GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
lifestyle

Cara Mencairkan Maskara yang Kering, Mudah Dipraktekkan sebelum Kadaluarsa

Tim Penulis Diri-01 Jan 2023
mencairkan-maskara-kering

Membuat mata terlihat indah bisa dengan menggunakan beberapa cara. Selain mengaplikasikan eyeliner pada garis luar mata untuk membingkai dramatis, kamu juga bisa membuat bulu mata lentik dengan maskara. Celakanya, maskara bisa mengering karena udara di luar terlampau panas, terlalu banyak udara masuk, atau tidak rapat menutup tube maskara. Nah, sebelum membuang maskara yang belum kadaluarsa, coba cara mencairkan maskara yang kering dalam penjelasan berikut.



Tetapi, sebelum mempraktikkan cara mudah untuk mengatasi mengeringnya alat kosmetik mata kesayangan, yuk cek apa fungsi maskara dan cara pemakaian tepat.


Fungsi Maskara

Sejumlah produk maskara, mengklaim waterproof atau tahan air saat menempel melentikkan bulu mata. Tetapi, umumnya maskara waterproof mengandung sedikit air daripada maskara biasa. Nah, karena sedikit air ini, makanya maskara tahan air rentan kering. Sehingga kamu perlu mengetahui cara mencairkan maskara yang kering.


Fungsi maskara, di samping membuat bulu mata lentik, antara lain menebalkan, mewarnai, dan memberikan volume bulu mata sehingga tampilan mata lebih menonjol. Saat ini, dipasaran banyak sekali jenis maskara sebagai kosmetik yang tahan air, kedap air, penambah volume, dan diformulasikan sebagai minyak dalam air.


Maskara tahan air, biasanya membutuhkan pembersih berbahan dasar minyak. Saat mengaplikasikan pada kulit, perlu menunggu beberapa waktu untuk kering. Sehingga perlu hati-hati agar tidak transfer dan merusak riasanmu.


Cara Memakai Maskara

Maskara merupakan bagian subtil dari kosmetik yang membangun karakter wajah. Kamu enggak bisa sembarangan dalam memakainya. Karena kalau enggak sinkron dengan aplikasi makeup lainnya yang kamu pakai, bisa jadi bencana buat penampilanmu. Untuk itu, ikuti cara memakai maskara berikut ini.


     1.  Pilih formula maskara

Setiap orang memiliki preferensi maskara yang berbeda, ada yang hanya ingin melentikkan, tetapi tak sedikit yang ingin membangun penampilan dramatis lewat bulu mata yang tebal dan berwarna. Hanya saja, kamu harus tahu kebutuhanmu apa. Kalau bulu mata kurang panjang, maka cari maskara dengan formula memanjangkan. Sedangkan apabila bulu mata jarang, pakai formula maskara yang menambah volume dengan aplikator lebih empuk.


Hanya saja, perhatikan baik-baik soal intensitas dan frekuensi pemakaian. Pasalnya, banyak orang bingung bagaimana cara mencairkan maskara yang kering. Artinya jika pemakaian maskara jarang, pilih tube kecil agar tak kering, kadaluwarsa, dan terbuang sia-sia.


     2.  Terapkan pada bagian atas dan bawah bulu mata

Bagi pemula, memakai maskara bukan hal yang mudah. Perlu kamu tahu, memakai kosmetik juga perlu jam terbang, lho. Kalau pertama memakainya, dan tidak pas, itu wajar. Artinya, ikuti panduan cara memakai maskara untuk membuat bulu mata lebih panjang dan bervolume.

Caranya, ambil aplikator maskara dan oleskan sedekat mungkin dengan akar bulu mata lalu tarik ke atas. Ulangi langkah ini, tetapi di bagian atas bulu mata.


     3.  Memakai metode ‘Out-Up-In’

Untuk membuat bulu mata enggak menempel satu sama lain dan melebar, pakai metode out-up-in. Caranya, mulai aplikasikan dari sudut luar mata. Aplikasikan secara miring sehingga kamu menarik bulu mata di area tersebut ke arah atas dan ke luar. Kemudian, bergerak ke tengah mata, tarik bulu mata yang berada di atas iris ke atas.  Terakhir, dengan bulu mata sudut dalam, aplikasikan maskara arah ke atas dan ke dalam.


Nah, kalau kamu memakai riasan mata selain maskara, pakai maskara yang pertama ya. Ini dilakukan agar lebih mudah menghilangkan maskara yang menempel di kelopak mata atau di bawah mata.


