GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
lifestyle

7 Cara Menebalkan Alis secara Alami, Mau Coba yang Paling Efektif?

Ditinjau oleh dr. Intan-02 Feb 2023
cara menebalkan alis

Memiliki penampilan bold dengan alis yang tebal membutuhkan upaya tersendiri. Selain menggambar alis dengan pensil berwarna hitam atau brown, kamu bisa juga menebalkan alis secara alami. Apa yang bisa dilakukan? Ssst… bukan rahasia lagi kalau bahan-bahan alami bisa membantu menebalkan alismu. Ikuti panduan memakai bahan alami di bawah ini, dan nikmati hasilnya untuk penampilan yang paripurna.


1. Lidah buaya

Lidah buaya banyak sekali dimanfaatkan khasiatnya untuk perawatan kulit. Mulai dari menjaga kelembapan kulit hingga memudarkan bintik hitam tanda penuaan. Lidah buaya juga mengandung aloenin yang bisa membantu menebalkan alis. Senyawa ini dikenal dapat mendorong pertumbuhan rambut sekaligus menguatkan folikelrambut  yang lemah.


Cara menebalkan alis dengan lidah buaya yaitu dengan mengambil gel dari daunnya. Potong daunnya, belah kedua tepinya, dan sisihkan gelnya. Setelah itu, aplikasikan gel lidah buaya pada alis. Pijat lembut ketika mengaplikasikannya lalu diamkan hingga kering dan bilas dengan air suhu ruangan hingga bersih. Kamu bisa mengaplikasikan gel lidah buaya setiap malam dan membersihkan pada pagi hari untuk mendapatkan hasil optimal.


2. Minyak kelapa

Minyak kelapa sendiri menempati posisi paling populer sebagai cara menebalkan alis yang paling cepat. Untuk penggunaan topikal, minyak kelapa disebut memiliki khasiat baik untuk kulit dan rambut. Meski tidak ada data ilmiah yang mendukung, tetapi minyak kelapa dipercaya dapat meningkatkan ketebalan rambut. Minyak kelapa terbukti keefektifannya sebagai mikronutrien esensial, vitamin, dan asam lemak yang merangsang folikel rambut dan mempercepat pertumbuhannya.


Untuk mendapatkan alis tebal, ambil beberapa tetes minyak kelapa. Oleskan ke alis dan pijat selama beberapa menit dan biarkan menempel semalaman. Pada pagi hari, bersihkan dengan air dingin dan lakukan pembersihan menggunakan skincare pembersih wajah. Perlu kamu perhatikan, pembersih harus dipilih yang paling sesuai dengan tipe kulitmu. Untuk rekomendasi terpercaya, konsul secara gratis di klinik Diri


3.  Minyak almond

Minyak almond tidak hanya mengandung berbagai vitamin dan protein tetapi juga merupakan bahan yang baik untuk rambut. Agar vitamin A, B, dan E pada minyak almond dapat berkhasiat optimal untuk alis, kamu bisa usapkan sedikit pada alis di pagi dan sore dengan bola kapas. Cara menebalkan alis yang ketiga ini, sama sederhananya dengan langkah sebelumnya. Kamu cukup mengaplikasikan pada alis secara rutin dan hasilnya akan berangsur terlihat pada ketebalan alis.


4.  Tea tree oil

Minyak pohon teh dikenal populer dengan nama tea tree oil. Minyak ini dipercaya dapat merangsang pertumbuhan dan ketebalan alis dengan melembapkan dan menyehatkan sel serta folikel. Kalau secara historis, minyak pohon teh kerap dipakai untuk menyembuhkan luka, pengobatan jerawat, perawatan kulit, dan infeksi jamur.


Cara menebalkan alis dengan minyak pohon teh yaitu cukup oleskan langsung ke alis. Waktu yang tepat untuk memakainya ialah sebelum tidur. Biarkan tetap menempel saat tidur dan bilas bersih pada pagi harinya. Karena minyak pohon teh adalah minyak atsiri, kamu perlu tes iritasi dengan uji tempel sebelum mengaplikasikan minyak pada kulit. Jika kulit tidak bereaksi setelah diaplikasikan selama 1x24 jam, maka aman untuk kamu pakai.


