GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

5 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah agar Terlihat Mulus, Ini yang Paling Ampuh!

Ditinjau oleh: dr. Elita M-08 Sep 2022
menghilangkan pori pori wajah

Pori-pori wajah besar dan terlihat jelas, tampaknya merupakan keluhan umum yang perlu dituntaskan secara tepat. Mungkin Anda bertanya-tanya, apa yang menyebabkan pori-pori wajah membesar? Pada masa kanak-kanak, keluhan ini tak pernah dialami. Selain karena belum membutuhkan perawatan ketika masih belia, melewati masa pubertas cenderung memperlihatkan perubahan signifikan pada kulit. Berikut faktor-faktor yang menyebabkan pori-pori membesar dan cara mengecilkan pori-pori wajah agar terlihat mulus.


Penyebab pori-pori wajah membesar

Kulit terlihat menarik jika memiliki tekstur yang mulus. Keinginan ini bisa terhalang kalau terlihat pori-pori wajah dengan jelas. Ada hal-hal yang menyebabkan pori-pori terlihat mencolok, antara lain berikut penyebabnya.


1. Keturunan genetik

Sebagian besar, keturunan genetik berperan dalam menentukan ukuran pori-pori kulit, baik pada wajah maupun kulit area lainnya. Pori-pori merupakan lubang yang memungkinkan keringat dan sebum keluar dari kelenjar ke permukaan kulit. Nah, kalau orang tua Anda memiliki pori-pori kulit yang besar, kemungkinan besar Anda juga mengalaminya.


2. Banyaknya kelenjar sebaceous

Pada bagian tengah kulit wajah, atau sekitar hidung, kening, dan dagu, lebih banyak kelenjar sebaceous. Kelenjar tersebut bertugas memproduksi sebum dan minyak lebih banyak dilepaskan di area tengah wajah tersebut. Pada area tersebut juga, pori-pori cenderung terlihat lebih besar. Artinya, produksi minyak oleh kelenjar sebaceous berkontribusi membuat pori-pori kulit Anda tampak jelas. Pria cenderung banyak kelenjar sebaceous dan kulit lebih berminyak. Ini berarti, pori-pori lebih terlihat pada pria daripada perempuan.


3. Tanda penuaan

Struktur pori-pori didukung oleh dua jenis protein, yaitu kolagen dan elastin. Kedua protein ini akan menurun produksinya seiring dengan bertambahnya usia. Efek dari menurunnya produksi penyokong kulit mulus ini, pori-pori akan melebar sehingga terlihat dengan jelas.


4. Tekstur kulit rusak karena terpapar matahari

Sebagian besar dermatolog merekomendasikan untuk memakai pelindung kulit selama beraktivitas di luar ruangan, terutama pada siang hari. Pasalnya, sinar ultraviolet matahari dapat mengurangi kekencangan kulit. Kemungkinan besar, tanpa perlindungan ampuh, pori-pori akan tumbuh lebih besar.


5. Perubahan hormonal

Kalau pria cenderung memiliki kelenjar sebaceous lebih banyak, pori-pori wajah perempuan akan lebih terlihat pada masa pubertas atau ketika mengalami perubahan hormonal. Pada masa pubertas, perempuan mengalami siklus menstruasi. Siklus perubahan hormonal juga bisa menyebabkan ukuran pori-pori wajah membesar. Itulah kelima penyebab pori-pori wajah membesar. Adakah cara mengecilkan pori-pori wajah agar terlihat mulus? Tenang, banyak sekali rekomendasi ahli untuk mengatasi keluhanmu ini. Untuk mengecilkan pori-pori, ikuti ulasan selanjutnya ya!


Cara mengecilkan pori-pori wajah

Merawat kulit secara tepat, merupakan solusi yang wajib dilakukan untuk mengatasi keluhan. Agar pori-pori wajah mengecil dan terlihat mulus, cara berikut bisa kamu ikuti.


