GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
lifestyle

Tanpa Ribet untuk Hasil Maksimal, Ikuti 8 Cara Melentikkan Bulu Mata

Tim Penulis Diri-01 Feb 2023
cara melentikan bulu mata

Bulu mata yang lentik bisa bikin penampilan tampak lebih terjaga dan mata tampak lebih besar. Bagi penata rias, langkah yang ditempuh sebagai cara melentikkan bulu mata tak lepas dari penjepit bulu mata. Adakah cara lain yang membuat bulu mata lentik tanpa memerlukan effort besar? Ada kok! Yuk ikuti cara berikut ini.



Maksimalkan fungsi maskara

Aplikator maskara didesain sedemikian rupa sehingga dapat membantumu membuat bulu mata makin lentik. Tetapi cara melentikkan bulu mata dengan aplikator maskara ini tidak banyak diketahui. Apakah kamu sudah tahu membutuhkan waktu sekitar sepuluh detik dengan gerakan zigzag untuk dapatkan bulu mata lentik anti badai?


Saat kamu mengaplikasikan maskara, jangan tergesa. Saat aplikator melintasi bulu mata, tekuk ujungnya. Hitung sampai sepuluh dan tahan di tempatnya. Kemudian angkat perlahan dan kamu akan mendapatkan bulu mata lebih lentik.


Untuk membuat bulu mata semakin lentik, pilih tongkat maskara yang padat dengan banyak bulu. Sikat maskara dengan bentuk yang bundar, bisa membantu menarik bulu mata dengan lembut. Selain itu, bentuk tersebut juga membantu menciptakan kesan bulu mata terangkat naik ke atas setelah mengaplikasikan maskara.


Beri sedikit tekanan pada bulu mata

Lempeng pemanas kerap dipercaya dapat membantu melentikkan bulu mata. Tetapi hati-hati karena cara melentikkan bulu mata dengan pemanas tak membuatnya selalu indah malah jadi mudah rontok. Oleh karena itu, cukup manfaatkan suhu inti tubuh, terutama pada tangan.


Langkahnya, gunakan napas untuk menghangatkan ujung jari. Kemudian pakai untuk menekan bulu mata dan menggulungnya ke dalam. Tahan gerakan ini selama sepuluh detik, lalu ulangi sesuai kebutuhan. Terakhir, aplikasikan maskara agar lentiknya membuat mata terlihat lebih sendu.


Memakai sikat gigi

Pada prinsipnya, sikat gigi dan aplikator maskara berstruktur sama. Yaitu memiliki bulu-bulu halus yang padat. Kamu bisa rendam sikat gigi dengan air panas kemudian keringkan dengan handuk bersih, lalu gerakkan sikat gigi ke pangkal bulu mata. Pertahankan bagian ujungnya sehingga membuat bulu mata lebih lentik. Hati-hati menggunakan cara ini, pastikan sikat gigi betul-betul kering saat menempelkannya pada bulu mata. Selain itu, jangan sampai bulu-bulu menyenggol area dalam mata yang bisa menyebabkan rasa perih.


Menggunakan kapas

Kapas bisa dimanfaatkan setelah kamu memakai maskara. Cara melentikkan bulu mata yang ketiga ini, pertama aplikasikan dulu maskara. Sambil menunggu maskara mengering, arahkan kapas secara horizontal. Tujuannya untuk menahan bulu mata hingga maskara benar-benar kering. Saat mengambil kapas, pastikan bulu mata tetap harus terangkat.


Gunakan minyak jarak

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kamu bisa melentikkan bulu mata dengan memakai maskara. Tetapi kalau ingin tampil natural, atau tanpa memakai maskara atau riasan mata lainnya, kamu bisa menerapkan langkah satu ini.


Pertama, siapkan minyak jarak. Selanjutnya, oleskan minyak ke bulu mata dengan spoolie bersih dari pangkal hingga ujung bulu mata. Tahan ujung bulu mata dengan spoolie sementara minyak menyerap ke bagian dasar bulu mata.