5.  Minyak lavender

Lavender dikenal lewat khasiatnya yang mampu membantu relaksasi dan menenangkan. Saat dioleskan pada rambut, minyak lavender juga dipercaya mengatasi kerontokan rambut karena stres. Selain itu, minyak lavender juga tidak dianggap berbahaya bagi kerontokan rambut. Artinya cara menebalkan alis dapat memanfaatkan minyak ini.


Cara menggunakannya, oleskan pada alis setiap hari dan pijat secara lembut yang bisa membantu juga untuk relaksasi. Biar tetap aman, jangan sampai mengenai mata ya. Di samping juga perlu uji tempel untuk memastikan tidak mengalami iritasi ketika kontak dengan minyak esensial.


6.  Minyak zaitun

Hanya terdapat sedikit data ilmiah yang membuktikan minyak zaitun dapat bermanfaat menumbuhkan alis ketika dipakai secara topikal. Tetapi bukan berarti ini menghambatmu untuk mencoba langkah ini supaya membuat alis lebih tebal. Kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk melapisi alis sehingga terlihat lebih tebal.


Cara menebalkan alis dengan minyak zaitun adalah dengan mengoleskannya di alismu. Perlu kamu perhatikan, beberapa produk untuk rambut ada yang mengandung minyak zaitun. Kamu bisa memakainya sekaligus untuk perawatan alis. Tetapi alangkah baiknya, tetap fokus pada minyak zaitun murni agar hasilnya optimal.


7.  Biji fenugreek

Meski rasanya agak pahit, biji fenugreek juga baik untuk rambut. Di dalam biji ini terdapat kandungan tinggi protein dan asam nikotinat yang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan menguatkan setiap helainya. Cara menebalkan alis dengan biji fenugreek, pertama perlu dibuat pasta terlebih dahulu.


Haluskan satu sendok makan biji fenugreek, kemudian campurkan dengan beberapa tetes minyak kelapa hingga membentuk pasta. Dari pasta tersebut, oleskan pada alis dan biarkan menempel semalaman. Keesokan paginya, bilas hingga bersih dan lakukan cara ini setiap hari.


Itulah beberapa cara menebalkan alis dengan bahan-bahan alami. Penting untuk diketahui, gesekan berlebih pada alis dapat menyebabkan kerontokan. Jadi, perlakukan alis secara lembut termasuk ketika mengaplikasikan pensil alis. Kerontokan dan penipisan rambut alis bukan tanpa sebab. Artinya kenali kondisi tertentu, misalnya alergi, masalah tiroid, penyakit autoimun seperti alopecia areata, dan eksim yang bisa menyebabkan kerontokan rambut alis.


Selain menerapkan cara menebalkan alis seperti rekomendasi di atas, ada faktor-faktor tertentu yang menentukan pertumbuhannya. Faktor-faktor tersebut antara lain usia, obat-obatan yang dikonsumsi, dan jaringan parut. Alis juga akan tumbuh kembali setelah setidaknya 6 bulan dicukur.


Perlu diperhatikan, cara menebalkan alis di atas akan bekerja secara variatif pada setiap orang. Faktor internal juga bisa berpengaruh, seperti perawatan diri dan mencabut beberapa rambut alis untuk tumbuh kembali lebih sehat. Di samping menebalkan alis, untuk penampilan prima, lakukan perawatan rutin pada kulit wajah sesuai dengan kebutuhan. Untuk mendapatkan panduan dan produk terpercaya bagi kulit wajahmu, yuk konsultasikan pada dokter ahli di klinik Diri

 

Sumber:

https://www.bebeautiful.in/all-things-skin/everyday/how-to-grow-thicker-eyebrows

https://www.byrdie.com/how-to-make-eyebrows-thicker-naturally

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-grow-thicker-eyebrows



banner-artikel
Tag:
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.