1. Membersihkan kulit dengan tepat

Ketepatan dalam membersihkan kulit, terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Pertama, gunakan pembersih yang lembut untuk mencuci muka pada pagi dan sore hari. Selain itu, kamu perlu memakai produk berlabel bebas minyak atau noncomedogenic. Produk noncomedogenic berarti tidak membuat pori-pori kulitmu tersumbat. Karena ketika pori-pori wajah tersumbat akan mengembang sehingga membuatnya terlihat lebih jelas. Hal yang perlu kamu hindari ketika mencuci wajah, jangan mencuci wajah dengan air hangat ya! Sebab air suhu lebih panas bisa mengiritasi kulitmu. Efek buruk lainnya, menyebabkan pori-pori terlihat lebih besar. Rekomendasi lainnya, cuci muka dengan lembut agar pori-pori tak meradang.


2. Lindungi wajah dari paparan matahari

Cara mengecilkan pori-pori wajah agar terlihat mulus, bisa dengan menghindari kulit kehilangan kolagen dan elastin. Salah satunya dengan melindungi kulit dari kerusakan oleh paparan sinar ultraviolet matahari. Gunakan tabir surya spektrum luas sebagai skincare wajib sebelum kamu beraktivitas pada pagi hari. Kalau beraktivitas di luar ruangan, usahakan tambahkan topi bertepi lebar yang juga membantu melindungi wajahmu dari paparan sinar matahari.


3. Lakukan eksfoliasi

Di samping membersihkan wajah dengan rutin mencuci setiap hari, kamu juga perlu melakukan pembersihan pori-pori dari sel kulit mati dan minyak berlebih dengan eksfoliasi. Pengelupasan atau eksfoliasi di rumah sesekali dapat membantu. Dermatolog menyarankan untuk menggunakan produk eksfoliasi seminggu sekali atau dua. Nah, umumnya produk skincare yang bersifat mengelupas sel kulit mati antara lain mengandung AHA atau BHA. Produk tersebut bisa berbentuk toner, serum, atau krim.


4. Memakai produk skincare yang mengandung retinol

Retinol merupakan bahan perawatan kulit yang membantu mengatasi jerawat dan keriput. Bahan aktif ini juga bermanfaat meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit tetap kenyal. Kalau baru memakainya, bisa diaplikasikan dengan mengoleskan skincare dengan retinol dua kali seminggu. Pemakaian retinol disarankan pada malam hari untuk mengurangi sensitivitas kulit. Rekomendasi terbaik buat kamu untuk mempercepat produksi kolagen, ialah Custom Aging Night Cream dari klinik Diri. Produk skincare ini teruji klinis dan diformulasikan khusus oleh tim dokter yang berpengalaman.


5. Microneedling dan laser

Kedua cara mengecilkan pori-pori wajah agar terlihat mulus ini, dilakukan secara prosedural oleh dokter. Microneedling dilakukan dengan membuat tusukan kecil pada kulit. Dengan jarum kecil dan steril, akan menciptakan micro-trauma untuk merangsang respons penyembuhan luka dan memicu produksi kolagen. Sama seperti prosedur laser yang bertujuan mengecilkan pori-pori dengan mengelupas lapisan atas kulit dan mendorong kolagen terbentuk pada lapisan bawah. Itulah kelima cara mengecilkan pori-pori yang direkomendasikan. Paling penting kamu pahami, bahwa setiap cara yang dilakukan tetap wajib melakukan perawatan harian. Karena tanpa perawatan harian, kemungkinan perawatan khusus dengan tujuan menyamarkan pori-pori tak akan bekerja optimal. Cara mengecilkan pori-pori wajah agar terlihat mulus perlu disesuaikan dengan jenis kulit. Maka lebih aman kalau kamu konsultasi pada ahlinya di Diri Care. Konsultasi bisa dilakukan secara gratis, sedangkan rekomendasi skincare yang diresepkan diformulasikan oleh tim ahli dan dokter berpengalaman sehingga terpercaya.

Tag:
jenis kulit
tekstur kulit
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.