GRATIS Ongkir & Promo Terbaik Cuma di Aplikasi Diri Care!

Download
kecantikan kulit

Lima Langkah Mudah Menangani Jerawat Nodul yang Membandel

Ditinjau oleh: dr. Elita M.-14 Jul 2022
Obati Jerawat Nodul yang Membandel Diricare

Jerawat yang tumbuh pada kulit terbagi dalam beberapa jenis, salah satunya adalah jerawat nodul yang kerap muncul di area T-zone atau dagu. Ketika jerawat jenis ini muncul, kulit akan meradang dan terasa sakit disentuh.


Jerawat nodul tergolong jerawat yang cukup parah. Oleh karena itu, kamu harus cepat-cepat melakukan perawatan saat jerawat nodul mulai tumbuh.


Supaya tidak salah dalam menanganinya, ketahui apa saja penyebab munculnya jerawat nodul. Dengan mengetahui faktor pemicunya, kamu bisa mengatasi jerawat nodul dengan cara yang tepat. Yuk, simak ulasan artikel berikut ini.


Penyebab Jerawat Nodul Tumbuh

Jerawat nodul bisa muncul akibat adanya inflamasi pada bagian bawah kulit. Pada beberapa kasus, tumbuhnya jerawat nodul juga bisa berasal dari genetik. Walaupun begitu, ada beberapa faktor lainnya baik secara internal maupun eksternal tubuh yang bisa memicu timbulnya jerawat nodul. Apa saja?


1.  Kelenjar Minyak Terlalu Aktif

Kulit manusia terdiri dari beberapa jaringan. Terdapat jaringan kelenjar minyak atau terkenal dengan istilah kelenjar sebasea. Kelenjar ini berfungsi memproduksi sebum untuk menjaga kelembaban kulit.


Namun, jika kelenjar sebasea terlalu aktif, malah akan menyebabkan masalah pada kulit. Jumlah sebum yang berlebihan bisa menyebabkan jerawat apabila bercampur dengan kotoran, polusi, debu, dan sel kulit mati.


2.  Penumpukan Sel Kulit Mati

Jaringan kulit yang normal dan sehat, rata-rata melakukan regenerasi setiap 28-48 hari. Secara alami kulit akan mengelupas sel-sel kulit yang lama dan menggantinya dengan sel kulit yang baru, sehingga kulit tetap sehat, halus, dan kencang.


Sel kulit mati yang sudah terkelupas harus segera disingkirkan dengan cara eksfoliasi teratur. Jika tidak menyingkirkan sel kulit mati, akan terjadi penumpukan dan bisa memicu timbulnya jerawat nodul.


3.  Tumbuhnya Bakteri

Jerawat nodul bisa tumbuh karena ada pertumbuhan bakteri Cutibacterium acnes. Perkembangan bakteri penyebab jerawat berasal dari adanya sebum yang terlalu banyak pada pori-pori kulit. Sebum tersebut merupakan makanan utama dari bakteri.


Jika sebum hanya dibiarkan begitu saja, bakteri penyebab jerawat bisa tumbuh dengan pesat di dalam pori-pori. Lalu, terjadilah inflamasi sebagai bentuk respon alami tubuh melawan bakteri yang berkembang di dalam pori-pori.


4.  Fluktuasi Hormon

Ternyata bagian internal tubuh manusia juga bisa menjadi pemicu tumbuhnya jerawat nodul. Tubuh manusia memproduksi berbagai macam hormon. Namun, hormon yang bertanggung jawab atas tumbuhnya jerawat adalah kortisol dan androgen (hormon laki-laki).


Kedua hormon tersebut bisa memicu kelenjar sebasea jadi lebih aktif dan produksi sebum pun berlebih. Tidak heran, jerawat nodul cenderung lebih mudah tumbuh pada laki-laki muda terutama saat pubertas dan juga ketika sedang stres.


5.  Tidak Memakai Skincare Sesuai Jenis Kulit

Mencoba berbagai macam skincare tentu meninggalkan rasa yang menyenangkan, apalagi jika ternyata skincare tersebut cocok di kulit kita. Tapi, ketika mencoba skincare baru, jangan lupa untuk memperhatikan komposisi dan sesuaikan dengan jenis kulit. Kesalahan dalam pemilihan skincare bisa membuat jerawat nodul bersarang di wajah.


Terutama bagi pemilik tipe kulit berminyak yang pori-porinya sangat mudah tersumbat, sebaiknya memilih komposisi skincare yang tidak berpotensi menyumbat pori-pori atau merangsang produksi sebum, seperti silicon dan astringent.



