepat hamil yang dapat kamu ikuti. Program kehamilan merupakan momen berharga bagi pasangan suami istri. Oleh karenanya harus dipersiapkan sebaik mungkin secara mental dan finansial. Jangan ragu konsultasikan ke dokter bila mengalami keluhan seputar organ reproduksi.


Selain memperhatikan kesehatan organ reproduksi, kamu pun wajib memelihara kesehatan dan kebersihan kulit serta rambut. Yuk, ceritakan keluhanmu pada dokter berpengalaman di Klinik Diri secara gratis dengan mengakses link ini.


Sumber:

https://www.thebump.com/a/how-to-get-pregnant-fast-tips

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/in-depth/how-to-get-pregnant/art-20047611

https://www.healthline.com/health/sex-for-pregnancy#see-a-doctor


Tag:
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.