Intinya, cara melentikkan bulu mata dengan minyak jarak banyak manfaatnya. Selain memberikan tampilan visual yang basah dan lentik, asam lemak pada minyak jarak efektif melembapkan bulu mata. Ini juga menjaga bulu mata tetap terhidrasi sehingga terlihat penuh dan terangkat maksimal.


Menggunakan sendok

Cara melentikkan bulu mata yang selanjutnya ini, populer di sosial media TikTok. Bagi beberapa orang yang telaten melakukannya, bisa bekerja secara efektif. Langkah pertama, pastikan sendok makan yang akan digunakan bersih terlebih dahulu. Arahkan bagian lengkung sejajar dengan bulu mata sehingga menempel dengan lembut di sana.

Kalau kamu suka memakai maskara, pakai sebelum proses pelentikkan ini dilakukan. Tujuannya supaya tidak mengganggu dan memberikan awalan yang prima.


Hindari memakai penampang yang panas

Secara teknis, panas bekerja efektif untuk membentuk rambut. Apakah cara ini efektif untuk melentikkan bulu mata? Meski dengan alat panas bisa mendapatkan bulu mata lentik secara dramatis, tetapi membuat bulu mata rusak. Di samping itu, penataan panas dapat berisiko melukai kelopak mata dan membuat bulu mata semakin rapuh. Artinya, hindari pelentik bulu mata dengan panas ya.


Memakai penjepit bulu mata

Penjepit bulu mata merupakan opsi untuk melentikkan dan menambah volume bulu mata. Kalau kamu sudah mencoba-coba cara melentikkan bulu mata, tetapi tak berhasil, mungkin rekomendasi terakhir ini perlu diterapkan. Cara memakai penjepit bulu mata ini cukup mudah, tinggal ambil penjepit, tekan, dan lepaskan.


Mulailah langkah ini dengan memastikan bulu mata bersih. Karena bentuk mata setiap orang berbeda, tetapi secara praksis langkah dapat dimulai dengan memiringkan kepala. Cara untuk mendapatkan sudut terbaik dan agar kelopak mata tidak terjepit, pertahankan dagu dan miringkan kepala sedikit ke belakang.


Langkah kedua, pastikan menjepit di akar karena kalau tidak tepat pada akar akan timbul lekukan yang tidak mulus. Tahan selama lima detik saat menjepit. Setelahnya, pastikan melepaskan alat penjepit dengan sempurna, baru melepaskannya. Jangan pernah menarik bulu mata ya.


Selanjutnya, pakai maskara sesuai ketebalan yang kamu inginkan. Bersihkan penjepit bulu mata setelah memakainya. Tujuannya agar terhindar dari infeksi. Pakar menyarankan untuk membersihkan dengan alkohol atau dengan sabun lembut dan air. Jangan melakukannya lebih dari sekali sebulan ya, supaya tidak merusak bantalan penjepit bulu mata. Penggantian bantalan juga perlu dilakukan kalau kamu sering memakainya. Kira-kira, tiga bulan sekali gantilah bantalannya agar tetap nyaman dipakai.


Cara melentikkan bulu mata dengan penjepit dilakukan sebelum kamu memakai maskara. Pasalnya, memakai maskara dulu bisa menyebabkan bulu mata saling menempel. Selain melakukan langkah tepat membuat bulu mata lentik, pastikan kamu juga merawat kulit sekitar kelopak mata. Di samping memakai makeup remover, konsultasikan skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu pada dokter ahli dan treatment planning yang terpercaya dari klinik Diri.

 

Sumber:

https://www.byrdie.com/how-to-curl-lashes-with-a-spoon-5094081

https://www.mindbodygreen.com/articles/how-to-curl-eyelashes-without-a-curler

https://www.glamour.com/story/how-to-use-eyelash-curler


banner-artikel
Tag:
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.