Ciri-Ciri Jerawat Nodul Mulai Tumbuh

Tidak semua orang mengetahui jenis jerawat yang sedang mereka derita. Jerawat nodul termasuk ke dalam jenis jerawat yang cukup parah sehingga membutuhkan perhatian khusus.


Di bawah ini tiga daftar ciri-ciri jerawat nodul yang mulai tumbuh, supaya kamu bisa sadar lebih awal dan segera melakukan perawatan sebelum jerawat bertambah parah.


1.  Kulit Terasa Kencang

Pada fase awal jerawat nodul tumbuh, kulit di titik tempat tumbuhnya jerawat akan terasa lebih kencang. Selain itu, kulit juga terasa menebal dan terdapat tonjolan dari lapisan dalam kulit.


2.  Kulit Terasa Nyeri

Ketika jemari menyentuh bibit jerawat nodul, kulit akan terasa nyeri. Kulit juga jadi lebih sensitif, sehingga ketika jerawat tersentuh sedikit, akan terasa sangat sakit.


3.  Timbul Rona Merah

Kulit yang sedang mengalami iritasi atau inflamasi, secara alami akan berubah warna menjadi rona kemerahan atau keunguan. Maka dari itu, ketika jerawat nodul mulai tumbuh, kulit akan berubah kemerahan sebagai tanda terjadi peradangan.


Meski begitu, terdapat beberapa kasus kulit penderita jerawat nodul tidak menunjukkan perubahan warna.


Langkah-Langkah Mengatasi Jerawat Nodul dengan Tepat

Jerawat nodul tergolong ke dalam jenis jerawat parah. Oleh karena itulah, membutuhkan perhatian ekstra dengan melakukan treatment khusus. Berikut cara aman mengatasi jerawat nodul supaya tidak bertambah parah.


1.  Kompres Es Batu

Adanya peradangan di jaringan kulit bagian dalam, membuat jerawat nodul terasa nyeri. Untuk mengurangi rasa nyeri pada jerawat, kamu bisa mengompres jerawat nodul menggunakan es batu yang terbalut kain atau plastik bersih.


2.  Melakukan Injeksi

Cara yang aman dan efektif memberantas jerawat nodul adalah melakukan injeksi di dokter kulit. Injeksi yang digunakan dokter berisi cortisone. Obat tersebut bisa mengurangi peradangan dan mempercepat kesembuhan.


3.  Minum Obat

Pada kondisi jerawat yang parah seperti jerawat nodul, beberapa dokter akan merekomendasikan obat minum agar proses penyembuhannya cepat. Umumnya dokter akan memberikan obat antibiotik atau obat hormon yang harus diminum sesuai dengan resep.


4.  Memberikan Obat Oles

Selain dalam bentuk injeksi dan obat minum, untuk mengobati jerawat nodul biasanya dokter memberikan jenis obat oles atau topikal. Di dalam jenis obat topikal terdapat bahan aktif seperti retinoid, salicylic acid, dan benzoyl peroxide yang bersifat anti-bakteri dan bisa membuka pori-pori tersumbat.


5.  Menjaga Kebersihan Kulit

Salah satu kunci menjauhkan kulit dari timbulnya jerawat adalah dengan merawat dan menjaga kebersihan kulit. Caranya dengan rutin melakukan eksfoliasi seminggu sekali, mencuci muka dengan metode double cleansing, dan memilih skincare sesuai jenis kulit.


Demikian ulasan lengkap jerawat nodul yang meliputi penyebab, ciri-ciri, dan langkah mengobatinya. Bila keparahan jerawat semakin meningkat, kamu perlu berkonsultasi pada dokter berpengalaman.


Diricare menyediakan personal skincare berdasarkan rekomendasi dokter ahli. Hanya dengan tiga langkah mudah, kamu bisa mulai konsultasi kilat dan mendapatkan kulit glowing bebas jerawat.


Referensi:

https://www.verywellhealth.com/nodular-acne-15817

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/22888-nodular-acne

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/nodular-acne#see-your-dermatologist

Tag:
nodul
jerawat
skincare
tips
solusi
Share:
WhatsAppTwitterFacebookTelegram
Artikel terkait

3 langkah mudah beli produk #RawatDiri

Dapatkan produk efektif dari dokter, dibuat personal untukmu.

person
Isi kuesioner simpel
Isi pertanyaan singkat tentang kondisimu. Tim Klinis akan memeriksa dan merespon kamu dengan segera.
truck
Beli produk dan terima paket cepat
Pilih dan bayar produk rekomendasi Diri. Terima di alamatmu dengan cepat.
pointer
Nikmati layanan perawatan berkelanjutan
Punya pertanyaan seputar perawatanmu? Tanya-jawab dengan tim klinis Diri GRATIS selama perawatan.