GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kesehatan rambut

Pahami Pertumbuhan Rambut dan Cara Memanjangkan Rambut Secara Tepat

Ditinjau oleh: dr. Deviana H.-18 Jul 2022
Cara Memanjangkan Rambut Diricare

Hampir setiap wanita mengidam-idamkan rambut panjang yang lurus dan sehat seperti bintang iklan di televisi. Masalah rambut seperti rambut rontok, kusut, dan bercabang seringkali membuat para wanita memangkas rambutnya. Perlu usaha untuk merawat rambut agar tumbuh kuat, sehat, dan panjang. Oleh karenanya, banyak wanita mencari cara memanjangkan rambut dengan cepat dan lurus. Bagaimana sajakah langkah-langkahnya? Simak artikel berikut sampai selesai.


Faktor yang Berpengaruh pada Pertumbuhan Rambut

Manusia memiliki kurang lebih 100.000 folikel rambut yang terus aktif menumbuhkan rambut terutama pada masa-masa pertumbuhan dan usia muda.


Pertumbuhan rambut setiap orang berbeda-beda. Ada sebagian orang yang memiliki pertumbuhan rambut tergolong cepat dan sebagian lagi cenderung lama hingga memakan waktu bertahun-tahun untuk memanjangkan rambut.


Ada beberapa faktor yang mempengaruhi laju pertumbuhan rambut setiap orang yang meliputi usia, jenis rambut, kondisi tubuh, dan kondisi kesehatan.


Supaya rambut bisa cepat tumbuh panjang dan kuat, kuncinya adalah dengan merangsang pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatan rambut. Selain itu, nutrisi dan hormon dari dalam tubuh juga berpengaruh besar terhadap proses pertumbuhan rambut.


Tahap-Tahap Pertumbuhan Rambut

Ternyata rambut tidak tumbuh begitu saja. Ketika sedang proses pertumbuhan, folikel rambut melalui tiga tahap proses. Berikut penjabarannya:


1.  Anagen

Fase anagen adalah fase ketika rambut sedang tumbuh di waktu-waktu terbaiknya. Secara umum fase ini terjadi selama 2 bulan -10 tahun.


2.  Catagen

Catagen merupakan tahap ketika pertumbuhan rambut mulai melambat. Fase ini berlangsung selama 2-3 minggu.


3.  Telogen

Tahap terakhir pertumbuhan rambut adalah telogen yang terjadi dalam jangka 3-4 bulan. Di fase ini kekuatan rambut akan mulai berkurang, sehingga mudah patah dan rontok.


Namun, jangan khawatir karena 90% folikel rambut selalu berada di fase anagen yang siap menumbuhkan bibit rambut baru. Sisanya 9% folikel rambut berada di tahap telogen dan 1% di tahap catagen. Oleh karena 9% ada di tahap telogen, setiap hari paling tidak ada 25 - 100 rambut yang rontok.


Seberapa Cepat Rambut Tumbuh?

Rambut bisa tumbuh ketika sel akar rambut telah mencapai kantung folikel. Kemudian, akar rambut akan menyatu dengan keratin yang secara alami terdapat di folikel. Setelah itu, tumbuhlah menjadi anak rambut.


Kecepatan pertumbuhan rambut setiap orang bisa berbeda-beda. Semuanya tergantung seberapa lama folikel rambut mereka berada di fase anagen. Fase ini bisa mempengaruhi kecepatan perkembangan sel akar rambut menjadi anak rambut.


Tips Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Khawatir karena adanya rambut yang rontok dan patah setiap hari, beberapa wanita memilih sering melakukan trimming pada rambut panjang mereka demi merawat kesehatan rambut.


Akan tetapi, setelah memangkas rambut menjadi pendek, tidak sedikit yang menyesal dan ingin rambut mereka cepat-cepat panjang kembali. Bagaimana cara memanjangkannya dengan cepat?


1.  Asupan Makanan Bergizi

Untuk mempertahankan folikel rambut tetap terus berada di fase anagen terbaiknya, sangat penting memperhatikan makanan yang kamu konsumsi. Pastikan makanan tersebut mengandung nutrisi dan vitamin tinggi.