     4.  Aplikasikan maskara ke bulu mata bagian bawah

Karena bulu mata bagian bawah lebih pendek, maka pegang tongkat secara vertikal dan menggunakan ujung aplikator untuk mengaplikasikan maskara. Biar enggak goyang dan menempel pada kulit bagian bawah mata, aplikasikan dengan tangan dominan. Kalau kamu dominan memakai tangan kanan, pakai tangan kanan dalam mengaplikasikan maskara. Begitu pun jika tangan kiri lebih dominan dan stabil dalam mengaplikasikan.


     5.  Sentuhan akhir

Sentuhan akhir ini, penting dilakukan. Sebab dapat membantu bulu mata melengkung maksimal. Langkahnya, oleskan tipis pada garis bulu mata bagian atas sehingga bulu mata lentik sempurna.

Selain lima cara di atas, kamu perlu memperhatikan kebiasaan setelah memakai maskara. Usahakan bersihkan sisa-sisa maskara yang menempel pada batang aplikator. Tujuannya, agar cara mencairkan maskara yang kering dalam penjelasan selanjutnya dapat lebih mudah dipraktikkan.


Cara Mencairkan Maskara yang kering

Maskara kering bukan hal yang jarang terjadi. Kebiasaan-kebiasaanmu dalam memakai maskara juga berkontribusi dalam menguapnya air dalam tube. Berkaitan dengan membersihkan batang aplikator maskara, ini membantu lubang masuk maskara enggak kering sehingga aplikator lebih mudah keluar masuk tube. Selanjutnya, yuk ikuti cara mudah mencairkan maskaramu yang mulai kering.


     1.  Ingat-ingat lamanya pemakaian

Umumnya, maskara dalam tube mengering setelah dibuka dan dipakai. Menurut pakar, ketika maskara atau produk apapun yang menyentuh mata, harus diganti dalam waktu sekitar enam bulan atau kurang.


Kalau maskaramu kering, mengelupas, warna dan tekstur berubah, bau juga mengalami perubahan, ini sebenarnya adalah bukti bahwa kamu telah menyimpannya terlalu lama. Tetapi kalau masih belum kadaluwarsa, kamu bisa melakukan perbaikan atau mencairkan maskara yang kering tersebut.


     2.  Rendam air hangat

Pertama dan paling sederhana, cara mencairkan maskara yang kering ialah dengan merendam tube maskara tertutup dalam air hangat. Tujuannya, air hangat membantu melumerkan cairan maskara. Merendam maskara dibutuhkan waktu selama 3-5 menit saja. Selain merendam, kamu juga bisa membungkus tube maskara dengan handuk hangat.


     3.  Encerkan dengan mediwash

Mediwash antara lain pembersih kulit yang mengandung asam salisilat, termasuk skincare dengan kandungan mengikat air. Biar enggak terlalu encer, kamu cukup memasukkan satu atau dua tetes cairan mediwash atau larutan garam yang aman. Setelah memasukkan cairan tersebut, putar-putar tube maskara agar formula mencair.


     4.  Menambahkan minyak kelapa

Cara mencairkan maskara yang kering untuk langkah ini, bukan dengan menambahkan minyak kelapa ke dalam tube maskara. Tetapi, oleskan minyak kelapa ke bulu mata kemudian oleskan spoolie atau aplikator maskara pada bulu mata.


     5.  Hindari membuka dan menutup terlalu sering

Semakin sering dibuka dan ditutup, akan semakin berpotensi mendorong udara masuk. Efeknya, maskara akan kering. Oleh karena itu, untuk mencegah maskara kering, tutup dan simpan dengan baik tube maskara. Hindari banyak oksigen masuk ke tabung atau membiarkan tutup tidak tertutup kencang.


Sebagai penutup, meski banyak sekali cara mencairkan maskara yang kering, hindari menambahkan bahan-bahan tertentu dalam tabung maskara, misalnya minyak zaitun dan aloe vera. Karena dengan menambahkan bahan yang tidak terkontrol, bisa mencemari produk dan menyebabkan infeksi mata. Rekomendasi selanjutnya, membersihkan maskara membutuhkan dua lapis pembersih. Pertama bisa dengan sabun pencuci wajah dan toner. Di sini kamu bisa mencari produk skincare recommended oleh dokter berpengalaman dan tim klinis profesional.

 

 

Sumber:

https://www.byrdie.com/how-to-fix-dry-mascara-6455247

https://themakeup.org/how-to-fix-dry-mascara

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/what-is-mascara-made-of

https://www.byrdie.com/how-to-apply-mascara-346697


banner-artikel
Tag:
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.