Sebab, sewaktu proses pertumbuhan rambut berlangsung, tubuh membutuhkan banyak energi yang berasal dari kalori asupan makanan setiap harinya.


Nutrisi dan vitamin yang bisa merangsang laju pertumbuhan folikel rambut adalah zinc, DHA, biotin, omega-3, zat besi, vitamin C, dan vitamin D. Nutrisi tersebut bisa kamu dapatkan dari ikan, kacang-kacangan, buah-buahan, sayur-mayur, susu, yogurt, dan sebagainya.


2.  Mengaplikasikan Vitamin Rambut

Selain menjaga asupan makanan agar nutrisi tubuh terpenuhi, menjaga nutrisi rambut juga tak kalah penting. Aplikasikan vitamin rambut pada folikel rambut secara teratur supaya proses pertumbuhan folikel rambut menjadi lebih cepat.


Vitamin rambut yang direkomendasikan oleh para ahli adalah essential oil, seperti jojoba oil, lavender oil, tea tree oil, chamomile oil, dan sebagainya. Berbagai essential oil tersebut biasanya sudah terkandung dalam produk shampo, kondisioner, ataupun vitamin rambut.


Selain bisa mempercepat pertumbuhan rambut, essensial oil juga bisa mengatasi rambut rontok dan menjaga kesehatan rambut.


3.  Memakai Obat Oles

Bila kamu mempunyai permasalahan rambut yang cukup serius seperti kebotakan dan rontok yang berlebihan akibat terapi, mungkin kamu membutuhkan penanganan yang lebih lanjut.


Beberapa ahli merekomendasikan obat oles supaya kerontokan berkurang serta bisa merangsang pertumbuhan folikel rambut jadi lebih cepat.


Jenis obat yang kerap kali digunakan adalah melatonin, minoxidil, dan prescription finasteride. Ketiganya cukup ampuh dalam mempertahankan akar rambut di fase anagen, sehingga akar rambut terus di fase pertumbuhan. Lalu, kerontokan juga bisa berkurang.


4.  Minum Suplemen Keratin

Selain nutrisi dan vitamin, menjaga kesehatan rambut juga bisa dengan cara meminum suplemen yang berisi protein bernama keratin. Protein ini berfungsi membentuk jaringan rambut.


Setelah rutin mengonsumsi suplemen keratin, rambut akan jadi lebih kuat, tidak mudah patah, rontok berkurang, dan rambut lebih cepat panjang.


5.  Memangkas Ujung Rambut

Membiarkan rambut tetap panjang ternyata bisa mempengaruhi laju pertumbuhan rambut. Sebab, ketika rambut sudah panjang, tidak banyak wanita yang memperhatikan kalau ujung-ujung rambutnya sudah bercabang.


Apabila kamu mengabaikan rambut bercabang begitu saja, cabang rambut tersebut akan semakin melebar dan naik ke batang rambut yang sehat sampai akhirnya rambut menjadi patah.


Untuk mengatasinya, lakukanlah metode hair dusting. Caranya dengan memotong ujung rambut helai demi helai. Meski membutuhkan ketelatenan, tetapi cara tradisional ini bisa kamu coba agar rambutmu bisa tumbuh panjang dan sehat.


Demikian ulasan singkat terkait pertumbuhan rambut serta cara memanjangkan rambut dengan cepat dan lurus. Rambut memang menjadi mahkota kebanggan setiap perempuan.


Selalu pertahankan kilau rambutmu dengan menjaga pola makan, minum suplemen, dan aplikasikan booster penumbuh rambut dari Diricare. Dapatkan segera dengan harga terjangkau di sini!


Referensi:

https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/advice/a36065/tricks-for-growing-your-hair-really-really-long/

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/grow-hair-faster#hair-growth-tips

https://www.mindbodygreen.com/articles/how-to-make-hair-grow-faster

Tag:
rambut rontok
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.